PANDUAN PENDAKIAN GUNUNG MERAPI

Tags
FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

Pendakian ke puncak

Pendakian Gunung Merapi via Jalur New Selo yang terletak di Plalangan, Lencoh, Selo, Boyolali ini adalah jalur yang relatif cepat dan mudah di jangkau.

Kita ketahui sendiri, sekarang New Selo adalah satu - satunya jalur pendakian gunung Merapi yang masih aktif dan resmi. Berikut ini adalah tips dan panduan pendakian gunung merapi via New Selo yang perlu Anda ketahui.

Bagaimana cara menuju basecamp Jalur New Selo?
Jika dari arah Kota Boyolali, kita bisa menggunakan bus atau angkutan. Jika dari arah Magelang Kota, kita dapat menggunakan kendaraan pribadi, karena tidak ada angkutan. Mungkin disebabkan sedang adanya pembangunan jalan arah Magelang - Boyolali.

Apakah GPS sudah tepat?
Ya, GPS adalah senjata andalan untuk menuju Basecamp New Selo. Arah GPS untuk menuju basecamp tersebut sudah tepat, jadi untuk Anda yang ingin summit ke Merapi dengan kendaraan pribadi tentunya bisa menggunakan GPS Google Map.

Peta Basecamp Merapi New Selo
BC MERAPI (google map)

Bagusnya Membawa Mobil atau Motor?
Kedua - duanya dapat kita akses dengan mudah. Kita dapat membawa mobil / motor sampai ke basecamp. Lokasi basecamp jalur New Selo ini juga tidak jauh dari jalan raya, tentunya ini akan memudahkan para pendaki yang membawa mobil ataupun sepeda motor. Untuk membawa sepeda motor, terkadang ketika hampir sampai basecamp ada yang tidak kuat karena jalannya sangat menanjak. Biasanya mereka yang berboncengan dan membawa carrier berat, pembonceng akan turun.

Setelah sampai di basecamp paling atas sebelah kiri, kita bisa registrasi masuk Taman Nasional Gunung Merapi, dikenakan kurang lebih 15 - 20 ribu. Update terakhir sewaktu akhir pekan adalah 18 ribu perorang. Kemudian dikenakan parkir 5 ribu untuk permotor.

New Selo jalur pendakian ke Merapi yang paling cepat? Apakah mudah?
Jalur pendakian merapi via New Selo ini adalah jalur pendakian paling cepat. Untuk sampai di Pasar Bubrah (batas mendirikan tenda / camp) dapat kita tempuh selama 4 jam. Apakah sulit? Pernah seorang teman tim Mountnesia mendaki merapi dan bertemu dengan beberapa pendaki yang pernah mendaki semeru. Katanya medannya lebih parah ketimbang semeru.
Betulkah begitu?
Memang, sulitnya medan pendakian itu tergantung dari diri sendiri, dari pengalaman gunung - gunung yang pernah di daki sebelumnya. Jadi, Anda tidak perlu mempercayainya. Cukup buktikan sendiri dan MENDAKILAH KE MERAPI!

Perlu Panduan Untuk Mendaki Merapi?
Kita tidak perlu membawa pemandu ataupun porter untuk mendaki Merapi karena medan pendakian dan jalanannya sudah jelas dan mudah kita ketahui. Tidak ada cabang - cabang jalan yang menyesatkan, hanya saja kita perlu teliti dan tidak gegabah. Usahakan jika membawa pemandu, lebih baik membawa teman yang pernah mendaki ke Merapi atau cari barengan ataupun kita bisa bareng dengan pendaki lain dari basecamp. Sebaiknya kita tidak perlu menyewa porter / pemandu dari penduduk sekitar. Biaya pemandu dari penduduk sekitar bisa 300 hingga 600 ribu, tergantung dari kelihaian kita menawarnya. Kadang juga bisa tidak sesuai dengan perjanjian, saat di perjalanan, mereka kadang minta tambah. Ini adalah faktanya, karena kami sendiri bertemu dengan pendaki asal jakarta yang awalnya dikenai tarif 300 ribu, di perjalanan meminta tambah menjadi 450 ribu. Selektif ya!




Bagaimana dengan Logistik, Konsumsi dll?
Jika dari arah magelang, di kanan jalan sebelum plang arah basecamp New Selo, terdapat minimarket yang cukup lengkap dengan harga biasa. Kita dapat mempersiapkan logistik dan keperluan yang lupa / belum kita bawa seperti roti, air, tisu basah, p3k obat - obatan standar, dll.


Logistik pendakian Merapi
Apa saja yang perlu kita bawa untuk mendaki merapi?


  • Air

Kita bisa menyiapkan air ketika hampir sampai di basecamp. Kita ketahui, membawa air itu cukup berat. Ini bertujuan untuk menghemat tenaga di perjalanan menuju basecamp. Siapkan 2 botol 1,5 liter untuk perorang. Dan bawa 1 botol kecil untuk minuman perjalanan di pendakian.


  • Makanan

Kita bisa membawa makanan standar seperti roti isi dan mie (tidak dianjurkan). Membawa instan lainnya seperti nugget, sosis, bakso, daging / sardine. Jika ingin berkreasi saat camp, kita dapat membawa sayuran untuk dimasak seperti sop atau lainnya.
Perlu bawa nasi? Kita bisa membawa beras untuk dimasak. Jika membawa beras, kita perlu membawa nesting, karena untuk memasak beras, kita perlu penutup agar beras cepat masak. Memasak nasi cukup ribet, jika gagal maka nasi bisa saja masih padat, tidak empuk.


  • Minuman

Kita juga dapat berkreasi membawa minuman seperti kopi, susu atau wedang jahe untuk dinikmati sebelum tidur. Tidak disarankan membawa minuman berenergi (rasa - rasa).


  • Peralatan & perlengkapan

Kita bisa membawa peralatan lengkap seperti tenda, sleeping bag, matras, jaket, mantel, pakaian ganti, kaus kaki, sarung tangan, penutup muka / slayer, sepatu / sendal gunung, tas gunung, tongkat pendaki / trekking pole juga disarankan, dll.



PENDAKIAN


  • Basecamp New Selo - Gerbang Taman Nasional Gunung Merapi

Awal - awal biasanya menjadi pendakian yang paling sulit yang dialami pendaki. Perjalanan pertama sekitar 5 menit dari basecamp, kita akan melewati gardu pandang New Selo dengan Tulisan besar New Selo, biasanya ada yang mengabadikan di tulisan ini ketika akan melakukan pendakian. Kemudian lanjut menyusuri jalanan setapak di kiri area gardu pandang hingga hampir di ujung pertanian warga yang kemudian disusuri berupa jalanan tanah menanjak sampai ke Gerbang Selamat Datang. Dapat ditempuh sekitar 60 menit dengan jarak 1 kilometer. Sampai di gerbang, kita dapat beristirahat di gardu. Ingat! Jangan mendirikan tenda di dalam gardu.




  • Gerbang TNGM - Pos 1

Perjalanan dapat ditempuh sekitar 45 menit dengan jarak 0,5 km. Medannya menanjak terus berupa tanah dan batuan. Sampai di pos 1 kita dapat beristirahat di gardu.
Perjalanan pos 1
Sunset di perjalanan pos 1,
View Mt. Merbabu


  • Pos 1 - Pos 2

Dapat kita tempuh sekitar 60 menit dengan jarak 0,6 kilometer. Medan masih bebatuan dan tanah yang menanjak. Sampai di pos 2 kita dapat beristirahat, tidak ada gardu. Disana cukup untuk membuat sekitar 4 - 6 tenda.


  • Pos 2 - Pos 3 (pasar bubrah)

Dengan jarak 0,7 kilometer dapat ditempuh 45 menit saja. Dari pos 2 sampai pos 3 ini medannya lebih mudah dan ada beberapa bonus jalanan datar. Ketika hampir sampai di pasar bubrah, kita akan melewati tanjakan berbatu dan berpasir. Kita perlu ekstra hati - hati agar tidak tergelincir. Kanan - kiri medannya adalah jurang. Sebaiknya kita mendaki di bagian agak tengah. Ketika sampai di pasar bubrah, kita dapat mendirikan tenda. Pilihlah tempat pendirian tenda di dekat batuan besar untuk menghindari angin dingin.
Pasar bubrah

Salah satu batuan besar di pasar bubrah

View puncak merapi dan pasar bubrah yang sangat luas



  • Pasar Bubrah - Puncak

Boleh mendaki merapi sampai puncak?
Tidak diketahui kebenarannya dapat mendaki sampai puncak atau tidak. Di pasar bubrah terdapat plang - plang batas pendakian. Jadi kita tidak boleh mendaki sampai puncak, sama halnya dengan semeru yang dilarang mendaki sampai puncak. Namun, kebanyakan pendaki mendaki sampai puncak. Kemungkinan, jika kita mendaki sampai puncak, maka resiko ditanggung sendiri semisal terjadi cedera, pihak pengelola tidak akan bertanggungjawab memberikan asuransi.
Untuk pendakian ke puncak merapi bisa dibilang ekstrim berupa pasir dan batuan terjal. Bagi yang agak takut ketinggian, inilah saatnya menantang adrenalin kalian, tapi sebaiknya tidak perlu sampai puncak jika takut ketinggian.
Sunrise di tengah perjalanan ke puncak

View pasar bubrah

View pasar bubrah

Puncaknya sendiri cukup sempit karena berupa tebing - tebing yang curam pada bagian dalamnya dan miring tajam pada bagian luar. Disarankan mendaki melewati bagian berpasir yang tidak telalu terjal dan curam. Lakukan secara perlahan dan santai.
Jalan berpasir menuju puncak.
Rasakan sensasi saat turun

Setelah bagian berpasir akan melewati batuan


Jalanan terjal
Disini penggunaan trekking pole akan sangat membantu.
Ketika sampai di puncak, jangan melakukan hal - hal yang membahayakan. Lakukanlah dokumentasi sewajarnya.
Merbabu dan pasar bubrah dapat kita lihat dari puncak

Puncak dan tebing curam dinding - dinding puncak merapi

Matahari pagi di puncak

Merapi dan dinding puncak

Bekas puncak garuda


View merbabu

Puncak yang sempit,
banyak pendaki, waspada dan hati - hati, kiri jurang terjal,
Bagian kanan mempunyai kemiringan tajam

Bagian dalam kawah merapi

Puncak

Jangan lupa untuk foto bersama

Saat turun pendakian dari puncak, pilihlah jalan yang menuju arah medan berpasir. Setelah melewati bebatuan, kita akan melewati jalanan berpasir yang bisa kita jadikan bonus pendakian. Rasakan sensasi nikmatnya turun di medan berpasir. Jangan lupa ambil moment indahmu! Bisa juga lihat video turun dari puncak di instagram @andiakhm
Istirahat kalau lelah

Tidur disini juga boleh,
Medan turun dari puncak


Setelah sampai di pasar bubrah, kita bisa makan dan minum, kemudian kembali turun ke basecamp. Dari pasar bubrah ke basecamp bisa ditempuh sekitar 2 jam. Di akhir pekan, biasanya pendaki yang turun akan mampir di gardu pandang untuk makan dan minum disekitar warung yang berada di gardu. Cukup ramai dan menyenangkan!

Kapan Waktu yang Tepat Untuk ke Puncak?
Agar tidak mendapat panas matahari yang menyengat dan mendapat sunrise, lakukan pendakian ke puncak sekitar jam 4.30 atau 5.00 pagi. Untuk mendapatkan sunrise di puncak, bisa mendaki mulai jam 4 pagi dari pasar bubrah. Selain itu juga untuk menghindari macet saat akhir pekan yang biasanya banyak pendaki.


Saran pendakian

  • -panas puncak merapi & pasar bubrah di siang hari dapat membakar kulitmu. Bawalah sunblock atau slayer untuk penutup wajah.
  • -jangan mendaki ke puncak jika takut ketinggian ataupun sedang sakit, (kepala, masuk angin, cedera, dll) akan sangat berbahaya karena medan pendakian ke puncak cukup terjal dengan kemiringan tajam.
  • -lakukanlah pendakian dengan jumlah yang ideal sekitar 4 - 6 orang untuk setiap kelompoknya. Pendakian dalam jumlah besar tanpa di bagi - bagi kelompok dapat membahayakan perjalanan. 

Adakah sumber mata air?
Di sepanjang pendakian tidak ditemukan sumbet mata air. Kita perlu membawa air yang cukup dan usahakan untuk berhemat. Di basecamp New Selo sendiri, air juga sulit ditemukan walaupun di musim hujan. Jika pergi ke masjid / mushola, terkadang kran air wudhu juga tidak mengalir.

Saran Pendirian Tenda
Jika Anda berkehendak untuk menuju puncak, sebaiknya mendirikan tenda /dome di pasar bubrah. Jika sudah di pasar bubrah, pendakian ke puncak akan terasa lebih mudah, karena hanya kita jangkau 45 - 60 menit saja.

Pendakian Tanpa Menginap (Tik Tok)
Untuk waktu efektif, kebanyakan turis asing yang di pandu bersama guide, akan mendaki tanpa menginap di tenda. Biasanya pendakian dimulai jam 12 malam atau jam 11 malam diteruskan sampai ke puncak. Kemudian dari puncak, mereka akan melakukan perjalanan keliling di pasar bubrah dan kembali turun menuju basecamp. Untuk pendakian seperti ini jangan terlalu tergesa - gesa. Lakukanlah dengan santai.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mendaki  Gunung Merapi?
Waktu yang bagus adalah ketika bulan - bulan tepat setelah musim hujan seperti bulan juli dan agustus. Medan pendakian tidak terlalu berdebu. Biasanya langit juga akan cerah. Udara di malam hari juga tidak terlalu dingin. Saat benar - benar musim kemarau, jalur pendakian akan sangat berdebu. Siang hari sangat panas dan malam hari sangat dingin.

Kapan Waktu yang Tepat Memulai Perjalanan dari Basecamp
Jika perjalanan malam sangat melelahkan, kita dapat melakukan pendakian di sore hari sekitar jam 3 atau jam 4 sore. Selain matahari sudah tidak terlalu menyengat, kita juga dapat menikmati sunset di perjalanan. Jika melakukan perjalanan mulai jam 4 sore, kurang lebih sampai pasar bubrah jam 8 malam. Saat sore, kita tidak akan terlalu mengantuk ataupun lelah. Pastikan sebelum pendakian, kita tidak melakukan kegiatan berat.

Ingat Aturan dan Sopan Santun
Untuk gunung mistis sekelas Merapi, kita harus sopan santun, mengenal tatakrama. Kita menghormati, maka kita dihormati. Jangan sampai disesatkan oleh makhluk halus gunung merapi hanya karena kita tidak menjaga sopan santun dan tata krama adat yang ada disana.


Salam,
Untuk Merapi yang tak pernah ingkar janji.



Penulis :
Instagram @andiakhm, @fandhi_123, @rahmadhidyt1

Editor :
Tim viapendaki, official ig @mountnesia

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon