Waduk Jatibarang, Semarang

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA


https://www.instagram.com/itsme_donald_chan/

Selama empat tahun masa pembangunan, Waduk Jatibarang Semarang  akhirnya mulai dioperasikan, yang bertepatan dengan peringatan Hari Air Dunia yaitu 5 Mei 2014, waduk dengan luas genangan 189 Ha dan luas daerah tangkapan 54 KM persegi ini mulai digenangi oleh air.

Waduk  jatibarang mempunyai daya tampung 20,4 juta meter kubik, selain untuk mengatasi masalah banjir, juga   menjadi salah satu destinasi wisata yang baru serta memunculkan ide-ide kreatif dari masyarakat, seperti pembuatan paket wisata, kegiatan refreshing, dan lain lain.
https://www.instagram.com/profajarz/

Lebih dikenal berada di Gunungpati Semarang, sebagai Waduk Serbaguna, Waduk Jatibarang ini sangat ramai dikunjungi warga Kota Semarang dan sekitarnya, terutama ketika akhir pekan. Waduk buatan ini menjadi tempat favorit untuk melakukan wisata bersama keluarga, terlebih harga tiket masuk yang terhitung cukup murah, yaitu Rp 2.500 - 5.000; per orang .

Awalnya, seremoni pengisian waduk dilakukan oleh Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto dengan didampingi oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo beserta Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juwana Imam Santoso. Juga hadir Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Mantan Gubernur Jateng Bibit Waluyo. Pada pengisian awal Waduk Jatibarang ini ditandai penekanan tombol sirine yang diikuti  pentutupan pintu terowongan pengelak dan penandatanganan prasasti.
https://www.instagram.com/putri_avila/

Ada monyetnya?
https://www.instagram.com/ivonnmega/
Dalam pengisian awal waduk membutuhkan waktu enam hingga tujuh bulan untuk mencapai elevasi muka air normal 149,3 meter. Waduk Jatibarang ini dengan desain banjir 170 m3/detik dan dapat menambah pasokan air baku hingga 1.050 liter/detik, dengan potensi untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro PLTMH 1,5 MW, serta untuk  mendobgkrak dalam meningkatkan yang ada di pariwisata kota Semarang.

https://www.instagram.com/faradhiwijaya/

Pada wal tahun 2015, elevasi air dari waduk ini mulai penuh dan juga para pengunjung yang datang juga makin banyak.

Area waduk Jatibarang ini lokasinya tidak jauh daei pusat kota semarang yang  meliputi 4 kelurahan dari 2 kecamatan, yaitu Kelurahan Kandri dan Kelurahan Jatirejo dari Kecamatan Gunungpati serta Kelurahan Kedungpane dan Kelurahan Jatibarang dari Kecamatan Mijen dengan pintu masuk berada di area wisata berada di Gunungpati dan Kantor Pengelolaan

Di tengah  - tengah genangan waduk juga terdapat pulau kecil, pulau ini adalah tempat beradanya suatu destinasi wisata di kota Semarang lainnya, yaitu Goa Kreo, yang untuk menuju tempat ini dihubungkan dengan jembatan penghubung.
https://www.instagram.com/liezaazzahra/
Goa kreo

Selain itu, juga terdapat dua desa wisata yang menopang keberadaan Waduk Jatibarang , letaknya berada di sisi timur, yakni Desa Wisata Kandri dan  Desa Nongkosawit, dimana keduanya masuk dalam wilayah Kecamatan Gunungpati.

https://www.instagram.com/vjdavid96/ 


Selain ada permainan air di area waduk, juga di antaranya ada bumi perkemahan, homestay, outbound, kebun anggrek, pertunjukan seni budaya, sanggar batik, wisata kuliner, dan juga terdapat anggar kerajinan lampion.

Tim Viapendaki, official ig @mountnesia

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon