Fakta - Fakta Tentang Gunung Bawakaraeng

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

instagram.com/alizzarea
Anda punya cerita sendiri, begitupun saya mepunyai cerita bagaimana saya bisa berdiri disini. Anda punya pilihan jalani hidup, begitupun saya. Cara pandang kitapun beda, tetapi kita masih tetap sama dalam hal ciptaan tuhan.
Loc : Pos 10 G. Bawakaraeng.

Seperti apasih fakta - fakta yang ada di Gunung Bawakaraeng ini? Berikut ini adalah fakta - fakta tentang Gunung Bawakaraeng.

1. Sebagai Puncak Tertinggi

Puncak Gunung Bawakaraeng adalah salah satu puncak tertinggi di Sulawesi Selatan yang berada di kabupaten Gowa kecamatan Tinggimoncong. Gunung  Bawakaraeng yang memiliki ketinggian 2830 MDPL ini merupakan puncak terdingin.

2. Arti Nama Bawakaraeng

Bawakaraeng mempunyai arti Bawa yang artinya “mulut” dan Karaeng artinya “Tuhan atau Raja”. Gunung Bawakaraeng juga terkenal akan cerita - cerita mistisnya dan sangat di sakralkan oleh warga setempat maupun warga yang ada di sekitar kabupaten Gowa, mereka percaya jika Gunung Bawakareng merupakan tempat berkumpulnya para wali-wali Allah di Sulawesi Selatan. Terkenal pula adanya penampakan hantu cantik bernama Noni. Mereka juga mempercayai bahwa puncak gunung Bawakaraeng bisa dijadikan sebagai tempat melaksanakan ibadah haji pada saat bulan Zulhijjah sehingga orang yang melaksanakan ibadah haji di puncak gunung bawakaraeng akan diberi nama “Haji Bawakaraeng”. Dan pada sepanjang jalur pendakian gunung tersebut biasanya ada beberapa sesajen yang di simpan di bawah pohon-pohon besar.

3. Pemasok Air

Secara ekologis gunung ini memiliki posisi penting bagi masyarakat sekitar, karena menjadi sumber air dan juga sebagai sumber penyimpan air untuk Kabupaten Sinjai, Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Kabupaten Bantaeng, dan Kabupaten Bulukumba.

4. Tragedi Maut

Pada hari Jumat, tepatnya di tanggal 26 Maret 2004 sekitar pukul 14.00 WITA, terjadi terjadi tragedi longsor di kaki Gunung Bawakaraeng, yakni di Kecamatan Tinggimoncong. Dari musibah longsor ini menewaskan 30 warga dan longsorannya menimbun ribuan areal sawah dan perkebunan.


5. Tragedi Pendaki

Gunung Bawakaraeng ini juga menjadi arena pendakian karena pemandangannya cukup indah dan menawan. Namun, sudah banyak menelan korban akibat kedinginan ketika mendaki pada musim hujan.

Itulah fakta - fakta mengenai Gunung Bawakaraeng. Ada fakta lain? Berikan pendapatmu!

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon