Monumen Bajra Sandhi Dengan Sejarah, Keunikan dan Harga Tiketnya

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA


Kalau di ibukota Jakarta punya Monas, Monumen Bajra Sandhi ini ibarat bagaikan Monas-nya Bali. Monumen ini begitu menawarkan wisata sejarah sekaligus edukasi untuk para wisatawan atau traveler yang berkunjung kesini. Pemandangan luarnya saja sudah sangat memikat, kamu pasti bakal penasaran pengin liat ke dalamnya kan!

foto : pesonaid_travel

Dimana tempat tepatnya alamat Monumen Bajra Sandhi ini?
Monumen Bajra Sandhi berlokasi di Jalan Raya Puputan, Denpasar, Bali, tepatnya di Lapangan Renon. Bangunannya yang penuh dengan arsitektur bentuk bentuk khas Bali yang sangat memanjakan mata. Di dalamnya ada museum tentang sejarah perjuangan rakyat Bali tempo dulu. Serunya lagi kalau kita bisa menikmati 33 diorama yang akan menggambarkan Bali dari masa ke masa. Jangan lupa singgah sebentar ke sebuah telaga cantik yang juga dihuni oleh banyak ikan!

Bukan hanya  monumen dan museum sejarah. Ada Museum 3D juga lho, letaknya di lantai dasar Monumen Bajra Sandhi! Namanya IAM BALI 3D Museum. Tempat paling pas kalau ingin berburu foto kece nan unik.

Saat pertama kali masuk ke kawasan monumen Bajra Sandhi, mata anda akan dimanjakan dengan arsitektur dan keunikan monument ini dengan khas Bali yang sarat dengan makna filosofi ajaran Hindu dan simbol kemerdekaan yang mempunyai keunikan tersendiri. Anak tangga yang berada di pintu utama Monumen Bajra Sandhi jumlhanya adalah 17. Juga terdapat sejumlah 8 buah tiang agung di dalam monumen yang mempunyai tinggi 45 meter. Bangunan tersebut inilah merupakan simbol tanggal kemerdekaan negara Republik Indonesia. Inilah keunikan monumen Bajra Sandhi yang juga memberikan makna dan filosofi tentang kemerdekaan Indonesia.

Di museum ini uga terdapat berbagai peninggalan koleksi foto-foto pendaratan tentara Belanda di pulau Bali dan foto-foto perjuangan laskar Puputan yang dipimpin I Gusti Ngurah Rai.

Kenapa dinamakan dengan museum Bajra Sandhi?

Dinamakan museum Bajra Sandhi karena jika dilihat dari bentuknya itu yang menyerupai bajra atau genta yang digunakan para Pendeta Hindu dalam mengucapkan Weda (mantra) pada saat melakukan upacara keagamaan.
 .
Bagaimana Sobat, udah cukup penasaran? Rencanakan perjalananmu ke Bali, yuk!
Tahukah kamu? Ternyata  banyak wisatawan domestik yang justru  tidak tahu akan kawasan Renon Denpasar. Malahan yang banyak mereka tahu tentang monumen Bajra Sandhi Renon adalah  para wisatawan asing. Seperti wisatawan dari Korea dan China. Pertanyaannya, Emang ada apa di kawasan Renon itu yah?

foto : pesonaid_travel

Sejarah dari Museum Bajra Sandhi
Pencetus ide yang melakukan pembangunan monument Museum Bajra Sandhi  ini adalah Prof Ida Bagus Matra saat itu menjabat sebagai Gubernur Bali tahun 1980. Arsitektur dari monumen ini Ir. Ida Bagus Gede Yadnya, beliau memenangkan kompetisi arsitektur monumen ini tahun 1981. Design arsitektur dari Ir. Ida Bagus Gede Yadnya yang memiliki arti hari kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945, dengan adanya design 17 gerbang pintu masuk, 8 pilar utama dan pada  ketinggian monumen  atau museum ini sekitar 45 meter.

Monumen Bajra Sandhi Renon, pada awal pembangunan di mulai tahun 1981 kemudian sempat terhenti dan dilanjutkan tahun 1987. Peresmian yang dilakukan untuk Monumen Bajra Sandhi dilakukan oleh Presiden menjabat saat itu, adalah Ibu Megawati Soekarno Putri, tanggal 14 Juni 2013. Nah, di depan Monumen Bajra Sandhi inilah diadakannya kegiatan parade pesta kesenian Bali setiap tahunnya, yang biasanya akan dibuka oleh Presiden Indonesia.

foto : pesonaid_travel


Berapa  Harga Tiket Masuk Monumen Bajra Sandhi ini?
Untuk biaya registrasi tiket masuk ke monumen Bajra Sandhi ini dapat anda lihat di bawah ini:

Orang Dewasa, Rp 25,000/orang.
Anak, TK & SD, sekira Rp 2,000/anak.
SMP, SMA & Mahasiswa, sekira Rp 5,000/orang.
Parkir mobil  skira Rp 5.000/mobil.
Parkir sepeda motor sekira Rp 2.000/sepeda motor.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon