Pilih Jalur Kersik Tuo atau Solok Selatan Gunung Kerinci?

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA


Tentu kita sudah sangat kenal dengan Gunung Kerinci yang merupakan Puncak tertinggi di Sumatera yang terletak di provinsi Jambi, sekaligus merupakan Gunung Api aktif tertinggi yang di Indonesia.

Provinsi Jambi meraih penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2016 untuk Gunung Kerinci dalam Kategori IX Dataran Tinggi Terpopuler (Most Popular Highland) pada 16 september 2016 yaitu
- JUARA 1 DATARAN TINGGI TERPOPULER
- JUARA TERFAVORIT

Melihat prestasi luar biasa diperoleh oleh provinsi Jambi ini tentu menjadi gambaran peluang bagi pemda Kerinci bahkan pihak lain menjadikan Gunung Kerinci sebagai salah satu potensi wisata yang menjanjikan. Belakangan ini juga telah viral beredar info jalur pendakian menuju Gunung Kerinci melalui rute Solok selatan. Yuk mari kita review seberapa aman sih jalur umum saat ini dibandingkan jalur baru tersebut?

Faktanya yang telah berhasil dirangkum ternyata menunjukkan data sbb:

1. pendakian Gunung Kerinci melewati Kersik Tuo di kecamatan Kayu Aro adalah sekitar 8 jam yang lebih cepat dibandingkan di Solok Selatan (sejauh sekitar 11 jam)

2. Jalur pendakian di Kerinci lebih aman dibandingkan jalur di Solok Selatan, karena jalur kersik tuo itu jalur yang umum yang telah digunakan selama belasan tahun, sementara melalui jalur di Solok Selatan lebih banyak jalan terjal. Ketika hendak menuju puncak, pendaki terpaksa harus memutar dulu untuk menuju Tugu Yuda, baru menuju kepuncak.

3. Di jalur Solok selatan terdapat habitat asli kura-kura, dengan dibukanya jalur ini tentu akan berdampak mengganggu ekosistem alami habitat endemik kura-kura yang telah mendiami hutan alami TNKS selama berpuluh tahun tersebut.

Jadi gimana nih sekarang sahabat wisata Jambi? sebagai warga provinsi Jambi tentu kita tetap mendukung jalur umum yang telah ada dan aman bukan, dengan tidak mengambil resiko terhadap jalur baru yang belum diketahui sejauh mana sisi safety nya. Dengan mendukung jalur utama "Kersik Tuo" ini tentu secara tidak langsung kita tetap men-support potensi pariwisata di negeri sekepal tanah dari surga milik provinsi Jambi

Dari @pejalanbaper

Instagram pendaki gunung @mountnesia
#mountnesia

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon