Pendakian Gunung Andong, Magelang

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

Salam Pendaki! 




Guys, aku mau share pengalaman pribadiku saat mendaki Gunung Andong nih. Teman-teman pasti udah enggak asing lagi kan dengan Gunung Andong? yups, gunung satu ini terletak di daerah magelang, jawa tengah. Gunung andong sudah sangat terkenal dikalangan para pendaki super maupun pemula. Kenapa bisa terkenal banget dikalangan para pendaki super maupun pemula? hal ini dikarenakan ketinggian gunung andong yang tidak setinggi gunung-gunung lainnya sehingga banyak yang datang untuk mendaki gunung satu ini, selain itu pemandangan dan puncaknya ini cukup fantastis. Gunung andong memiliki ketinggian 1726 mdpl, karena itulah banyak yang menyarankan bagi pendaki pemula untuk memulai mendaki gunung andong sebelum mendaki gunung-gunung tinggi lainnya.

Aku bersama teman-temanku berencana untuk berlibur bersama. Tujuan liburan kami ialah mendaki gunung andong. Kenapa gunung andong? Karena banyak dari kami masih pemula dan ingin menikmati indahnya alam semesta dari puncak, sehingga kami memilih gunung andong sebagai tempat berlibur bersama. Saat itu aku mendaki bersama 7 temanku. Kami berangkat dari jogja menggunakan sepeda motor pada siang hari sampai di sana sore hari. Melihat jalanan yang kami lewati, disarankan untuk mengguanakan sepeda motor aja ya guys.

Sebelum memulai pendakian, kami menitipkan sepeda motor lalu kami melakukan registrasi untuk mendaki gunung andong dan mengecek ulang perlengkapan kami (pastikan untuk selalu mengecek ulang barang bawaan kalian ya). Setelah semua selesai, kami memulai petualangan kami, yeay. Kami mulai mendaki sore hari menjelang magrib. Bagaimana jalur pendakiannya? Sebagian orang bilang kalo naik gunung andong itu mudah, well.. meski terlihat mudah kalian tetap harus berhati-hati ya karena kekuatan fisik seseorang itu berbeda-beda (ada yang mudah melewatinya dan ada juga yang membutuhkan tenaga ekstra untuk melewatinya. meski tak seekstra melupakanmu *uhuk keselek mantan* abaikan becandaannya ). Itu dari pandangan orang lain ya guys. Bagiku, mendaki gunung andong itu sama saja dengan mendaki gunung-gunung lainnya. Tidaklah mudah dan membutuhkan energi ekstra untuk melaluinya hehe maklum pemula.

Tidak terlalu lama juga tidak terlalu cepat, akhirnya kami sampai di puncak setelah 2 jam melewati track-track gunung andong. FYI aja nih, kalo mendaki gunung andong untuk menenangkan diri disarankan untuk tidak mendaki saat weekend ya, karena padatttt bener ini gunung sampai kami bingung dimana bakal mendirikan tenda. Datangnya pas hari-hari biasa aja inshaAllah gak terlalu padat ( meski gak jamin sih bakal gak banyak pendaki, karna gunung andong ini cukup banyak diapelin para pendaki dari yang cantik maupun yang ganteng vroohhh.. *eaa gunung aja sering diapalin, kamu kapan mbloooo??* sejenak hening.. ).


Akhirnya kami menemukan tempat untuk mendirikan tenda. Karena kami banyak yang pemula, kami agak kekualahan saat mendirikan tenda. Memang benar ya, jiwa pendaki ini salah satunya ialah suka tolong menolong bahkan dengan orang yang tidak kenalpun mereka siap membantu tanpa diminta. Yeay akhirnya 2 tenda kami sudah jadi, terima kasih mas-mas, mbak-mbak sudah membantu kami. Setelah itu kami beristirahat dan bercanda gurau (becandanya jangan keterlaluan ya guys, disini kita juga harus bisa menjaga sikap kita dan tetap menaati peraturan mendaki agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan nantinya). Suasana di puncak cukup ramai. Ada yang menyanyi diiringi gitar, bergurau, ada yang berlalu-lalang menuju warung untuk sekedar membeli gorengan atau minuman hangat ( hah? Warung? Gausah kaget gitu sih hehe ) FYI lagi nih.. kalo kalian ke andong dan lupa bawa logistik ngga usah khawatir karena di andong ini terdapat warung yang menjual berbagai macam makanan (jangan pesen steak, spagetti atau pizza yo, ora bakal ono haha warung ini menjual aneka macam gorengan, mie goreng/kuah, dan berbagai macam makanan, minuman hangat lainnya) wauwwww.. nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan? Nyemil makanan yang hangat sambil menikmati udara sejuk nan segar ini. Kami tidak ingin tidur terlalu larut malam karena besok kami harus bangun subuh-subuh untuk menyaksikan sunrise di puncak gunung andong. Tak terasa dingin melelapkan tidur kami.

Keesokan harinya kami bangun subuh-subuh dan bergegas keluar tenda untuk menyaksikan keindahan sunrise di puncak gunung andong. Tidak lama kami menanti, fajarpun tiba. Woww  tidak bisa berkata apa-apa saat melihat sunrise. Indah.. indah bangett.. (maaf mas, kali ini keindahanmu tersaingi oleh pemandangan alam ini *apalah-apalah* ) bahkan saat matahari mulai menyinari alam semesta ini terlihat view yang begitu menakjubkan dari puncak gunung andong ini.  Menurutku Gunung andong memiliki pesona yang tidak kalah indah dengan gunung-gunung lainnya. Indahhhhhh banget sampai susah digambarkan dengan kata-kata hehe. Tak henti-hentinya mengucap syukur pada Yang Maha Esa, tidak ingin melewatkan moment indah ini kami mengabadikannya dengan kamera.
(Sunrise di Gunung Andong)

 

 (bersama teman-teman)

Setelah puas menikmati keindahan ini, kami sarapan berbaur bersama dengan para pendaki lainnya setelah itu kami packing barang-barang untuk turun. Panas sekali, saat itu karena kami turun pada siang hari. Tetapi hal ini tidak membuatku putus asa, aku tetap bersemangat melewati kembali track-track gunung andong ini. Sampai di bawah, kami singgah di warung untuk mencicipi gorengan dan meminum es yang segar. Di sana kami juga bertemu dengan para pendaki yang turun, berkenalan satu sama lain, menambah teman lagi. Tak lama kemudian kami melanjutkan perjalanan pulang, karena capek sesampainya di jogja aku tertidur hingga pagi.

(view dari Gunung Andong)

  
 
(setelah packing, dan pulang  )


Woyyyyy... bangunn!! Bangunn!!! Ceritanya udah selesai nih  hehe maaf kalo ada kesalahan kata dalam penulisan, kurang detail atau tulisannya ga menarik tapi  Alhamdulillah seneng bisa berbagi pengalaman dengan kalian semua, bangga bisa mendaki gunung-gunung di jawa. Yap, tadi adalah sedikit ceritaku saat menaiki gunung andong yang mungkin agak sedikit membosankan saat diceritakan hehe pertama kalinya nulis di sini dan bingung gimana menggambarkan kebahagiaan menikmati keindahan ciptaan Tuhan. Memang sih keindahan itu bakal susah digambarkan dan dilupakan tapi gada salahnya kan mencoba berbagi pengalaman. Banyak banget pengalaman dan pelajaran yang aku dapatkan tiap kali mendaki gunung. Terima Kasih yaAllah untuk keindahan alam semesta ini, biarkan kami menjaganya, terima kasih teman-temanku dan teman-teman baruku. Terima kasih Admin ViaPendaki yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk menulis di sini. Sampai jumpa dipengalaman mendakiku lainnya ya.  :)   #SalamPendaki.


Penulis :
instagram @fitriatan

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon