Awan Lenticuler Berbahaya Untuk Pendaki Gunung?

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA



Sepertinya Lawu yang paling besar awan badainya kemarin (3/10/2019)
Video : https://www.instagram.com/p/B3LHoerJNNE/?igshid=1rlwezx6fhrbp

Dari video terlihat angin cukup kencang, padahal lokasinya  masih dibawah. Seorang netizen kemarin juga menceritakan bahwa dirinya sedang pulang pagi hari sekitar jam 8 melewati jalan lintas magetan - karanganyar, begitu melewati lereng lawu suasananya terasa gelap dan angin menjadi sangat kencang.
Diketahui bahwa awan tersebut adalah awan topi atau awan lenticuler. Awan Lenticular adalah awan yang biasanya mempunyai bentuk seperti piring raksasa yang biasa ditemukan di dekat gunung, bukit atau pegunungan. Awan ini terbentuk dari hasil pergerakan angin yang menabrak dinding penghalang besar seperti pegunungan yang akhirnya akan menimbulkan sebuah pusaran.
Dari jauh awan tersebut terlihat begitu padat padahal tidak demikian, terlihat padat karena aliran udara lembab yang terus mengaliri disekitar awan dan akan keluar lewat permukaan paling bawah sehingga awan ini bisa bertahan hingga berhari – hari.

Walaupun awan ini adalah fenomena alam yang indah, tapi awan ini sangat dihindari dan ditakuti oleh para awak pilot pesawat. Karena adanya awan ini dapat menyebabkan turbulensi untuk pesawat yang nekat memasuki awan atau hanya terbang di dekat awan Lenticular tersebut.

Turbulensi adalah gerakan udara yang tak beraturan yang disebabkan oleh perbedaan dari tekanan udara atau suhu. Fenomena semacam itu tentu sangat berbahaya bagi penerbangan.

Bagi pendaki gunung awan ini juga termasuk menakutkan, karena bila ada awan ini dapat menyebabkan terjadinya angin kencang dan bahkan hujan yang sangat deras di gunung yang diselimuti awan ini. Istilahnya disebut badai.
Celakanya lagi adalah apabila pendaki tak menyiapkan semuanya dengan matang, dapat menyebabkan hal² yang tak diinginkan bagi pendaki. Hipotermia adalah salah satu gejala yang banyak ditemukan dalam dunia pendakian.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon