Langsung ke konten utama

Waduk Jatibarang, Semarang


https://www.instagram.com/itsme_donald_chan/

Selama empat tahun masa pembangunan, Waduk Jatibarang Semarang  akhirnya mulai dioperasikan, yang bertepatan dengan peringatan Hari Air Dunia yaitu 5 Mei 2014, waduk dengan luas genangan 189 Ha dan luas daerah tangkapan 54 KM persegi ini mulai digenangi oleh air.

Waduk  jatibarang mempunyai daya tampung 20,4 juta meter kubik, selain untuk mengatasi masalah banjir, juga   menjadi salah satu destinasi wisata yang baru serta memunculkan ide-ide kreatif dari masyarakat, seperti pembuatan paket wisata, kegiatan refreshing, dan lain lain.
https://www.instagram.com/profajarz/

Lebih dikenal berada di Gunungpati Semarang, sebagai Waduk Serbaguna, Waduk Jatibarang ini sangat ramai dikunjungi warga Kota Semarang dan sekitarnya, terutama ketika akhir pekan. Waduk buatan ini menjadi tempat favorit untuk melakukan wisata bersama keluarga, terlebih harga tiket masuk yang terhitung cukup murah, yaitu Rp 2.500 - 5.000; per orang .

Awalnya, seremoni pengisian waduk dilakukan oleh Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto dengan didampingi oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo beserta Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juwana Imam Santoso. Juga hadir Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Mantan Gubernur Jateng Bibit Waluyo. Pada pengisian awal Waduk Jatibarang ini ditandai penekanan tombol sirine yang diikuti  pentutupan pintu terowongan pengelak dan penandatanganan prasasti.
https://www.instagram.com/putri_avila/

Ada monyetnya?
https://www.instagram.com/ivonnmega/
Dalam pengisian awal waduk membutuhkan waktu enam hingga tujuh bulan untuk mencapai elevasi muka air normal 149,3 meter. Waduk Jatibarang ini dengan desain banjir 170 m3/detik dan dapat menambah pasokan air baku hingga 1.050 liter/detik, dengan potensi untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro PLTMH 1,5 MW, serta untuk  mendobgkrak dalam meningkatkan yang ada di pariwisata kota Semarang.

https://www.instagram.com/faradhiwijaya/

Pada wal tahun 2015, elevasi air dari waduk ini mulai penuh dan juga para pengunjung yang datang juga makin banyak.

Area waduk Jatibarang ini lokasinya tidak jauh daei pusat kota semarang yang  meliputi 4 kelurahan dari 2 kecamatan, yaitu Kelurahan Kandri dan Kelurahan Jatirejo dari Kecamatan Gunungpati serta Kelurahan Kedungpane dan Kelurahan Jatibarang dari Kecamatan Mijen dengan pintu masuk berada di area wisata berada di Gunungpati dan Kantor Pengelolaan

Di tengah  - tengah genangan waduk juga terdapat pulau kecil, pulau ini adalah tempat beradanya suatu destinasi wisata di kota Semarang lainnya, yaitu Goa Kreo, yang untuk menuju tempat ini dihubungkan dengan jembatan penghubung.
https://www.instagram.com/liezaazzahra/
Goa kreo

Selain itu, juga terdapat dua desa wisata yang menopang keberadaan Waduk Jatibarang , letaknya berada di sisi timur, yakni Desa Wisata Kandri dan  Desa Nongkosawit, dimana keduanya masuk dalam wilayah Kecamatan Gunungpati.

https://www.instagram.com/vjdavid96/ 


Selain ada permainan air di area waduk, juga di antaranya ada bumi perkemahan, homestay, outbound, kebun anggrek, pertunjukan seni budaya, sanggar batik, wisata kuliner, dan juga terdapat anggar kerajinan lampion.

Tim Viapendaki, official ig @mountnesia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

52 Tanaman Liar Yang Bisa Dimakan di Hutan

Berikut adalah 52 jenis tanaman liar yang bisa dimakan ketika tersesat di hutan atau pendakian gunung untuk bertahan hidup. Sangat penting mengetahui tentang tanaman liar sebelum mengkonsumsinya. Dikutip dari wakingtimes.com, ada beberapa jenis tanaman yang bisa kita makan di hutan. Kita semua tahu mana sayuran dan buah-buahan yang aman untuk makan, tapi bagaimana dengan tumbuhan liar lainnya? Jika Anda tersesat, mungkin tanaman liar ini bisa dijadikan makanan untuk survival Anda : 1. Blackberry - Rubus fruticosus Banyak buah liar yang tidak aman dikonsumsi, yang terbaik adalah untuk menjauh dari mereka. Tapi blackberry liar adalah 100% aman untuk dimakan dan mudah untuk dikenali. Mereka memiliki cabang merah yang memiliki duri panjang yang mirip dengan mawar, daun hijaunya yang lebar dan bergerigi. Gampang ditemukan pada musim semi saat bunga putih mekar, mereka berkerumun di sekitar semak-semak. Buah matang sekitar Agustus sampai September. 2. Dandelion Yang paling

Kisah Mistis Pendakian Argapura Part 2

Part 2 : Langkah Kaki dan Suara Wanita Misterius di Gunung Argopuro Baca dari part 1 biar lebih lengkap, klik disini Hari Jumat pagi, kami bersiap sarapan dan packing untuk melanjutkan perjalanan. Pagi harinya kami dihibur dengan obrolan santai yang kocak dari guyonan para mahasiswa Jogjakarta. Ditengah obrolan, Irfan lalu menanyakan siapa yang keluar tenda malam-malam. "Jam segitu siapa yang keluar malam-malam ya," tanya si Irfan. "Kalau kami sudah tidur mas," ucap Andi sembari memakan sarapan mie gorengnya. "Iya mas, ngapain malam-malam gitu kami keluar tenda, dingin tau," sahut Kaka, pendaki dari Depok. "Lah, terus siapa dong yang jalan malem-malem diluar tenda? mas dari Surabaya kali ya," tanya irfan lagi. "Gak ah, kami tidur pulas semalaman," ujar si Soni. "Yaudahlah, gak usah dibahas lagi. Habis ini kita langsung packing ya. Karena kita akan menginap di Taman Hidup Argapura. Jangan sampai kita kemaleman d

Apa itu Radang Dingin (Frosbite)? Bagaimana Penanganan dan Pencegahannya?

Frostbite adalah termasuk penyakit yang bisa kita temukan ketika berada di pada suhu rendah. Penyakit ini kadang akan menjangkit para pendaki gunung. Frost bite sendiri ialah suatu gangguan yang disebabkan akibat  paparan dingin yang mengenai bagian anggota tubuh dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal ini akan menyebabkan aliran darah, cairan tubuh dan juga nutrisi serta oksigen terganggu. Hal itu akan menyebabkan kematian pada jaringan. Untuk anggota tubuh yang sering terkena ialah pada bagian yang mempunyai sedikit lapisan lemaknya seperti nagian jari tangan dan kaki, cuping telinga, hidung. Penyakit frost bite ini dibagi menjadi dua berdasar tingkat keparahannya.  Untuk stadium awal akan lumayan parah, dan pada stadium lanjut yang artinya sangat parah. Ciri-cirinya dari frost bite ini sebagai berikut: 1. Pada stadium awal Korban akan merasakan anggota tubuh seperti  (bisa jari tangan, atau kaki, hidung, telinga) terasa nyeri seperti ditusuk - tusuk oleh jarum, dan kad