Melihat Milky Way di Atas Gunung

Tags
FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

Sudah berjumpa dengan Milky Way? Sekitar seminggu ini langit malam cerah terus di gunung - gunung Jawa Tengah. Tag aja temenmu yang mau diajak nonton milkyway di puncak😊. #milkyway #jawatengah

Photo credit @mrizkyrkt
Loc : Mt. Prau, Jawa Tengah

Apa itu milky way?
Adalah galaksi Bima Sakti (arti dalam bahasa Inggris Milky Way, yang berasal dari bahasa Latin Via Lactea, diambil lagi dari bahasa Yunani. Gugusan bintang Milky way ini bisa dilihat dengan jelas dari puncak gunung / diatas gunung di Indonesia sekitar bulan april sampai september, dimana saat itu musim kemarau dan biasanya pada malam hari akan sangat cerah. Untuk mengambil foto bintang bintang galaksi bimasakti ini tidak dapat menggunakan sembarangan kamera. Perlu memakai kamera berkualitas tinggi. Proses pengambilannya juga perlu bersabar. Dibutuhkan waktu sekitar 30 detik untuk memotret pemandangan milky way, dan kamera tidak boleh bergerak / bergoyang sedikitpun selama proses pengambilan gambar.

Jika hanya ingin memotret bintang, mungkin kamu bisa kapan saja. Tapi ingat, bumi kita berputar. Ada kalanya milkyway juga tidak terlihat dari tempat kita berdiri.

Milkyway  akan sulit terlihat jika bulan sedang ikut nimbrung. Jadi, akan baik kita memotret saat bulan baru muncul, sehingga malam gelap yang akan lebih panjang.

Banyak juga software untuk mengetahui atau mengecek kondisi bintang seperti stellarium, sky guide, dan banyak sekali di app store.

Umumnya, yang paling enak memotret milky way itu adalah ketika saat sekitar bulan April – September di arah selatan.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon