Danau Kemiki di Aceh yang Mirip Ranukumbolo

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA


Gunung Kemiki berlokasi di kawasan Ulu Masen, Aceh. Di sana ada beberapa panorama alam eksotis untuk dijelajahi. Hutan Ulu Masen mencakup 6 kabupaten mulai dari Bireuen, Pidie Jaya, Pidie, Aceh Besar, Aceh Jaya dan Aceh Barat yang memiliki luas hingga 750.000 hektar.

Daerah kawasan Ulu Masen mempunyai curah hujan dan debit air yang cukup besar. Jadi, di daerah tersebut sering terjadi hujan setiap hari.

Nama Gunung Kemiki ini mungkin tidak sepopoler seperti Gunung Peut Sagoe, walaupun keduannya terletak bersebelahan yang terletak di Gempang, Kecamatan Mane, Kabupaten Pidie, Aceh. Gunung Kemiki mempunyai ketinggian 2800 Mdpl dan dikategorikan sebagai gunung primer yang mempunyai tugu tringulasi yang dibangun pada masa penjajahan Belanda.

Semakin kita kedalam hutan rimba, kita akan menjumpai betapa eksotisnya hutan di kawasan Ulu Masen ini. Hal ini terbukti dengan keanekaragaman hayati yang ada di alamnya. Mulai dari anggrek yang beraneka ragam warna dan jenisnya, ditambah lagi dengan flora-flora lain yang menarik bagi siapa saja yang berpetualang kesana.

Beranjak dari puncak Kemiki, kita bisa turun ke telaga Kemiki. Jalur untuk menuju ke Telaga Kemiki banyak dijumpai jejak kaki kawanan gajah liar yang sering disebut dengan Poemeurah di banyak tempat.

Telaga Kemiki Mirip Ranukumbolo

Telaga Kemiki mempunyai luas sekitar 3 hektar. Ekosistemnya didominasi oleh rumput dan kiri kanan diapit oleh dua pengunungan dengan riak air yang tenang. Diapitnya oleh kedua gunung tersebut pastinya akan mengingatkan kita pada sebuah danau di Gunung Tertinggi Jawa. Ya benar, Ranukumbolo. Telaga Kemiki atau kadang ada yang menyebutnya sebagai danau kemiki ini banyak dinilai oleh para pendaki mirip dengan Danau Ranukumbolo yang ada di gunung Semeru. Walaupun terlihat sama, tetapi cirikhas ranukumbolo tetap tidak bisa disamakan dengan danau - danau lainnya yang mirip dengan ranukumbolo.

Jika dilihat, danau kemiki ini mempunyai cirikhas, yaitu pada pemandangan bagian tengah depannya. Di didepannya nampak Gunung Apui yang sering tertutup oleh kabut di kejauhan

Selain itu, di sekitar Danau Kemiki ini kita juga dapat menyaksikan view lainnya yaitu Danau Rusa dan Savana Kaderal.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon