Langsung ke konten utama

Pendakian Gunung Prau, Dieng, Wonosobo



https://www.instagram.com/mygofar/

Berikut ini adalah pengalaman pendakian gunung prau yang terletak di Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah.

Ini adalah pengalaman pendakian prau via patak banteng oleh pemilik akun ig @aadeviwulandari yang kami wawancarai di akun instagram kami @mountnesia untuk berbagi pengalamannya di pendakian prau. Ternyata dia mempunyai pengalaman yang cukup menarik. Silahkan disimak!

//Cerita pendakian ke  gunung prau ini mulai dari awal ya.

Hay kenalin namaku devi ,kemarin abis muncak prau hari jumat tanggal 20 mei . Kami muncak berempat asal dari jogja . Temen - temenku yg lain namanya Yoga, Bara, dan Dian.

Kita berangkat dari jogja itu hari jumat jam 11 siang, rencana mau muncak jam 3 atau 4 sore karena mau ngejar sunset kalau cuaca di prau mendukung . Dan ternyata dalam perjalanan ke wonosobo dan udah sampe wonosobo kita kena hujan dijalan karena kita naik motor dari jogja. Kita pun berteduh di pinggir jalan. Kita lumayan lama berteduh di pinggir - pinggir jalan. ZONK banget gak bisa ngejar sunset gara - gara hujan dan kabut :( akhirnya pun kita sampe basecamp pathak bentheng jam setengah 6-an dan istirahat di rumah penduduk langganan temenku (yoga). Abis itu kita rencana mau naik itu jam 8 atau jam 9 malem kalau ujan udah mulai berenti, dan ternyata ZONK lagi. Kita baru mulai muncak malah mulai jam 1 malem bener - bener nunggu hujan reda. Kita sampai puncak prau jam sekitar setengah 3 an. Dan ada yg bikin aku kesel dalam perjalanan muncak, aku muncak sendirian, ditinggal sama temen deketku (yoga) :( gak tau gara - gara apa, ngambek mngkn -.- 2 temenku yg lain (dian dan bara) masih tertinggal dibelakang . Bener - bener kesel si , udah malem - malem, kabut jalan sendirian huft :(
Dan setelah kita berempat sampai di puncak , kita mulai bikin2 tenda buat istirahat . Sekitar jam 4/5an itu bener - bener mulai hujan lagi, ada angin, dan udara bener - bener dingin banget sampe membuat kulit mengigil .

https://www.instagram.com/davidsahertian/
 Paginya pun ZONK lagi gak dapet sunrise , ya ampun kesel kecewa minta ampun cuaca gak mendukung , gak hujan si , cuma kabut doang . Tapi bener2 pengen liat sunset dan sunrise :( ya mau gimana lagi ya gpp lah haha tetep bahagia bgt bisa liat keindahan Puncak Prau , next time lah klu emang bener2 cuaca mendukung mau kesana lagi hehe dan akhirnya kita turun sekitar jam 11an siang , dan sampe rumah penduduk jam 2an.//


Pendakian ke gunung prau ini cukup cepat, cocok untuk pemula yang ingin mencoba untuk mendaki gunung. Selain itu medannya tidak terlalu sulit. Hanya saja kalau hujan dan ramai pendaki, maka medannya akan menjadi sangat becek dan licin karena sebagian besar struktur jalur pendakian prau adalah tanah lempung yang licin jika terkena air.  Admin sendiri juga pernah mengalaminya, banyak pendaki dan licin.
Di gunung ini juga terkenal dengan bukit - bukitnya yang biasa dipanggil dengan bukit teletubis.

Kalau ke prau ini untung - untungan istilahnya. Kalau kita nggak beruntung maka di pagi hari akan berkabut dan tidak mendapat sunrise ataupun pemandangan bagus. Tapi kalau kalian beruntung maka kalian akan mendapatkan pemandangan yang sangat menawan. Seperti dibawah ini.


https://www.instagram.com/mygofar/

https://www.instagram.com/aprian_28/

www.instagram.com/bocahbuluk/
Dekat dengan awan.

Itulah sekilas pengalaman tentang perjalanan ke gunung prau. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

52 Tanaman Liar Yang Bisa Dimakan di Hutan

Berikut adalah 52 jenis tanaman liar yang bisa dimakan ketika tersesat di hutan atau pendakian gunung untuk bertahan hidup. Sangat penting mengetahui tentang tanaman liar sebelum mengkonsumsinya. Dikutip dari wakingtimes.com, ada beberapa jenis tanaman yang bisa kita makan di hutan. Kita semua tahu mana sayuran dan buah-buahan yang aman untuk makan, tapi bagaimana dengan tumbuhan liar lainnya? Jika Anda tersesat, mungkin tanaman liar ini bisa dijadikan makanan untuk survival Anda : 1. Blackberry - Rubus fruticosus Banyak buah liar yang tidak aman dikonsumsi, yang terbaik adalah untuk menjauh dari mereka. Tapi blackberry liar adalah 100% aman untuk dimakan dan mudah untuk dikenali. Mereka memiliki cabang merah yang memiliki duri panjang yang mirip dengan mawar, daun hijaunya yang lebar dan bergerigi. Gampang ditemukan pada musim semi saat bunga putih mekar, mereka berkerumun di sekitar semak-semak. Buah matang sekitar Agustus sampai September. 2. Dandelion Yang paling

Kisah Mistis Pendakian Argapura Part 2

Part 2 : Langkah Kaki dan Suara Wanita Misterius di Gunung Argopuro Baca dari part 1 biar lebih lengkap, klik disini Hari Jumat pagi, kami bersiap sarapan dan packing untuk melanjutkan perjalanan. Pagi harinya kami dihibur dengan obrolan santai yang kocak dari guyonan para mahasiswa Jogjakarta. Ditengah obrolan, Irfan lalu menanyakan siapa yang keluar tenda malam-malam. "Jam segitu siapa yang keluar malam-malam ya," tanya si Irfan. "Kalau kami sudah tidur mas," ucap Andi sembari memakan sarapan mie gorengnya. "Iya mas, ngapain malam-malam gitu kami keluar tenda, dingin tau," sahut Kaka, pendaki dari Depok. "Lah, terus siapa dong yang jalan malem-malem diluar tenda? mas dari Surabaya kali ya," tanya irfan lagi. "Gak ah, kami tidur pulas semalaman," ujar si Soni. "Yaudahlah, gak usah dibahas lagi. Habis ini kita langsung packing ya. Karena kita akan menginap di Taman Hidup Argapura. Jangan sampai kita kemaleman d

Apa itu Radang Dingin (Frosbite)? Bagaimana Penanganan dan Pencegahannya?

Frostbite adalah termasuk penyakit yang bisa kita temukan ketika berada di pada suhu rendah. Penyakit ini kadang akan menjangkit para pendaki gunung. Frost bite sendiri ialah suatu gangguan yang disebabkan akibat  paparan dingin yang mengenai bagian anggota tubuh dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal ini akan menyebabkan aliran darah, cairan tubuh dan juga nutrisi serta oksigen terganggu. Hal itu akan menyebabkan kematian pada jaringan. Untuk anggota tubuh yang sering terkena ialah pada bagian yang mempunyai sedikit lapisan lemaknya seperti nagian jari tangan dan kaki, cuping telinga, hidung. Penyakit frost bite ini dibagi menjadi dua berdasar tingkat keparahannya.  Untuk stadium awal akan lumayan parah, dan pada stadium lanjut yang artinya sangat parah. Ciri-cirinya dari frost bite ini sebagai berikut: 1. Pada stadium awal Korban akan merasakan anggota tubuh seperti  (bisa jari tangan, atau kaki, hidung, telinga) terasa nyeri seperti ditusuk - tusuk oleh jarum, dan kad