Langsung ke konten utama

Blue Lagoon Tirta Budi Jogja

Blue lagoon jogja pemandian tirta budi adalah wisata air yang terletak di dukuh Dalem, Desa Widodomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Blue Lagoon Tirta Budi ini berupa wisata air embung eksotis yang cukup alami dengan airnya yang sangat jernih. Blue lagoon ini mempunyai kedalaman sekitar 3 meter dengan bagian bawah berupa batuan kecil berpasir. Batuan besarnya sengaja diambil untuk mengurangi bahaya saat terjun bebas.

Apa yang bisa kita lakukan disana?
Di blue lagoon ini kita bisa melakukan berbagai hal seperti bermain air, berenang, bermain perahu karet, ataupun duduk - duduk gasebo / gardu - gardu yang telah disediakan disana.



Adakah hal unik di blue lagoon tirta budi?
Tidak takut air? Tidak takut ketinggian? Bisa berenang? Kalau begitu kalian bisa berenang dan menantang adrenalin kalian untuk terjun air di blue lagoon. Di pojok blue lagoon terdapat tangga tali yang dihubungkan dengan pohon berketinggian sekitar 4 meter dari atas air. Naiklah dan terjun bebas dari atas pohon kedalam air. Saat berenang ataupun duduk - duduk diatas air, kita akan ditemani dengan ikan - ikan kecil yang lucu. Cobalah duduk dengan memasukkan kaki kita kedalam airnya, ikannya akan mengerubuti kaki kita dan memakan kaki kita. Rasanya geli - geli lucu. Coba deh!
Jogjaempatroda.com



Akses Ke Blue Lagoon 
Untuk rute menuju Blue Lagoon Tirta Budi ini sangatlah mudah dijangkau menggunakan mobil ataupun sepeda motor. Kita bisa melewati jalan kaliurang km 13,5 dan kemudian akan ada pertigaan yaitu jalan besi jangkang, jika dari arah kota, beloklah ke kanan dan lurus terus ikuti jalan tersebut sekitar 3,5 km. Lurus terus sampai mentok pertigaan. Mulai dari sana sudah ada plang - plang tanda blue lagoon tirta budi. Dari pertigaan belok kanan melewati Jalan Raya Cangkringan, perlambat laju kendaraan dan lihat plang di kiri jalan akan ada pertigaan gang kecil yang cukup untuk berpapasan dengan mobil. Lokasi blue lagoon sekitar 50 meter dari gang.

KLIK : GPS Google Map ke Blue Lagoon Jogja Tirta Budi


HTM Masuk Blue Lagoon Jogja Tirta Budi
Untuk harga tiket masuk, kita akan dikenakan tarif parkir dan tarif masuk wisata.
Tarif Parkir Motor Rp 2000 / motor
Tarif Parkir Mobil Rp 3000 / mobil
Tarif Masuk Wisata Blue Lagoon Jogja Rp 5000 / orang


Persiapan Renang di Blue Lagoon Tirta Budi
Kalau bermain ke wisata air yang menyediakan tempat untuk mandi dan berenang sangatlah rugi jika kita tidak mandi ataupun berenang disana. Pastikan siapkan baju untuk renang disana. Bawalah baju ganti. Tenang saja, disana disediakan tempat ganti baju yang aman.

Untuk yang tidak suka main air, kita juga bisa menikmati pemandangan air dari gazebo yang terbuat dari kayu. Sambil santai juga bisa memsan makanan dan minuman. Disana terdapat cukup banyak warung - warung yang menjajakan makanan, minuman, dan gorengan dengan harga yang tidak terlalu mahal. Untuk anak - anak yang ingin bermain di blue lagoon wajib didampingi orang dewasa.

Sewa alat renang
Disana juga disediakan alat renang seperti kacamata, perahu karet dll. Harga sewanya pun sangat terjangkau.


Recommended Untuk Teman dan Sahabat
Yang suka asik - asikan sama temen dan sahabat, ayo ajak untuk bermain air disana. Dijamin seru! Tantang teman - teman kalian untuk terjun dari atas pohon!


Recommended Untuk Keluarga
Tempat ini juga cocok dijadikan wisata keluarga. Kita dapat membawa keluarga maupun anak - anak untuk bermain air menaiki perahu karet ataupun bercengkerama menikmati wisata air dari gasebo - gasebo yang disediakan. Disana disediakan tempat khusus bermain air yang aman untuk anak - anak.
Daniest.com



Suka Foto - Foto?
Di wisata ini juga terdapat cukup banyak spot menarik untuk diabadikan.


  • Gasebo

Disana terdapat beberapa gasebo kecil dan ada yang besar yang dikelilingi sungai - sungai. Akan terlihat alami karena terbuat dari kayu - kayu. Kita bisa mengambil moment - moment disana.





  • Jembatan Sendang Wadon

Spot ini adalah jembatan bambu yang melewati sungai menuju sebuah bangunan yang dinamakan sendang wadon.



  • Spot bermain air untuk anak

Kita juga bisa mengambil dokumentasi yang cukup menarik disini. Ini berupa bendungan air yang cukup luas, khusus untuk bermain anak, dewasa juga boleh.
Tempat khusus anak


  • Bagian Blue Lagoon

Di blue lagoon ini terdapat bagian dalam dan bagian dangkal. Bagian blue lagoon yang dangkal terdapat di depan saat kita sampai pertamakali disana. Bagian dangkal berada di sebelah kanan. Yang tidak mau berenang bisa bermain disana. Disana terdapat spot menarik untuk berfoto seperti di pancuran air yang terbuat dari bambu. Ataupun mencoba untuk kecermatan menumpuk batu - batu.
Bisa melakukan snorkling

Blue lagoon

Ajak anak main kesini

Minum air,juskidd

Menyusun batuan

Melayang datas air

Blue lagoon

Melompat lebih tinggi

Terjun dari ketinggian 4 meter di atas air

Saran Kunjungan
Buka mulai jam 7 pagi. Sangat cocok kesana kapan saja, airnya tidak terlalu dingin yang membuat betah untuk berlama - lama disana.
Biasanya di akhir pekan, hari Minggu dan Sabtu cukup ramai.

Bagaimana? Tertarik kesana?



Penulis
Instagram @andiakhm

Editor
Tim VIApendaki, official ig @mountnesia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

52 Tanaman Liar Yang Bisa Dimakan di Hutan

Berikut adalah 52 jenis tanaman liar yang bisa dimakan ketika tersesat di hutan atau pendakian gunung untuk bertahan hidup. Sangat penting mengetahui tentang tanaman liar sebelum mengkonsumsinya. Dikutip dari wakingtimes.com, ada beberapa jenis tanaman yang bisa kita makan di hutan. Kita semua tahu mana sayuran dan buah-buahan yang aman untuk makan, tapi bagaimana dengan tumbuhan liar lainnya? Jika Anda tersesat, mungkin tanaman liar ini bisa dijadikan makanan untuk survival Anda : 1. Blackberry - Rubus fruticosus Banyak buah liar yang tidak aman dikonsumsi, yang terbaik adalah untuk menjauh dari mereka. Tapi blackberry liar adalah 100% aman untuk dimakan dan mudah untuk dikenali. Mereka memiliki cabang merah yang memiliki duri panjang yang mirip dengan mawar, daun hijaunya yang lebar dan bergerigi. Gampang ditemukan pada musim semi saat bunga putih mekar, mereka berkerumun di sekitar semak-semak. Buah matang sekitar Agustus sampai September. 2. Dandelion Yang paling

Apa itu Radang Dingin (Frosbite)? Bagaimana Penanganan dan Pencegahannya?

Frostbite adalah termasuk penyakit yang bisa kita temukan ketika berada di pada suhu rendah. Penyakit ini kadang akan menjangkit para pendaki gunung. Frost bite sendiri ialah suatu gangguan yang disebabkan akibat  paparan dingin yang mengenai bagian anggota tubuh dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal ini akan menyebabkan aliran darah, cairan tubuh dan juga nutrisi serta oksigen terganggu. Hal itu akan menyebabkan kematian pada jaringan. Untuk anggota tubuh yang sering terkena ialah pada bagian yang mempunyai sedikit lapisan lemaknya seperti nagian jari tangan dan kaki, cuping telinga, hidung. Penyakit frost bite ini dibagi menjadi dua berdasar tingkat keparahannya.  Untuk stadium awal akan lumayan parah, dan pada stadium lanjut yang artinya sangat parah. Ciri-cirinya dari frost bite ini sebagai berikut: 1. Pada stadium awal Korban akan merasakan anggota tubuh seperti  (bisa jari tangan, atau kaki, hidung, telinga) terasa nyeri seperti ditusuk - tusuk oleh jarum, dan kad

Apa yang harus dilakukan jika Tersesat di Gunung?

Foto oleh @yudapurnawirawan Berikut beberapa tips supaya Anda dapat pulang dengan selamat Jika Anda menghabiskan banyak waktu untuk melakukan pendakian di gunung, kemungkinan Anda akhirnya akan tersesat juga. Ini juga terjadi bahkan untuk para pendaki berpengalaman. Salah satu kunci untuk kelangsungan hidup Anda adalah dengan membuat rencana pendakian yang matang dan memberitahukan rencana pendakian anda kepada seseorang. "Sudah lama sejak aku tersesat," kata Tim Glover, seorang ahli pendakian yang menghabiskan lebih dari 20 tahun untuk hiking di pegunungan Virginia dan North Carolina. "Saya merencanakan ke depan dan benar-benar memeriksa jejak peta sebelum aku pergi. Saya selalu memberitahu seseorang di mana aku akan pergi mendaki dan hari dimana saya kembali turun pendakian. " Jika Anda tidak kembali tepat waktu, Glover menjelaskan, teman atau anggota keluarga Anda akan tahu dan melaporkan ke pihak berwajib untuk memberi peringatan dan memulai misi pen