Alternatif Pendakian Gunung Jawa Tengah

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

baru baru ini beberapa gunung di Jawa Tengah ditutup jalur pendakiannya. Adalah Sumbing Andong Merapi Merbabu dan (gn. Ungaran, sudah dibuka belum ya?)

Penutupan jalur tersebut juga mempunyai alasan tersendiri. Pasalnya beberapa gunung mengalami kebakaran bahkan hingga menyebabkan korban meninggal ketika  dalam misi pemadaman kebakaran gunung dan Gunung Merapi yang memiliki tanda tanda erupsi juga masih ditutup jalur pendakiannya.


Daripada menunggu jalur pendakiannya dibuka, yuk mending cari alternatif lainnya. Biarkan gunung gunung yang ditutup jalur pendakiannya tersebut beristirahat.


Berikut beberapa alternatif gunung di Jawa Tengah yang cocok dikunjungi untuk pendakian, tap tap dan geser foto <•>>


1. Gunung Prau

pastinya sobat sobat @mountnesia sudah tidak asing lagi dengan gunung yang satu ini. Walaupun ketinggiannya tak seberapa, tetapi Gunung Prau yang berada di dataran tinggi dieng ini mempunyai pesona pemandangan yang luar biasa. Dari gunung ini kita bisa melihat sunrise spesial dengan background gunung gunung di Jawa Tengah. Sindoro Sumbing Merapi Merbabu terlihat jelas dan gagah dari sini.


2. Gunung Kembang

Mungkin beberapa sobat @mountnesia masih belum familiar dengan gunung ini karena jalur pendakiannya masih baru dibuka. Gunung ini mempunyai view yang memesona. Gunung Kembang dengan ketinggian sekitar 2340 mdpl ini berada di sebelah barat gunung Sindoro, bersebalahan. Bila kita melihat view Gn. Sindoro dan melihat gunung kecil di sebelahnya, itulah gunung kembang. Beberapa orang berpendapat kalau gunung ini adalah anaknya gunung sindoro karena lokasinya yang berdekatan dan terlihat menempel disebelahnya. Jalur pendakiannya juga masih sangat bersih, bebas sampah. buat kamu yang mau kesini, harap jaga kebersihannya ya, jangan nyampah!!!


3. Gunung Sindoro

Adalah sebuah gunung volkano aktif yang terletak di Jawa Tengah, dengan Temanggung sebagai kota terdekat. Setelah ditutup beberapa waktu lalu karena kebakaran, Sindoro sudah aman dan dibuka kembali jalur pendakiannya. View gunung ini tentunya memberikan kesan tersendiri. Di sekitaran puncak sindoro kita bisa menikmati hamparan pemandangan yang menakjubkan, bila beruntung kita bisa melihat sunrise dan lautan awan yang begitu indah. kita juga dapat melihat kawah puncak yang masih aktif. jalur pendakian favoritnya adalah Kledung. basecamp kledung cukup mudah dijangkau  karena berada di pinggir jalan raya.


alternatif lainnya adalah Gunung Slamet dan Gunung Lawu. Namun dua Gunung ini tergolong masuk kategori medium atau termasuk hard dalam hal lama waktu pendakian dan medan yang dilalui.


itulah beberapa alternatif pendakian gunung di jawa tengah dengan kategori ringan dan medium.


jadi, mau nanjak yang mana nih?

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon