Oro - Oro Ombo dan Hamparan Bunga Lavender, benarkah?

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

Beberapa waktu lalu saya mendaki Gunung Semeru bareng teman-teman dari Jakarta, Malang dan Surabaya.

oro - oro ombo
Instagram.com/daniitaputri

Bagi pecinta gunung pasti udah gak asing lagi sama yang namanya Ranukumbolo, Kalimati dan Oro Oro Ombo.

Keindahan ketiga tempat ini audah tidak diragukan lagi, makanya Gunung Semeru jadi destinasi favorit para pendaki. Nah saya cuma mau cerita soal Oro Oro Ombo aja nih. Jadi (bagi yang belom tau) Oro Oro Ombo itu adalah padang savana yang lumanyun eh lumayaan luas yang isinya adalah bunga - bunga berwarna ungu setinggi dada orang dewasa. Dan banyak orang mengira bunga tersebut adalah bunga Lavender. Hamparan bunga ini memang menampilkan lanskap cantik, kita akan menjumpainya setelah kita melewati Tanjakan Cinta.

oro - oro ombo
Instagram.com/daniitaputri

Bunga Lavender?

Jangan salah ya, itu bukan bunga Lavender, tapi itu adalah bunga Verbena brasiliensis. Ada dua trek, lewat atas dan bawah. Kalo kalian mau lewat diantara bunga Verbena, kalian bisa lewat jalur yang kebawah.

oro - oro ombo
Instagram.com/daniitaputri

Boleh dipetik?

Plus! Kalian boleh kok metik bunga ini, malah dianjurkan sama pengurus TNBTS. Lho kok boleh? Ya boleh, karena bunga ini ternyata dapat mengancam ekologis yang ada di Oro-oro Ombo. Sebab tanaman yang berasal dari Amerika Selatan ini bersifat invasif. Artinya, Verbena brasiliensis ini berpeluang untuk menguasai habitat sekitar, sehingga menghancurkan spesies tanaman yang ada di TNBTS. Jadi kalo ada pendaki yang majang majang foto di medsos bareng bunga ini dan dipetik. Jangan di bully yaa. Dibolehin kok!
#Salamrindumendaki

Penulis :
daniitaputri

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon