Donggo Tabe Nae, Cinder Cone Gunung Tambora

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

Donggo Tabe Nae, adalah salah satu dari sebanyak 40 cinder cone yang ada dan tersebar di sekeliling Gunung Tambora. Berbentuk kerucut terpancung dengan tinggi puncaknya sekitar 800 Mdpl, bukit ini memiliki garis tengahnya terlebar 1.6 Km.

Apa itu Cinder cone?  Cinder cone adalah bukit berbentuk kerucut yang biasanya curam dan terbentuk di atas ventilasi magma gunung berapi. Cinder cone biasanya terbentuk oleh letusan gunung dengan sejenis Strombolian. Cinder cone ini dibangun dari lava fragmen-fragmen yang disebut abu vulkanik. Abu dan juga pecahan kecil batuan vulkanik menyebar ada di sekeliling gunung. Sebagian besar gunung jenis ini akan membentuk mangkuk di puncaknya dan cukup luas. Jarang ada yang tingginya di atas 500 meter dari tanah di sekitarnya. Contoh cinder cone : Gunung Paricutin di Meksiko, Gunung Rinjani di Nusa Tenggara dan di gunung Tambora. Bila dasar dan dinding corong kepundan tak dapat ditembus air maka akan terbentuk danau kawah, seperti yang ada pada G. Rinjani.

biasanya cinder cone memiliki bentuk mangkuk datar dan lebar di puncaknya. Diameter cinder cone rata-rata adalah  sekitar 800 meter (2600 ft) dan berkisar antara 250–2500 meter (820–8200 ft). Diameter kawah berkisar antara 50 hingga 600 meter (160–1970 ft).
Adapun untuk ketinggian dari kaki bukit 200-400 meter. Dibagian tengahnya terdapat lapangan dengan luas 7 hektar. Karena menampung banyak vegetasi, puncaknya juga dipercaya dapat menjadi habitat hewan rusa. Donggotabe Nae dapat dipandang dari jarak yang cukup jauh hingga belasan kilometer, sehingga banyak yang menyangka bukit ini adalah Gunung Tambora itu sendiri. Tempat ideal dan paling recommeded untuk memandang Donggotabe Nae adalah Selfi Point di Pos 3 Jalur Pendakian Piong. Dari sini Donggotabe Nae terlihat utuh dengan latar belakang laut Flores, sedangkan dibelakang kita terlihat puncak Tambora menjulang.
Kendati bisa dilihat kapanpun, tetapi waktu yang cocok dan paling instagenik adalah senja hari dibulan Apri - Agustus. Savana menjelang musim kemarau memberi warna yang dramatis.

Menarik bukan guys?





Artikel Terkait

1 komentar so far

Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
mampir di website ternama I O N Q Q
paling diminati di Indonesia,
di sini kami menyediakan 5 permainan dalam 1 aplikasi
~bandar poker
~bandar-q
~domino99
~poker
~bandar66
segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
Whatshapp : +85515373217


EmoticonEmoticon