3 Tempat Camp Terbaik di Pantai Gunung Kidul

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

Adakah pantai yang cocok untuk ngecamp di Gunung Kidul? Gunung Kidul sudah tidak asing lagi dengan pantai - pantai indahnya. Berikut adalah beberapa saran pantai yang pas buat kamu yang berkehendak ngecamp bersama teman - teman.

1. Camp di Pantai Pok Tunggal

Jika ke pantai Pok Tunggal, Awalnya disuguhi jalan yang agak sulit, tetapi sekarang sudah di beton. Ternyata pantai ini bagaikan pada surga tersembunyi yang memikat hati. Sebatang pohon yang ikonik membuat pantai ini makin cantik. Hamparan pantai yang berpasir putih dengan ombak biru menghempas menakjubkan.
Pesona Pantai Pok Tunggal dengan hamparan pasir putih yang dikelilingi oleh dinding perbukitan adalah lokasi yang asyik untuk dieksplorasi, apalagi untuk ngecamp dan bermalam. Pantai Pok Tunggal yang berlokasi di antara Pantai Indrayanti dan Pantai Siung ini semakin menunjukkan eksistensi Gunungkidul sebagai gudangnya pantai-pantai cantik berpasir putih yang masih alami. Pantai ini juga dijuluki sebagai Kuta - nya Jogja.
Pantai Pok Tunggal, pantai pasir putih mirip pantai di bali


2. Ngecamp di Pantai Siung

Pantai Siung adalah pantai yang kaya akan karang-karang raksasa. Pada tebing karangnya memiliki 250 jalur pemanjatan, juga sebagai tempat tepat untuk menikmati panorama pantai. Ada pula karang yang menyerupai siung wanara, ini menjadi dasar penamaan pantai. Disini adalah tempat yang cocok untuk ngecamp, apalagi kalau kalian ingin melakukan panjat tebing, sekaligus menginap di pantai.

250 jalur pemanjatan yang terdapat di Pantai Siung, sekarang telah memfasilitasi penggemar olah raga panjat tebing. Jalur itu kemungkinan masih bisa ditambah lagi, melihat adanya aturan untuk dapat meneruskan jalur yang ada dengan izin pembuat jalur sebelumnya.

Disana disediakan ground camp yang berada di sebelah timur pantai. Pada ground camp ini, tenda-tenda dapat didirikan dan acara api unggun bisa digelar untuk melewatkan suasana malam. Syaratnya untuk menggunakannya hanya adalah dengan tidak merusak lingkungan dan mengganggu habitat penyu, seperti yang tertulis dalam sebuah papan peringatan yang terdapat di ground camp yang juga dapat digunakan bagi yang sekedar ingin bermalam.

Tidak jauh dari area camping, terdapat sebuah rumah panggung kayu yang dapat kita manfaatkan untuk base camp jika malas mendirikan tenda. Ukuran base camp ini cukup besar, cukup untuk 10 hingga 15 orang. Bentuk rumah panggung membuat mata semakin leluasa menikmati keeksotikan pantainya. Cukup dengan memesan kepada warga setempat, mungkin akan dikenai tarif beberapa rupiah, base camp ini sudah dapat digunakan untuk bermalam.

Ketika di malam hari atau saat sepi pengunjung, sekelompok kera ekor panjang terkadang turun dari puncak tebing karang menuju pantai. Kera ekor panjang yang kini makin langka, tetapi masih banyak dijumpai di pantai ini.


3. Camp di Pantai Ngetun

Cari pantai yang sepi pengunjung tetapi mempunyai pemandangan menakjubkan dan cocok untuk ngecamp? Kunjungi saja Pantai Ngitun / ngitun!

Pantai Ngetun yang berada ini mempunyai pemandangan yang eksotis, selain berpasir putih pantai ini diapit oleh dua bukit tinggi dan masih sangat sepi pengunjung. Bukit tersebut juga dapat dinaiki sampai ke puncaknya. Masih jarang yang kesini, walaupun hari Minggu. Jadi akan cocok kalau kalian ngecamp disana. Kadang ada beberapa tenda yang berdiri disana ketika weekend.

Itulah 3 pantai yang cocok untuk ngecamp di Gunung Kidul, Yogyakarta.



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon