Mendaki ke Gunung Prau Solo Hiking? Jangan Deh!

Tags
FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

[SOLO HIKING Mendaki ke Gunung Prau? SAYA RASA TIDAK]
Penulis : @allbahai

Awalnya sh @sigitwahyu_pamungkas tiba –tiba  ngajak backpackeran ke timur Jawa, tapi berhubungan saya belum berani (dari segi duit dan waktu) saya menawarkan untuk naik gunung aja, "Prau" karena pengin naik gunung yang santuy banget, tapi pemandangannya subhanallah hehehehe .
Ngajak @smrafly (yang pengin diajak kalo nanjak bulan Agustus) eh ternyata lagi sibuk dia, ngajak @faisulr_ terhalang oleh ijin orang tua, alhamdulillah @dhickyaz mau diajak ikut heheheh

Akhirnya kita bertiga bikin multichat, dan sepakat mau naik tanggal 30 Juli. Saya berangkat dari nangor, @sigitwahyu_pamungkas dari kebumen, @dhickyaz dari jogja

Eh pas h-5 @sigitwahyu_pamungkas tiba2 batal ikut karena ada acara mendadak, sukur nya @dhickyaz katanya ngajak 3 teman nya dari jogja, alhamdulillah lumayan rame

H-1 malem nya langsung caw Wonosobo naik bus budiman 100k dari rancaekek. Eh pas udah mau nyampe Wonosobo @dhickyaz sama temen nya batal ke prau, gara2 ada acara mendadak. Ya udah lah naik sendiri alias "Solo Hiking" aja toh gunung prau insyaallah ngga bakalan sepi kok kecuali pas tutup wkwkwkwk

Jam setengah 4 pagi nyampe di terminal mendolo Wonosobo, langsung caw ke toilet. Pas keluar toilet ada rombongan pendaki juga yang baru nyampe, pas nanya basa basi eh ternyata mereka juga mau nanjak ke prau. Saya pun akhirnya cerita juga perihal temen2 yang pada batal ikut hwehwehwe. Mungkin karena kasian, mereka ngajak saya untuk naik bareng rombongan mereka yang berjumlah 9 orang. Mereka mahasiswa teknik dari mercu buana bekasi (makasih banyak rombongan bang @alfianrmdhnn hehehe)

Akhirnya jam 8 pagi kita caw ke basecamp patak banteng naik minibus 3/4 20k/orang, dan nyampe jam setengah 10 pagi

Sarapan, packing ulang, MCK, registrasi 15k/orang, jam 11 siang kita mulai naik

Karena pengin nanjak santuy, saya memutuskan untuk jalan di rombongan belakang sambil nemenin temen yang lagi kecapean (mungkin badanya kaget, karena pertama kali naik gunung)
Nah, bagi temen2 yang mau naik gunung ada baiknya untuk menyiapkan beberapa hal berikut : pertama fisik biar badan ngga kaget pas naik gunung. Persiapan nya sendiri bisa dengan joging 1 atau 2 minggu sebelum naik gunung. Kedua dana, ya iyalah buat kendaraan, logistik dan temen2nya. Ketiga peralatan, peralatan buat naik gunung yang temen2 kaya sepatu, jaket, sleeping, tenda. Kalo ngga punya bisa rental kok di sekitar basecamp pendakian. Dan terakhir pengetahuan, tentang gunung, track, estimasi, tekhnik survival. Kalo saya pribadi sebelum naik gunung biasanya bakalan cari2 info tentang gunungnya, nyari tau gunung nya buka apa engga, persyaratan di akun ignya (sekarang hampir semua gunung punya akun IG kok), dan nyari tau track lewat vlog di yutub tau blog2 pendakian. Kalo hal2 tersebut udah disiapin, InsyaAllah bakal menurunkan resiko kejadian yang tidak diinginkan

Singkat cerita kita nyampe di puncak jam 3 sore. Sholat, masak2, makan2 minum2, bercanda2, eh ngga kerasa udah jam 10 malem, langsung bobo deh, biar besok bisa bangun buat menikmati sunrise + pemandangan indah khas gunung prau hehehe