Pendakian Gunung Prau 17 Agustus

Tags
FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

Berencana melakukan pendakian saat 17 Agustus nanti? Ayo mendaki ke Gunung Prau, Jawa Tengah!
bakabonita.blogspot.com

Gunung Prau yang berada di Jawa Tengah merupakan salah satu destinasi wisata alam yang bisa memanjakan mata pendaki. Gunung yang mempunyai ketinggian 2.565 mdpl itu menawarkan panorama pemandangan alam seperti view Gunung Sindoro, Sumbing, Merapi, Merbabu, awan-awan menggumpal, dan tentunya momen matahari terbit (sunrise) dan tenggelam (sunset) yang sangat menawan. Gunung Prau menjadi destinasi utama bagi para pendaki pemula maupun mereka yang sudah biasa melakukan pendakian. View khas Gunung Prau terutama saat sunrise di pagi hari akan membuat kita ketagihan untuk mengunjunginya lagi di lain kesempatan. Selain itu bukit - bukit di puncak Gunung Prau juga mempunyai cirikhas tersendiri yang mirip dengan bukit - bukit di serial tv teletubies dan sering disebut sebagai bukit teletubis. Di musim kemarau, bukit - bukit ini akan mengering berwana kecoklatan, juga terdapat bunga - bunga cantik khas Prau.


Instagram.com/bocahbuluk/
http://surya-myownwaydaily.blogspot.com


Dikutip dari kompas.com, Bendahara Yayasan Konservasi Gunung Prau, Paulus Nugrahajati mengatakan, pendakian Gunung Prau tetap dibuka pada libur 17 Agustus. Ia menambahkan, pada 17 Agustus mendatang akan ada upacara pengibaran bendera di Puncak Gunung Prau.

"Sementara masih sporadis, belum ada kabar siapa yang memimpin. Hanya pendakian biasa dan upacara bendera di puncak," kata Paulus dalam pesan singkat kepada KompasTravel, Rabu (3/8/2016) siang.

Kepala Urusan Komunikasi Perusahaan Perhutani KPH (Kesatuan Pemangkuan Hutan) Kedu Utara Divisi Regional Jawa Tengah, Herman Sutrisno menyarankan bagi para pendaki yang ingin mendaki Gunung Prau untuk tetap mengutamakan keselamatan. Terlebih cuaca di Gunung Prau, lanjutnya, cukup ekstrim dibandingkan bulan selanjutnya.

"Karena ini akhir-akhirnya lebih dingin. Persiapan fisik perlu diperhatikan, alat-alat pendakian yang lengkap. Karena kan di atas Gunung Prau kan gak boleh bikin api unggun dan selalu koordinasi dengan base camp ketika ingin mendaki," kata Herman saat dihubungi KompasTravel, Rabu (3/8/2016).

Jalur Pendakian Prau
Salah satu jalur pendakian gunung prau yang menjadi favorit para pendaki untuk menuju puncak adalah jalur Patak Banteng.
Pemandangan desa di daerah Dieng, via jalur Patak Banteng
https://www.instagram.com/sanasinijoy/
Panduan Pendakian Prau via Patak Banteng
Bagaimana Medan Pendakian Patak Banteng?
Kemudahan akses, fasilitas, serta rute pendakian yang tidak terlalu sulit menjadi alasan untuk mendaki melewati jalur tersebut dibanding jalur lain. Memang, jalur pendakian Prau Hingga saat ini semakin bertambah banyak. Di kawasan Dieng, terdapat sekitar 3 jalur lain untuk menuju puncak Prau. Jika melalui Patak Banteng pada 17 Agustus, tentunya akan sangat ramai pendaki. Untuk akhir pekan seperti hari sabtu dan minggu biasanya juga ramai, pastinya saat menjelang hari libur 17 agustus akan sangat ramai hingga menimbulkan macet. Sebaiknya, antisipasi dengan pendakian jalur lainnya.

Jika melewati jalur Patak Banteng, kita cukup menempuh jarak sekitar empat kilometer atau jika ditarik garis lurus hanya berjarak 600 meter dengan waktu sekitar 4 jam untuk pendakian santai dan 2 jam untuk pendakian cepat. Via jalur ini, pendaki Gunung Prau, dapat langsung tiba di area Puncak Gunung Prau dibandingkan jalur lain. Jika melewati jalur pendakian Patak Banteng juga wajib membayar retribusi masuk karena sekitar 500 meter setelah melewati basecamp, kita akan diminta slip pembayaran karcis retribusi. Tarifnya sendiri pun cukup terjangkau. Untuk menuju Patak Banteng, kita cukup menggunakan jalur arah Dieng jika dari Kota Wonosobo. Ikuti terus jika sudah melewati gerbang / gapura masuk kawasan daerah Dieng berarti sudah basecamp sudah dekat, berada di kanan jalan. Di area basecamp cukup banyak tempat - tempat yang menyediakan jajanan, makanan, peralatan dan perbekalan pendakian. Jadi, jika ada peralatan yang tertinggal maupun kekurangan logistik, kalian bisa membeli disana.

Adapun untuk jalur-jalur pendakian Gunung Prau lain seperti jalur Dusun Wates, Kecamatan Wonoboyo yang terletak di Kabupaten Temanggung; Jalur Dusun Patak Banteng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo; jalur Dusun Kenjuran, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal; Jalur Dusun Kalilembu, Kabupaten Wonosobo; Jalur Dusun Dieng, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara; Dusun Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo; .

View Gunung Prau lainnya :
instagram.com/mountnesia

instagram.com/mountnesia
instagram.com/mountnesia
Pendakian patak banteng di akhir pekan,
instagram.com/andiakhm
Instagram.com/weweconel46
Instagram.com/jalagustina_
Instagram.com/ivanirorop


Tim VIApendaki, official ig @mountnesia

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon