Bagaimana Prosedur Pembukaan Jalur Pendakian Gunung Semeru?

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA


dikutip dari salah satu relawan Gunung Semeru, @cakyo_saversemeru - Mencoba sedikit menjelaskan tentang prosedur pembukaan Jalur  pendakian Gunung Semeru

Yang Pertama, Jalur  Pendakian gunung Semeru dalam satu tahun ternyata mempunyai masa pembukaan dan masa penutupan.

Kedua. Untuk masa penutupan jalur pendakian gunung semeru ini mempunyai beberapa dasar dan tujuan yang melatarbelakangi antara lain yaitu adalah untuk recovery ecosistem / pemulihan ekosistem yang ada di sekitaran lereng gunung semeru dan juga kondisi cuaca yang biasanya di awal tahun terjadi badai atau intensitas hujan yang begitu tinggi. ( Keselamatan pendaki gunung semeru dan kelestarian alam juga makhluk hidup yang ada di sekitaran Semeru itu yang paling utama )

ketiga adalah masa penutupan jalur pendakian gunung Semeru biasanya ada rentang waktu antara 3 hingga 4 bulan. 

Ke empat. Aada masa penutupan TNBTS bersama dengan ( masyarakat, relawan ) memantau dan mengawasi kawasan taman nasional bromo tengger semeru.

kelima. Pada masa penutupan kawasan taman nasional bromo tengger semeru dan jalur pendakiannya ada evaluasi terhadap sistem yang sudah di jalani tahun sebelumnya.

Ke enam. Satu - dua bulan pertama akan ada survei dan monitoring kawasan gunung semeru

Ke tujuh. Bulan ketiga biasanya ada survei lanjutan dan evaluasi hasil survei jalur pendakian gunung semeru.

ke delapan. Bulan ketiga  penutupan jalur pendakian, pihak TNBTS akan mengadakan rapat koordinasi dengan berbagai pihak ( masyarakat, relawan, potensi SAR, dan pihak pemerintah kabupaten yang terkait ) untuk menentukan kapan di bukanya ( sesuai hasil survei dan evaluasi )


Sembilan. pada bulan ketiga juga di lakukan persiapan persiapan mulai dari sistem, komponen yang terlibat dalam sistem, dan lain lain.


Sepuluh. Setelah semuanya selesai dan siap baru akan mulai di rilis booking online nya di www.bromotenggersemeru.org

Nah, itulah tahapan tahapan yang perlu kalian ketahui oleh semua calon pendaki Gunung Semeru, yang sudah biasa kita lakukan di Semeru sebelum pendakian gunung semeru akan di buka, sekali lagi mohon maaf karena kami ( TNBTS, Relawan, masyarakat, dan pihak terkait ) tidak ingin mengabaikan keselamatan kawasan dan pendakinya. " Utamakan keselamatan pendaki dan kelestarian kawasan konservasi "

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon