Mendaki Gunung Balease, Trek Tersulit Sulawesi Selatan

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA


Cerita dari @diary_azzam : MENDAKI GUNUNG TERSULIT SULAWESI SELATAN

Tolangi Balease. Gunungnya memang tidak setinggi gunung latimojong (selisih ketinggiannya sekitar 462 mdpl) sebagai salah satu gunung yang masuk  kedalam Indonesia seven summit. Tapi soal grade, balease dikenal tersulit di sulawesi selatan bersama gunung gandang dewata yang sekarang memisahkan diri menjadi provinsi sulawesi barat.


Banyak tantangan untuk mendaki buyu (gunung) tolangi balease. Pertama, titik start pendakiannya itu sangatlah rendah, hanya sekitar 25 mdpl saja. Akibatnya, suhu panas & kelembaban udaranya tinggi menjadi ancaman untuk para pendaki sering dehidrasi / haus / kekurangan air. Pendakian dua hari pertama dijamin kamu akan bermandi peluh.

Kedua, keterbatasan sumber air yang hanya tersedia di pos 3 dan lembah waru yang berada di antara puncak tolangi (3016 mdpl) dan puncak balease (2894 mdpl). Selain bekal, kami optimalkan tampungan air hujan pada botol2 bekas di beberapa pos. Pendaki, sebaiknya tidak mengandalkan tampungan botol ini karena tidak selalu ada, apalagi saat musim kemarau.


Ketiga, panjangnya jalur pendakian sejauh 50km PP, terbagi mempunyai menjadi 7 pos. Kami menghabiskan waktu 8 hari 7 malam untuk naik turun puncak tolangi. Di awal2 pendakian, medannya adalah kebun, sawah dan penyeberangan sungai besar hingga 4 kali. Sampai air terjun bantimurung di pintu rimba, medan berubah ke hutan lebat yg didominasi punggungan. Duri dan rotan bertebaran sepanjang jalur.


Bersiaplah menghadapi pacet di ketinggian 1000an mdpl. Pacetnya memang tak sebesar di bukit raya kalimantan, tapi jumlahnya banyak sekali dan ada satu jenis yg dijuluki pacet tentara, karena warnanya yang loreng2 loreng mirip baju militer.


Mendaki balease bisa dimulai dari dusun ulusalu, desa bantimurung, kecamatan bonebone, kabupaten luwu utara. Tolangi berada di rangkaian pegunungan korue, jantungnya sulawesi. Membujur di perbatasan sulsel-sulteng menjadikannya relatif tidak jauh dari danau poso.


Dari kota Makassar, naiklah bus jurusan luwu timur dan berhenti di bone-bone dengan tarif 150ribuan. Dari bone2, hanya sekitar 2 km berjalan kaki menuju dusun ulusalu. Pendaki hanya peru untuk melapor ke kepala desa & juru kunci bernama pak nasaruddin yg sgt baik hati. Tak ada perizinan & biaya khusus disini. Gratis, kita hanya wajib bawa sampah turun kembali tanpa diminta, karena gunung bukanlah tempat sampah

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon