Ini Tips Persiapan Melakukan Lintas Jalur Pendakian Gunung

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

Apa yang harus dipersiapkan untuk melakukan perjalanan lintas Jalur dalam pendakian?


berikut yang dirangkum oleh @galbramantio

1. Persiapkan Fisik dan Stamina sebelum melakukan pendakian lintas jalur
berada di alam bebas yang pada dasarnya merupakan bukan habitat manusia pada umumnya, kegiatan mendaki gunung membutuhkan kondisi fisik yang baik atau prima. Kita sangat disarankan untuk melakukan latihan fisik, terutama latihan kekuatan (strength) dan daya tahan, paling tidak 2 (dua) bulan sebelum kamu melakukan pendakian. Jika gunung yang akan Anda daki memiliki ketinggian lebih dari 3.000 meter misalnya, kita sebaiknya latihan fisik lebih lama lagi ya.

2. Lakukan Riset Kondisi Keadaan di Seuruh Jalur yang akan kita lalui lintas jalur
Lakukan riset dan kumpulkan informasi serinci mungkin tentang kondisi trek atau jalur di gunung yang hendak kita daki, suhu dan cuaca terkini, status gunung (terutama jika itu adalah gunung berapi yang kondisinya masih aktif), lokasi posko SAR, dan lain-lain. Semakin banyak informasi yang Anda punya, maka malah akan semakin baik.


3. Persiapkan Alat Pendakian

Peralatan yang kita butuhkan  dalam pendakian lintas jalur ataupun pendakian biasa bukan hanya soal peralatan P3K, tapi juga peralatan dasar pribadi seperti jaket, sepatu gunung, pakaian, tenda, kompas, peta pendakian dll. Persiapkan semua peralatan dengan seefektif dan seefisien mungkin sebelum melakukan pendakian beberapa hari sebelumnya karena kita harus membawanya terus menerus dari naik sampai turun gunung nanti. 
4. Hitung Kebutuhan Logistik Dengan Cermat
Logistik atau bekal makanan harus dipersiapkan dengan baik dan cermat sesuai kebutuhan team dengan estimasi yang sudah direncanakan agar tidak ada kekurangan selama dalam perjalanan. Tapi bukan berarti kita harus berlebihan dalam membawa logistik. 
5. Melakukan Konfirmasi ke pihak basecamp
Mengapa mengontak atau melakukan konfirmasi ke Pihak Basecamp itu sangat penting? Hal ini sangat diperlukan agar tidak terjadi kekhawatiran dari pihak basecamp yang ingin kita jadikan start melakukan awal pendakian karena menunggu rombongan kita yang tak kunjung datang, dan agar para pihak basecamp yang hendak menjadi tujuan kita turun nanti juga mendapat informasi dari pihak basecamp start mendaki. .

nah, itu mungkin sekian seputar beberapa tips melakukan pendakian lintas jalur di gunung.
Kalau menurut kalian apa lagi? .
.
foto : Pendakian Gunung Sumbing Lintas Jalur (Banaran Temanggung-Mangli Magelang)

Artikel Terkait

1 komentar so far

Numpang promo ya Admin^^
ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
dengan minimal deposit hanya 20.000
add Whatshapp : +85515373217 ^_~


EmoticonEmoticon