Basecamp Ranupani dan Sampah Pendaki Semeru

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA


Ranupani adalah pintu masuk dan lokasi akhir pendakian ke Gunung Semeru. Meningkatnya minat untuk mendaki Gunung Semeru ini tidak diimbangi dengan kesadaran menjaga lingkungan. Sehingga setiap bulannya, terdapat dua ton sampah terkumpul yang berasal dari aktivitas warga Desa Ranupani dan aktivitas pendakian.

Tiga kelompok masyarakat yang terdiri dari Taruna Wisata, Kelompok Belajar Lingkungan Rukun Mandiri, dan Ikatan Peduli Lingkungan, akhirnya membentuk Kelompok Kebersihan Lingkungan (KKL) Desa Ranupani untuk mengatasai permasalahan sampah tersebut.

KKL didampingi oleh Sahabat Volunteer (SAVER) Semeru bergerak dalam bidang manajemen pemilahan dan pengolahan sampah pendaki di Tempat Pembuangan Sampah Pendakian yang ada pasa gambar. Mereka memberikan semangat edukasi untuk pendaki perihal kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan Semeru, khususnya permasalahan sampah yang harus dibawa turun lagi dan edukasi informasi umum di Gunung Semeru.

Karena sebagaimana yang kita tahu, timbunan sampah di gunung sudah bukan menjadi rahasia lagi. Namun sudah menjadi permasalahan yang harus kita selesaikan bersama demi menjaga dan melestarikan ekosistem alam. /Sumber @sebumi.id

Pendakian ke gunung Semeru bisa dibilang adalah suatu perjalanan perasaan, pembentukan jati diri dan petualangan hebat dan mungkin tidak akan pernah ter lupakan. Banya kenangan yang bakal tersimpan rapih di dalam memori pikiran, entah saat melihat kejaiban danau Ranu Kumbolo, menyaksikan kemegahan puncak Mahameru atau saat merasakan kehangatan yang begitu erat tentang persaudaraan di tengah-tengah dinginnya malam.

Di Ranu Pane, kamu bisa menemukan ada beberapa warung yang menjual berbagai makanan dan beberapa perlengkapan untuk persiapan pendakian. Saat akan mendaki gunung Semeru, kamu bisa melengkapi logistik juga di basecamp Ranu Pane.

Jangan lupa juga sebelum mendaki untuk membawa KTP atau kartu identitas lainnya untuk mengurus perijinan. Buat yang rumahnya tinggal di luar kota, kamu perlu mengurus perijinan lewat booking online, mengingat bahwa batas kuota untuk pendaki gunung Semeru, hanya 500 orang per hari.

Artikel Terkait

1 komentar so far

Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
mampir di website ternama I O N Q Q
paling diminati di Indonesia,
di sini kami menyediakan 5 permainan dalam 1 aplikasi
~bandar poker
~bandar-q
~domino99
~poker
~bandar66
segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
Whatshapp : +85515373217


EmoticonEmoticon