Kawah Gunung Dempo

Tags
FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA


Gunung Dempo adalah gunung api tertinggi di Sumatera Selatan yang berada di antara pegunungan bukit barisan dan Gumai. Puncak tertinggi Gunung Dempo disebut dengan G. Merapi yang berketinggian 3173 mdpl atau 2900 m di atas dataran tinggi Pasumah. Puncak yang lainnya adalah G. Serpeh (2863 m), Puncak G. Gentengtoi dan Puncak G. Kumbang (2862 m) yang merupakan sisa kegiatan vulkanik pada masa lalu. Pada phase pertama erupsi pusat letusan berada pada arah barat - timur, tetapi pada phase kedua pusat letusan berada pada arah timur tenggara - barat laut. Ada 7 kawah di puncak G. Dempo yang dinamai dari yang tertua sampai yang termuda seperti tertera dibawah ini:

Nama Kawah, Ukuran bibir kawah Diameter (m) Tinggi (m)

Kawah I, diameter : ± 3000
Tinggi 3046 - 2661

Kawah II diameter : ± 1150
Tinggi 3049 - 2900

Kawah III diameter : ± 600
Tinggi 3056 - 3000

Kawah IV diameter : ± 750
Tinggi 3159 - 2804

Kawah V diameter : 800 x 600
Tinggi 2937 - 2864

Kawah VI diameter : 450
Tinggi 2916 - 1850

Kawah VII diameter : 140 x 100
Tinggi 2920 - 2854

Danau Kawah diameter : 400
Tinggi 2804



Sejarah Terbentuknya Gunung Dempo
G. Dempo umumnya terbentuk oleh lava yang tertutupi oleh endapan piroklastik. Ada beberapa puncak yang membentuk kesejajaran dari barat sampai ke timur yaitu Gunung Serpeh, Gunung Gentingloa, Gunung Kumbang, Bukit Terban, Gunung Merapi dan Gunung Dempo sendiri yang merupakan bukti terjadinya perubahan pusat letusan.

Batuan tertua yang berasal dari G. Dempo adalah batuan endapan tertier yang diasumsikan sebagai batuan basement, terdiri dari batuan Tuff dan Pasir. Endapan vulkanik tersier dari Gunung Dempo adalah berupa lava, aliran piroklastik, dan jatuhan piroklastik yang terendapkan pada lingkungan air . Hal ini telah dibuktikan dengan adanya endapan lignite dan kayu. Bagian dari batuan ini terintrusi oleh batuan phorphric diorite - phorphyric dacite di bagian sebelah baratlaut. Intrusi ini muncul berbentuk kerucut dengan diameter 300 - 500 m. Puncak Mandiangin muncul disebelah barat Gunung Dempo dan merupakan puncak yang lebih tua lagi jika dibandingkan dengan G. Dempo. Hal ini dibuktikan dengan adanya produk Gunung Dempo yang menutupi tubuhnya. Endapan fluviovolcanic juga ditemukan pada bagian timur yang terdiri dari aliran produk lastik, lahar, tuff dan endapan sungai. Gunung Dempo menghasilkan produk vulkanik seperti lahar, lava andesite - basaltic, jatuhan piroklastk dan aliran piroklastik. Endapan yang paling muda adalah endapan alluvium.

Struktur geologi yang berkembang adalah berupa sesar geser (dekstral dan sinistral), sesar normal, rekahan pada area puncak, dan kelurusan topografi. Aktivitas Gunung Dempo saat ini adalah pada kawah paling muda yaitu di kawah Merapi. Semua aktivitas erupsi vulkanisme yang terekam terjadi pada kawah ini.


Sumber :
esdm.go.id

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon