Apa itu Gaiters?

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA


Gaiters / Pelindung kaki adalah sebuah bahan yang dikenakan di atas kaki, diatas sepatu dan celana bagian bawah, dan digunakan, bermanfaat sebagai alat pelindung pribadi. Awalnya, gaiters/pelindung kaki ini terbuat dari kulit karena pertama dipakai oleh tentara perang dan dipakai koboi. sekarang, gaiter telah digunakan sebagai pelindung, untuk berjalan atau kegiatan pendakian gunung, biasanya gaiteters terbuat dari kain sintetis plasticized seperti poliester, nylon, atau cordura.


Bagaimana dengan manfaat gaiters? yang pernah/sering kelapangan baik itu berjalan,  trekking, hiking, naik gunung, jelajah hutan, running, orientering,  dll. Pasti kalian pernah lihat kan? dipakainya gimana, bahkan gaiter juga dipakai buat mengembala ternak maupun berburu.

Manfaat gaiter ini adalah untuk melindungi sepatu dan kaki yang digunakan ketika dilapangan melakukan kegiatan outdoor yang berfungsi untuk menjaga sepatu dari masuknya kerikil, batu, debu maupun cipratan lumpur. Selain itu penting untuk menghangatkan betis agar tidak terkena udara dingin yang mencegah kram betis. Juga mampu melindungi kaki dari tertusuknya ranting maupun duri ketika berjalan disemak-semak serta berfungsi melindungi dari gigitan hewan seperti ular, lintah, nyamuk, pacet dan hewan melata lainnya. Kalau kalian ingin lebih safety dilapangan jangan lupa pakai gaiters ya.

Berapa Harga Gaiter?
harga gaiter sendiri bervariasi, ada yang murah, ada yang mahal tergantung dari bahannya. Gaiter terkenal di indonesia bermerek consina, eiger, rei dll.

Bagaimana cara menggunakan gaiter?
Kita tinggal mengaitkan dengan perekat yang ada pada gaiter. Hubungkan tali pada sepatu.

Bisakah membuat gaiter sendiri? Bagaimana cara membuat gaiter?
Kita bisa membuat gaiter sendiri yang lebih hangat dengan memakai kain parasut yang didalamnya dilapisi kain hangat seperti woll tipis.

Seperti apa gaiter yang bagus itu?
gaiter yang bagus adalah gaiter yang anti air dan mampu menghangatkan serta melindungi kaki dari dingin dan bahaya lainnya.

Itulah detail pengertian, manfaat, harga, dan cara penggunaan gaiter untuk pendakian gunung.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon