Gunung Daik, Gunung tertinggi di Kepulauan Riau

Tags
FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

Gunung Daik, Gunung tertinggi di Kepulauan Riau.

Photo by @hasbibrech
-
Menyebut Gunung Daik mungkin sebagian dari kita akan teringat dengan Pantun Melayu terkenal yang berbunyi :
-
“Pulau Pandan jauh di tengah, Gunung Daik bercabang tiga, Hancur badan dikandung tanah, Budi baik dikenang juga.”
-
Bukan khayalan belaka, nama 'Gunung Daik' dalam Pantun tersebut benar adanya. Gunung Daik tersebut berada di Pulau Lingga, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau. Gunung daik sebagaimana isi pantun memang memiliki 3 cabang (puncak) dengan titik tertinggi 1.165 mdpl. Ketiga cabang gunung ini memiliki nama tersendiri, cabang gunung yang paling tinggi disebut Gunung Daik, yang menengah dinamakan Gunung Pejantan atau Gunung Pinjam-pinjaman, dan yang paling rendah dinamakan Gunung Cindai Menangis.

Walau tak setinggi gunung-gunung lainnya, Gunung Daik dikenal memiliki jalur menuju puncak yang sulit karena memerlukan peralatan dan keahlian panjat tebing, umumnya para pendaki hanya melakukan pendakian sampai ke kaki tebing Gunung Daik yang dapat ditempuh dari titik awal pendakian kurang lebih 6-8 jam perjalanan.

Demi kelancaran pendakian, pendaki disarankan didampingi oleh guide yang berpengalaman mengingat sebagian besar jalur pendakian masih berupa hutan rapat dan semak belukar yang menutupi jalur pendakian. Tetap utamakan keselamatan dan jaga selalu kebersihan serta kelestarian gunung Daik yang melegenda ini.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon