Hujan Es dan Rintikan Salju di Puncak Carstensz

Tags
FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

Puncak Jaya adlh sebuah puncak yg menjadi bagian dari Barisan Sudirman yang terdapat di Provinsi Papua, Indonesia. Puncak Jaya sendiri mempunyai ketinggian 4.884 m dan di sekitarnya terdapat yaitu gletser Carstensz, satu-satunya gletser tropika yang ada di Indonesia, yang kemungkinan besar segera akan lenyap sekitar tahun 2020 akibat pemanasan global.

A post shared by PENDAKI GUNUNG INDONESIA (@mountnesia) on

Puncak JayaKetinggian4.884 m (16.024 kaki)DaftarTujuh Puncak
Ribu Jayawijaya berlokasi Lokasi atau Letakny di Papua, Indonesia, JajaranBarisan Sudirman
Jayawijaya sengan Koordinat 04°04′44″LU 137°9′30″BT / 4,07889°LS 137,15833°BT

Puncak ini adalah gunung yang tertinggi di Indonesia kawasan Oceania. Puncak Jaya merupakan salah satu dari tujuh puncak dunia, atau seven summits dunia.

Sejarah Carstensz
Dataran tinggi di sekitar puncak awalnya sdah dihuni sebelum adanya kontak dgn bangsa Eropa, dan puncaknya dikenal sebagai Nemangkawi di Amungkal. Puncak Jaya yany sebelumnya bernama Piramida Carstensz setelah penjelajah Belanda Jan Carstenszoon yg menamainya ketika pertama kali melihat gletser di puncak gunung itu pada hari yang cerah tahun 1623.

Adanya Padang salju (gletser) Puncak Jaya berhasil didaki pada awal tahun 1909 oleh seorang penjelajah dari negara Belanda, Hendrikus Albertus Lorentz bersama  enam orang suku Kenyah yang direkrut dari Apau Kayan di Kalimantan Utara. Taman Nasional Lorentz yg juga meliputi Piramida Carstensz, didirikan pda tahun 1919 menyusul laporan ekspedisi ini.


Perjalanan saya ke puncak carstensz, ig (@prabowotripuryanto)

Pukul 4 pagi, dengan jumlah 6 orang dan dibagi 2 Team, perjalanan masih panjang kawan kami team ke 2 terdiri dari 3 orang, sebagai team yang sabar dikarenakan jalur pendakian pun juga harus bergantian menggunakan Tali Karmantel, waktu itu hujan Es turun beserta rintikan salju  kecil, dan awal fisik kita di coba dan mental kita diterpa karena cuaca yang tidak bisa diprediksi oleh kita, memang apa daya keinginan dalam pendakian agar cuaca cerah tetapi Allah memberikan kehendak lain.. kembali lagi persiapan yang matang yang harus dilakukan..


Persiapan yang perlu dilakukan untuk summit :

Jacket : Double layer ( Sudah pasti Waterproof)
Sarung tangan Waterproof dan tebal dan kevlar ( kegunaan sangat penting )
Celana : Double layer ( sudah pasti waterproof)
Sepatu : Gortex model Tinggi (sudah pasti waterproof)
Tutup kepala: berbahan katun dan hangat untuk menutupi kuping.
Penerangan Waterproof.

Sangat penting tangan dan kaki terjaga tetap hangat dan mengunakan perlengkapan yang baik karena mudah bagi tubuh terasa dingin jika tangan dan kaki kita basah dan menjadi dingin bisa berakibat Hipotermia sehubungan ke tinggian diatas 4400 Mdpl. Pilihanya safety walau terasa berat atau asal dan enteng tetapi membahayakan diri sendiri jika hujan / badai turun.

Berbagi pengalaman dan permudah informasi untuk sesama dalam mendaki gunung..(logistik perbekalan jgn lupa sehubungan pendakian pukul 1 pagi dan estimasi turun siang hari dan memakan waktu cukup panjang antara 12-14 jam)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon