Dataran Tinggi Dieng, Wisata, Kebudayaan dan Oleh - Oleh Khas

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

Dataran tinggi dieng adalah kawasan gunung berapi vulkanik raksasa dengan beberapa kepunden. Disana menawarkan banyak wisata seperti kawah.  Apa saja wisata di Dieng? Berikut ini adalah beberapa wisata, kebudayaan, dan makanan khas di Dieng.

Kawah
Yang akan kita bahas pertama kali disini adalah kawah candra dimuka. Jika kesana kita akan menuruni anak tangga dan melewati asap kawah vulkanik yang bau. Ada beberapa kawah disana dan yang terbesar adalah kawah candra dimuka. Disinlah mitosnya gatot kaca yang masuk ke kawah candra dimuka dan menjadikan tubuhnya sangat kuat dan sakti. Ketika sampai di kawah akan ada penghalang. Disana kita tidak boleh mandi di kawah yang mendidih. Ada pemandian khusus disana yang bisa sebagai terapi, yaitu mandi di air hangat belerang yang dapat menyembuhkan kita dari gatal – gatal. Ada beberapa lubang kawah disana, semuanya mengeluarkan air panas dan disana juga ada sumber air tawar yang airnya cukup dingin. Airnya bisa diminum langsung dan menurut hasil penelitian, airnya tidak mengandung zat berbahaya. Mitosnya adalah air tersebut dapat menjadaikan kita awet muda jika meminumnya.
Kawah Candra Dimuka




Sumur Jalatundra
Tidak jauh dari kawah candra dimuka ada wisata unik yaitu sumur jalatundra yang dibentuk dari letusan dahsyat ribuan tahun silam. Sumur ini juga mempunyai mitos. Menurut legenda, di tempat ini tinggalah putri jahat yang menyembah dewa ular. Mitosnya kalau ada yang dapat melempar batu hingga ke ujung sebrang sumur, maka segala keinginannya akan terkabul. Disana juga telah disediakan batu untuk melempar.



Dataran tinggi dieng ini sangat memesona, disana juga terdapat makanan khas dieng yang bisa kamu jadikan sebagai oleh – oleh. Apa saja oleh – oleh khas dieng? Salah satunya adalah carica, yaitu minuman manisan dari buah carica yang sangat manis dan airnya segar. Buah carica mengandung enzim, vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk tubuh manusia.

Dieng Culture
Setiap tahunnya di dieng diadakan festival kebudayaan, festival kebudayaan yang terbesar di Indonesia yaitu dieng culture. Adalah acara tahunan yang digelar masyarakat deing. Apa saja acaranya?
  • ·         Ada pemotongan rambut anak gimbal yang sudah menjadi cirikhas disana.  Anak – anak berambut gimbal ini katanya adalah keturunan dari pendiri dieng.
  • ·         Pada festival juga disediakan minuman purwaceng. Purwaceng adalah minuman khas yang ada di banjar negara di kawasan dieng. Istilahnya, jika di korea disebut gingseng.
  • ·         Tari topeng diiringi dengan musik gambang, saron, gong dan lainnya dengan iringan musik tradisional. Yang menari yaitu laki dan perempuan dengan pakaian tradisional.
  • ·         Ada tarian kuda lumping. Mereka membawa kuda luming yang terbuat dari kepang atau anyaman bambu. Diiringi dengan alat musik tradisional. Tarian ini dipimpin oleh seorang ketua yang membawa cambuk.






Dieng Culture Festival ini tidak hanya dibanjiri masyarakat dieng, melainkan wisatawan dari berbagai daerah dan turis asing.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon