Pantai Ngetun (Ngitun), Gunung Kidul

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

Cari pantai yang sepi pengunjung tetapi mempunyai pemandangan menakjubkan? Kunjungi Pantai Ngitun!

Pantai Ngitun yang berada di Gunung Kidul ini mempunyai pemandangan yang eksotis, selain berpasir putih pantai ini diapit oleh dua bukit yang tinggi dan masih sangat sepi pengunjung.

Tidak perlu menjelaskan keindahan pantai ini, karena akan tergambarkan dalam foto - foto yang saya lampirkan disini.

Disini kita juga akan membahas singkat tentang rute, lokasi, Peta dan Keunikan Pantai Ngitun / Ngetun, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Rute
Lokasi tepatnya berada di Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Akses perjalanan menuju pantai ngetun / ngitun ini cukup mudah. Lokasi Pantai Ngetun ada di jajaran wisata pantai, di antara Pantai Siung dan pantai Pok Tunggal. Jika kalian kesana, plang pantai ngitun ini berada disebelah kanan, dari pantai Pok Tunggal dan berada di sebelah kiri dari Pantai Siung. Saat memasuki jalan menuju pantai, kita akan melewati jalan aspal, melewati jalan setapak beton, dan melewati jalan batuan yang sudah ditata sepanjang 2 kilometer. Sebelum melewati jalan berbatu, kita akan dikenakan tarif masuk perorang adalah 10 ribu rupiah. Di jalan bebatuan sepanjang 2 km ini cukup susah, sebaiknya laki - laki saja yang mengemudi sepeda motor atau mobil. Setelah melewati beberapa turunan yang cukup tajam, kita akan sampai di Pantai Ngetun dan parkir dengan biaya Rp 2000 rupiah. Lets go langsung pergi ke pinggiran pantai!

Pantai Ngetun ini dikenal sebagai pantai yang teduh. Saat sampai sebelum area pasir putih, kita dapat duduk - duduk di dekat pohon - pohon yang rindang di Pantai Ngitun dan menikmati sejuknya udara pantai.


Spot Untuk Berenang
Karena tipe pantai ini adalah pantai dengan batuan karang yang besar, kita tidak dapat renang dan merasakan ombaknya langsung. Cukup berbahaya jika berada di ombak besar Pantai Ngetun / Ngitun ini. Mungkin hanya cukup basah - basahan dan menikmati ombak kecil. Dan atau kita bisa berenang ria di bagian pojok kanan pantai Ngetun / Ngitun (kubangan air dari ombak pantai).

Berburu Hewan Laut di Pantai Ngetun / Ngitun
Cari ikan? Cari kelomang? Disini banyak ikan - ikan kecil dan kelomang laut atau biasanya dipanggil kepompong. Kita bisa masukkan kepompong / ikan di dalam botol dengan sedikit air. Boleh juga dibawa pulang buat oleh - oleh adik tercinta. Kelomang bisa dikasih makan sayuran seperti wortel / kubis.
Anak desa sekitar pantai yang akan memancing
di area Pantai Ngitun

Puncak Pantai Ngetun / Ngitun
Kita dapat menaiki bukit yang ada di Pantai Ngetun ini dengan berjalan kaki. Rutenya sudah jelas. Tangga naik berada di bagian kiri pantai di dekat warung dan toilet pantai. Disana ada dua puncak, yang pertama puncak tertinggi pantai Ngetun dan selanjutnya adalah Puncak Watu Gentong yang berada dibawahnya.
Watu gentong

Watu gentong terlihat dari atas

Belakang adalah tebing curam

Di area puncak, belakangnya tebing curam,
Hati - hati kalau mau foto disini

Spot Foto yang Bagus di Pantai Ngetun / Ngitun
Seluruh bagian pantai ini bagus untuk berfoto ria maupun selfie. Jangan lupa untuk berfoto dengan view puncak, pasir putih dan rindangnya Pantai Ngetun yang bersih alami.

Camp di Pantai Ngetun / Ngitun
Tempat ini juga cocok sebagai tempat camp. Suasana sepi ditemani deburan ombak dan pantainya yang unik, tidak terlalu luas karena diapit dua bukit di kanan kirinya akan membuat kita serasa pantai ini jadi milik sendiri. Hammock? Bisa juga.




Fasilitas Pantai Ngetun / Ngitun Apa Saja?


  • Kuliner

Disana ada sekitar 4 warung yang menjajakan makanan, makan mie rebus dll. Minuman standar ada es teh yang cukup murah.


  • Fasilitas Wc / Toilet / Kamar Mandi

Masalah air tawar? Tenang saja, disini air tawar cukup banyak. Di setiap kamar mandi, kran air mengalir dengan kencang ketika kita membukanya. Disana kita bisa mandi, bilas, ganti pakaian, bab, dll.


  • Fasilitas Ibadah

Suka sama alam juga jangan membuat kita lupa sama yang menciptakannya ya! Disana sudah disediakan tempat sholat. Tenang saja, tempat wudhu juga airnya mengalir kencang dari kran. Sekedar info, pada 2015 dulu belum ada fasilitas ibadah.
Tempat wudhu

Tempat sholat



Dokumentasi di Pantai Ngitun








Video pantai ngetun yang sangat sepi

Penulis :
@andiakhm

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon