Cuaca Ekstrim Oktober, Sebaiknya tak Naik 4 Gunung ini

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA


Banyak pendaki yang melakukan pendakian di Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro dan belum berhasil mencapai puncak pada awal Oktober lalu. Hal ini disebabkan oleh cuaca ekstrim berupa hujan badai di pendakian gunung tersebut.

Hujan sepanjang hari dengan kapasitas deras dan gerimis telah melanda pada empat gunung tersebut. Di sumbing via Butuh, beberapa pendaki asal kopma UGM, Jogja, ig @haryono.deni bersama rekan - rekannnya gagal menuju puncak pada 1 - 2 Oktober lalu, disebabkan oleh derasnya hujan, ketika hendak menuju puncak. Mereka juga dilanda hujan ketika mendaki dan turun menuju basecamp.

Sedangkan salah seorang pendaki, ig @andiakhm bersama timnya yang tergabung dari Jakarta, Jogja dan Madura juga mengalami hujan deras semasa menuju puncak. Saat akan packing tenda untuk turun, ia dan timnya dilanda badai angin kencang disertai hujan yang membuat mereka kuwalahan menata tenda yang hampir terbang.

Selain itu juga akan mempunyai banyak kendala apabila naik gunung ketika musim ekstrim seperti ini. Bisa saja awalnya hujan gerimis, kemudian deras ataupun langsung deras. Hujan tersebut akan berlangsung lama. Hal ini akan menyebabkan banyak masalah, diantaranya adalah rawan longsor, tergelincir, bahkan seringnya air dapat masuk kedalam tenda yang membuat tidur menjadi sangat tak nyaman.

Jadi, untuk pendakian keempat gunung tersebut, sebaiknya waspada dan hati - hati. Persiapkan dengan matang - matang. Saran kami, sebaiknya kalian vakum terlebih dahulu untuk mendaki kesana, apalagi untuk pendaki pemula.

Tim viapendaki.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon