Merbabu Via Gancik, Selo

Tags
FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA


Sudah tau jalur baru merbabu via selo? Ini dia via gancik, mari kita bahas rute, medan dan kelebihannya

Merbabu via Gancik adalah jalur baru di pendakian kecamatan Selo, Boyolali.

Basecamp
Untuk basecamp pendakian sendiri masih sama dengan basecamp jalur lama. Kita akan registrasi dan bayar tarif TNGM, Taman Nasional Gunung Merapi.

Apakah Jalur Gancik ini Legal / Resmi?
Selama ini, jalur gancik masih jalur ilegal / belum resmi karena belum diakui oleh TNGM. Dahulunya jalur Gancik ini adalah jalur evakuasi untuk penyelamatan pendaki yang mengalami kecelakaan. Sekarang sudah di komersilkan. Walaupun belum resmi, akantetapi jalur pendakian gunung  Merbabu via Gancik ini sudah mendapat izin dari Kantor Pariwisata Kabupaten Boyolali. Jadi, kalian tidak perlu ragu lagi jika akan mendaki lewat jalur ini, karena lebih savety.
loc : Gancik Hill Top, Ds.Gancik, Kec.Selo, Kab.Boyolali

Wisata Gardu Pandang
Ketika kalian mendaki via gancik, sekitar setengah jam pendakian, kalian akan menemukan sbuah gardu pandang yang bernama Gancik Hill Top. Dari gardu pandang Gancik Hill ini kita dapat menikmati gagahnya gunung Merapi dan indahnya kota Solo serta kota Boyolali dari ketinggian.

Rute dan Medan Pendakian
Setelah kita sampai di basecamp dan melakukan simaksi, kita akan mulai melakukan pendakian. Kemudian di tengah percabangan jalur selo lama (tarubatang) dan gancik, kita akan diberi pilihan, mau ndaki via gancik atau selo. Kabarnya, sekarang ini jika kalian tidak memilih jalur gancik, maka kalian akan disuruh membayar 5 ribu rupiah (pungli).

Jalur gancik ini akan tembus di jalur pendakian Selo Tarubatang, tepatnya adalah di pos 3.

Jadi apa kelebihan pendakian via Gancik?
Jalur dan medan pendakian via gancik ini relatif lebih mudah dan lebih cepat untuk sampai di pos 3, ketimbang via jalur selo tarubatang. Jika via selo tarubatang sekitar 4 jam untuk sampai di pos 3, maka via gancik ini dapat ditempuh 3 jam saja. Jadi, bisa selisih 1 jam.
Instagram.com/yuliwicik

Recommended Buat Pendaki Pemula?
Jalur ini juga mempunyai banyak kelebihan, selain waktunya lebih cepat, jalur pendakian ini juga disarankan banget untuk para pendaki pemula, terutama wanita, jalur ini jauh lebih mudah trek dan waktu pendakian sampai ke pos 3 lebih cepat.

Berikut percakapan yang kami lakukan di instagram official kami @mountnesia.


Setelah sampai pos 3, sebaiknya kalian baca pendakian via selo saja, baca klik disini untuk pendakian merbabu

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon