Gunung Ciremai, Jalur Pendakian, Wisata dan Penduduknya

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA


Gunug Ciremai mempunyai nama lain, yakni dengan sebutan Ceremai, Creme, dan Careme.

Gunung ini mempunyai tiga kawah, yaitu Kawah Barat, Kawah Timur, dan Kawah Gua Walet

LOKASI gunung ciremai adalah terletak pada Koordinat/ Geografi  6° 43' LS dan 106° 44' BT. Secara administratif Gunung Ciremai termasuk dalam Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka. Gunung yang mempunyai ketinggian Puncak 3078 m dml (di atas muka laut) ini adalah gunung tertinggi di Jawa Barat. Gunung ini termasuk gunung api Kuarter aktif, tipe A yang berbentuk strato. Adapun untuk Pos Pengamatannya adalah berada di Desa Sampora, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan


JALUR PENDAKIAN CIREMAI
Untuk menuju kawah puncak Gunung Ciremai bisa di capai melalui 2 jalur pendakian, yakni dari :

  1. Dari Barat, via jalur Apui atau Cipanas (lk.1100mdpl.). 
  2. Dari Timur, via jalur Kp. Linggajati (lk.580 mdpl.
  3. Jalur pendakian via Palutungan


Penduduk Gunung Ciremai
Pada umumnya Pemukiman penduduk di daerah Gunung Ciremai terkonsentrasi di sekitar kaki gunung, terutamanya adalah di daerah kaki bagian timur, bagian utara dan bagian barat. Penduduk di daerah kaki gunung ini umumnya mempunyai mata pencaharian sebagai petani.

Jenis bahan galian yang terdapat di daerah Gunung Ciremai di antaranya adalah Sirtu, cadangan batu belah dan cadangan batu hias. Sirtu (pasir batu) adalah yang bersumber dari endapan awanpanas dan lahar, terdapat di sekitar daerah Mandirancan dan Linggajati. Di daerah Mandirancan yaitu berada di desa Cidahu, Ciwiru, Ciguntur dan Singkup. Di daerah Linggajati yaitu berada di desa Setianegara.

Batubelah (Andesit Ouarry) merupakan cadangan bahan galian bersumber dari tubuh aliran lava dan beberapa tubuh intrusi berkomposisi andesitan yang banyak dijumpai di lereng utara dan baratlaut Gunung Ciremai, seperti daerah Maja, Talaga, Kuningan,  Pamelengan, Palutungan, Lengkong dan Gunubg Deukeut. Cadangan Batu Hias; cadangan batu hias bisa dijumpai di sekitar komplek Gunung Kromong,kaki utara G. Ciremai, yaitu Desa Loji.

Wisata Sekitar Gunung Ciremai

  • Wisata gunungapi yang terdapat di : 
  • Daerah Cigugur-Kuningan yaitu berupa kolam renang dan kolam ikan yang dianggap keramat beserta kesejukan alamnya. 
  • Daerah Palutungan-Kuningan mempunyai keindahan pemandangan alamnya, perkemahan dan  sebagai tempat pendakian awal ke arah puncak.
  • Wisata daerah Apuy atau Cipanas, yaitu berupa pemandangan alamnya dan sebagai tempat pendakian awal ke arah puncak. 
  • Wisata daerah Linggarjati yaitu berupa vila, kolam renang, tempat bersejarah perjanjian Linggarjati dan kesejukan alam lainnya. 
  • Daerah Sangkanhurip berupa wisata vila, hotel dan pemandian air panas. 
  • Telaga Remis, berupa telaga, perkemahan dan pemandangan alamnya. 
  • Daerah Waduk Darma, berupa perkemahan, pemancingan, dayung dan keindahan alam lainya. 



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon