Hutan Mati Merbabu Via Jalur Suwanting

Tags
FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

Hutan mati (hutan manding)

Jalur pendakian Merbabu via Suwanting adalah termasuk jalur baru. Gunung Merbabu memiliki banyak jalur pendakian antara lainadalah jalur Selo dari kabulaten Magelang/Boyolali, jalur Wekas dan Genikan dari Magelang, jalur Kopeng dari Salatiga dan Suwanting dari Kota Magelang. Jalur Selo sendiri adalah jalur dengan pemandangan yang paling indah menurut para pendaki. Akantetapi dengan dibukanya jalur baru sekitar pada bulan Maret 2015 yaitu jalur Suwanting, yang letaknya tidak jauh dari jalur Selo, maka ini menambah satu lagi jalur pendakian yang paling indah di gunung Merbabu.

Sejarah Jalur Suwanting
Berdasarkan cerita masyarakat setempat, jalur Suwanting ini pernah dibuka pada tahun 1990 hingga tahun 1998. Setelah 1998, jalur tersebut ditutup. Dan pada pertengahan Maret 2015 jalur suwanting dibuka kembali.

Di jalur suwanting ini mempunyai pemandangan hutan mati yang cukup bagus. Letak hutan mati ini berada di perjalanan pendakian Hutan Manding, yaitu di perjalanan dari pos 2 menuju pos 3 yang biasanya ditempuh 2 hingga 3 jam. Ceritanya, hutan mati ini adalah hasil dari kebakaran yang terjadi di gunung merbabu via jalur suwanting ini. Sebagian juga adalah pohon yang meranggas pada musim kemarau. Pohon - pohon yang mati tersebut menghasilkan kayu - kayu berdiri kering yang menambah mistis selama perjalanan pendakian, jika suasana gelap.  Seiring dengan berjalannya waktu, kini hutan mati tersebut mulai ditumbuhi rerumputan liar yang diselingi dengan kayu - kayu mati besar berdiri menjulang tinggi.

Dibalik keindahan Hutan Manding ini juga ada pantangannya, disini kita harus mengucap salam dan tidak boleh berkeluh kesah karena dari Lembah Manding ini merupakan jalur yang cukup berat dan itulah yang biasanya membuat para pendaki akan sering mengeluh.



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon