Langsung ke konten utama

Peralatan Paling Utama dalam Pendakian Gunung

Apasih alat - alat yang paling utama dalam pendakian itu?
Pendakian juga memerlukan alat agar kita tetap aman dan lebih mudah dalam pendakian.

Alat yang perlu kita bawa jika bermalam  satu hari dalam pendakian

1. Tas atau karir
Pakai tas atau karir? Kalau barang yang kalian bawa saat mendaki adalah barang yang ringan, tidak masalah jika memakai tas biasa. Akantetapi jika barang yang kita bawa cukup banyak dan berat. Maka pakailah karir, karena karir lebih membuat ringan barang - barang bawaan. Karir atau tas gunung ini akan membawa beban lebih ringan dua kali atau lebih, daripada menggunakan tas biasa. Maka dari itu, jangan habiskan tenaga kalian menggunakan tas biasa, manfaatkan tas karir untuk membawa beban.

2. Tenda
Tentu saja kita memerlukan tenda jika ingin mendaki dan bermalam di gunung karena disana sangat dingin. Jika kita tidur diluar, kita dapat mati kedinginan. Tentu saja, peralatan tenda ini harus dilengkapi dengan sleeping bed atau istilahnya kepompong, kemudian juga dilengkapi dengan matras.

Dome


3. Perlengkapan diri sendiri (untuk badan)
Nah, ini juga penting. Bawalah jaket yang tebal, kalau perlu bawalah yang  anti air. Di gunung itu sangat dingin, apalagi saat malam hari di musim kemarau. Bawa jaket, kaos tangan, sepatu/sandal gunung dan kaos kaki. Pastikan sepatu dan sandal kalian adalah khusus untuk pendakian.

4. Makanan, minuman dan alat memasak
Biasanya yang sering kita lupakan saat mendadak melakukan pendakian adalah alat masak dan bekal yang cukup. Maka dari itu, ini perlu difikirkan matang - matang sebelum melakukan pendakian. Kita bisa membawa makanan pengenyang berupa roti ataupun mie instan. Minuman bisa 2 botol air 1,5 liter untuk satu oranh dalam pendakian 1 hari. Untuk air wudhu atau kencing, kita bisa tayamum.

5. Alat p3k
Ini juga penting untuk pertolongan pertama ketika terjadi kecelakaan pendakian. Memang kita menginginkan tidak terjadi kecelakaan. Tetapi jangan lupakan perelengkapan penting ini.

Nah, itu beberapa alat paling utama dalam pendakian, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

52 Tanaman Liar Yang Bisa Dimakan di Hutan

Berikut adalah 52 jenis tanaman liar yang bisa dimakan ketika tersesat di hutan atau pendakian gunung untuk bertahan hidup. Sangat penting mengetahui tentang tanaman liar sebelum mengkonsumsinya. Dikutip dari wakingtimes.com, ada beberapa jenis tanaman yang bisa kita makan di hutan. Kita semua tahu mana sayuran dan buah-buahan yang aman untuk makan, tapi bagaimana dengan tumbuhan liar lainnya? Jika Anda tersesat, mungkin tanaman liar ini bisa dijadikan makanan untuk survival Anda : 1. Blackberry - Rubus fruticosus Banyak buah liar yang tidak aman dikonsumsi, yang terbaik adalah untuk menjauh dari mereka. Tapi blackberry liar adalah 100% aman untuk dimakan dan mudah untuk dikenali. Mereka memiliki cabang merah yang memiliki duri panjang yang mirip dengan mawar, daun hijaunya yang lebar dan bergerigi. Gampang ditemukan pada musim semi saat bunga putih mekar, mereka berkerumun di sekitar semak-semak. Buah matang sekitar Agustus sampai September. 2. Dandelion Yang paling

Apa itu Radang Dingin (Frosbite)? Bagaimana Penanganan dan Pencegahannya?

Frostbite adalah termasuk penyakit yang bisa kita temukan ketika berada di pada suhu rendah. Penyakit ini kadang akan menjangkit para pendaki gunung. Frost bite sendiri ialah suatu gangguan yang disebabkan akibat  paparan dingin yang mengenai bagian anggota tubuh dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal ini akan menyebabkan aliran darah, cairan tubuh dan juga nutrisi serta oksigen terganggu. Hal itu akan menyebabkan kematian pada jaringan. Untuk anggota tubuh yang sering terkena ialah pada bagian yang mempunyai sedikit lapisan lemaknya seperti nagian jari tangan dan kaki, cuping telinga, hidung. Penyakit frost bite ini dibagi menjadi dua berdasar tingkat keparahannya.  Untuk stadium awal akan lumayan parah, dan pada stadium lanjut yang artinya sangat parah. Ciri-cirinya dari frost bite ini sebagai berikut: 1. Pada stadium awal Korban akan merasakan anggota tubuh seperti  (bisa jari tangan, atau kaki, hidung, telinga) terasa nyeri seperti ditusuk - tusuk oleh jarum, dan kad

Cara Membuat dan Menyimpul Gelang Prusik

Berikut ini adalah macam - macam cara membuat simpul gelang prusik survival untuk pendaki gunung dan penyuka kegiatan alam. Tali gunung, gelang eiger maupun tali prusik sebenarnya hampir mirip jenis dan cara pembuatannya. Biasanya gelang yang terbuat dari tali gunung ini sangat diminati oleh para pendaki gunung, pencinta alam, dan pecinta survival dll. Banyak cara untuk membuat gelang dari tali prusik eiger dan mengkreasikannya dengan gelang dari tali lainnya. Untuk simpul tali gelang tangan dari eiger maupun lainnya tidak sulit untuk kita buat. Cara bikin gelang dari tali eiger atau tali gunung ini sangatlah mudah dan sederhana, jadi kita tidak perlu membelinya karena harganya hampir dua kali lipatnya jika membeli yang sudah jadi. harga tali prusik Untuk membuat gelang ini, kita bisa membeli gelang prusik di toko outdoor dan pendakian gunung yang ada di kotamu. Harganya sekitar 5000 rupiah per meter. Jika di outdoor show atau kegiatan festival, harganya rata - rata 100 ribu den