3 Misteri Gunung Bromo

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA


Adanya suku tengger yang masih memegang teguh adat istiadat di gunung bromo semakin menambah kemistisan gunung tersebut.

Siapa sangka kalau dibalik pesona gunung bromo juga menyimpan begitu banyak misteri. Apa saja kisah mistis di Gunung Bromo ini?

Bromo dijadikan gunung suci bagi kawasan suku tengger. Bagi mereka, gunung tersebut dijadikan tempat persinggahan para dewa.

Sejarahnya berawal dari Roro Anteng yang menikah dengan joko seger yang merupakan keterunan brahmana. Pada saat terjadi pergolakan di jawa, orang - orang hindu pergi ke Pulau Bali dan sebagian lainnya pergi mengisolasi ke daerah Bromo dipimpin Joko Tengger.

Gunung Bromo dianggap Sakral dan mempunyai kekuatan gaib. Konon katanya terdapat  akar gaib dan pasir hisab yang bisa menghisab benda apapaun. Memang terdengar tak masuk akal bagi masyarakat biasa, tapi bagi masyarakat tengger, itu adalah hal nyata.

Misteri Akar Gaib Gunung Bromo
Adanya akar gaib di Gunung Bromo, bila ada yang tersesat,  berarti orang tersebut telah menginjak akar ghaib. Akar tersebut akan mengincar seseorang, bahkan suku tengger sekalipun yang bicara sembarangan seperti berkata buruk, sembrono, sombong, dan berbuat asusila. Menurut orang yang bisa mrlihat hal gaib, maka bentuk akar tersebut berbentuk melingkar tanpa ujung. Bagaimana jika tersesat disana? Buka baju dan pakailah dengan cara terbalik, menurut orang sana.

Misteri Pasir Hisab Gunung Bromo
Pasir hisab, berada di area padang savana dan dianggap sangat berbahaya karena bisa menghisab apa saja. Memang ada sebuah lokasi yang disebut pasir hisab, tapi bukan di kawasan bromo, yaitu ada di dekat semeru, adalah disebut lemah gatal, jika diinjak maka akan gatal.

Sumber air misterius
Kawasan bebatuan yg mengeluarkan air dengan sumur misterius. Ada juga sumber air tersembunyi yang dipercaya mempunyai kekuatan mistis yang tinggi.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon