Kawah dan Sabana di Bagian dalam Gunung Sumbing

Tags
FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA


Penasaran dengan isi cekungan Gunung Sumbing? Foto di atas adalah salah satu spot yang kamu dapatkan jika berada di dalam cekungan Gn. Sumbing, yakni sabana, lainnya adalah makam / petilasan, kawah, segoro wedi / segoro banjaran. Masih ada lainnya lagi? Nanjak kesana dan cari tau sendiri :)

Mt. Sumbing berketinggian 3371 mdpl,
Gunung api Strato type A

Letusan gunung Sumbing yang ada dalam sejarah hanya tercatat satu kali yaitu tahun 1730 yang terjadi di kawah puncak, dimana terbentuk kubah lava dengan aliran lava ke arah bibir kawah terendah diperkirakan terjadi pada tahun tersebut (Junghuhn, 1853 dan Traverne, 1926)

Daerah puncak Gunung Sumbing berketinggian antara 3260-3571m dpl. Kawahnya bergaris tengah lebih kurang 800m, berbentuk lonjong menyerupai bentuk tapal kuda yang terbuka ke arah timur laut. Kedalaman kawah lebih kurang 100-150m. Pematang atau bibir kawah yang menyerupai bentuk tapal kuda ini mengapit kubah lava selebar 450m yang membujur dan menurun ke arah timur laut. leleran lava dari kubah lava ini sampai ketinggian lebih kurang 2400m dpl membentuk lidah lava. Tinggi kubah lava lebih kurang 50m dari dasar kawah atau lebih kurang 3250m dpl, batuannya terdiri dari andesit hornblende. Pematang kawah batuannya terdiri dari andesit hipersten augit hornblende, yang pada beberapa dinding/tebing kawah terlihat struktur kekar meniang

Meskipun sepanjang sejarah Gunung Sumbing tidak pernah meletus yang menimbulkan bencana, namun demikian untuk menjaga kemungkinan terjadinya letusan yang membahayakan penduduk yang bermukim di sekitarnya, perlu dipersiapkkan Peta Daerah Bahaya sebagai pegangan atau pedoman darurat dalam mengambil tindakan untuk pengamanan penduduk dari ancaman bahaya

Berdasarkan pengalaman, suatu gunungapi yang sudah lama tidak meletus biasanya akan dahsyat letusannya jika ini terjadi. Kemungkinan terjadinya awan panas tidak dapat diremehkan (Kusumadinata, 1980)

Sumber dari : vsi.esdm.go.id

Credit Photo @radiantripamungkas
Loc. : Mt. Sumbing via banaran

Follow instagram & share with us! @mountnesia

#mountnesia

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon