Urusan Sampah, Pendaki Indonesia Sering Ngeyel

Tags
FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

Sedikit percakapan dari @rezarahmadan_ -  Teringat di waktu itu ketika saya mengunjungi alam nya Gunung Rinjani, ga sengaja mendengar percakapan dua orang pendaki.

Sebut saja dia itu adalah si A pendaki yg mungkin sudah eksis di beberapa gunung di Indonesia dan si B pendaki yg lagi asik bersantai melepas lelah sejenak sambil menikmati sebungkus roti yg ada di saku nya.

A : Maaf bang itu tolong sampah nya jangan di buang sembarangan, kalo ga masukin kantong lagi.

B : Lah suka2 gw mau buang dimana, lagian gw ke sini bayar, beli tiket masuk juga, ntar juga ada yg ngebersihin yg penting gw happy.

Lalu si A pergi dengan wajah yg sedikit kesal.

Dan saya ikut berjalan sesekali menyapa si B, "duluan sedikit ya bang, sini bang sampah nya masukin ke trashbag saya aja", sapa saya ke si B.

Keesokan hari nya ga sengaja tenda si B berdekatan dengan tenda saya di danau Segara Anak, dan si B menyapa saya saat saya lagi menumpulkan kaleng gas kosong dan mengajukan sebuah pertanyaan.

B : buat apa bang kaleng kosong ?

Saya : mau di bawa turun bang, lumayan bang siapa tau bisa di isi ulang lagi, lagian kalo di diemin di sini buat apa juga cuma ngotor2in gunung doang bang, ga enak diliat nya.

B : oh gitu ya bang.

Saat itu emang ga mikir apa2, yg di pikirin cuma turun bawa sampah aja.

Setelah saya pikir2 lagi, ngasih edukasi sama orang ga bisa cuma dengan Teguran atau Teori tapi juga harus dengan sedikit contoh dan kesadaran dari diri sendiri karna yg di rubah bukan orang nya tapi pola pikir nya.

Ya gatau sih si B tadi bakal sadar atau enggak kalo Gunung itu Bukan Tempat Sampah, setidak nya dia penasaran dan bertanya apa yg saya lakuin dan dia juga nerapin prinsip Bawa Turun Sampahmu.

Bagaimana menurutmu?

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon