Pulau Satonda Pulau Gunung Api Purba

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

Terkesan rasa eksotis dan penuh misteri. Begitulah mungkin pendapat kita saat pertama kali berkunjung di pulau ini. Hamparan pasir putih yang sangat bersih nan mempesona, danau ditengahnya pun masih terasa asin dengan rasa air laut.


Adalah Pulau Satonda yang merupakan gunung api purba  yang lokasinya berada di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat.

Pulau ini mempunyai danau kaldera yang berair asin. Danau ditengahnya adalah Motitoi, berada di kalderanya berair asin memiliki salinitas tinggi dan memiliki stromatolit—struktur terumbu yang mirip dengan kehidupan laut purba.

Ada penelitian yang menduga  bahwa letusan gunung Tambora tahun 1815 mengakibatkan tsunami setinggi 27 meter dan membanjiri kaldera Satonda ini.

Pulau ini ada di lepas pantai utara Pulau Sumbawa, masuk kedalam wilayah Kabupaten Dompu, dengan jarak sekitar 3 kilometer dari Selat Sanggar di Laut Flores dan secara administratif lokasi Pulau Satonda berada di wilayah Desa Nangamiro di Kecamatan Pekat.


Keindahan dan Misteri Zaman Purba di Pulau Satonda

Terbentuk oleh letusan gunung api dari dasar laut jutaan tahun lalu, dengan danau air asin ini mengandung material purba jutaan taun lalu.

Pulau Satonda dan perairan yang berada di sekitarnya memiliki luas 2.600 hektar. Pulau ini terbentuk oleh letusan Gunung Satonda pada ribuan tahun lalu. Gunung berapi Satonda konon mempunyai usia yang lebih tua dari Gunung Tambora, yang mempunyai jarak sekitar 30 kilometer dari pulau ini.
walapun riwayat terbentuknya pulau ini terdengar sangat menakutkan, ternyata Pulau Satonda memiliki terumbu karang alami yang mempesona di perairannya.

Pada tahun 1999, Pulau Satonda ini ditetapkan sebagai Taman Wisata Alam Laut (TWAL) dan telah diusulkan menjadi bagian dari Taman Nasional Moyo Satonda dengan Pulau Moyo di dekatnya.

Bagaimana Cara Menuju Pulau Satonda
Untuk menuju ke Pulau Satonda, salah satunya cara yang dilakukan adalah melakukan perjalanan dari Sumbawa Besar ke Desa Nangamiro dengan jarak yang ditempuh sekitar 8 jam. Atau dari Dompu dengan jarak tempuh sekitar 5 jam.

Setelah kita sampai di pelabuhan Nangamiro, lalu lanjut dengan menggunakan perahu ke Pulau Satonda sekitar 1 jam. Berapa tarifnya ya? Tarif untuk jasa transportasi perahu ternyata juga sangat bervariatif antara Rp 25 ribu hingga Rp. 100 ribu.

Pulau Satonda, Nusa Tenggara Barat.
__________________________
Foto epic oleh  @aliangger dan Indonesia Travel
#pendaki #PulauSatonda #DanauMoitoi #GunungTambora #Dompu

Artikel Terkait

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon