Langsung ke konten utama

15 Gunung yang Menyerupai Manusia di Dunia

Di antara misteri yang sampai berabad-abad yang belum terpecahkan adalah adanya gunung-gunung yang menyerupai wajah manusia.

Sebelumnya, Apa istilah untuk gunung yang mirip dengan wajah manusia ini jika dilihat dari jauh?

Menurut wikipedia disebut sebagai Pareidolia, adalah sebuah fenomena psikologis yang melibatkan stimulus samar-samar serta acak (seringkali sebuah gambar atau suara) yang dianggap penting atau umum. Contohnya termasuk melihat gambar binatang atau wajah-wajah di gunung, awan, pria yang ada di bulan ataupun gambar kelinci Bulan, dan adanya pendengaran pesan tersembunyi di rekaman yang dimainkan secara terbalik,  seperti lagu "star way to heaven".  Jadi, jika kita melihat gunung yang mirip atau menyerupai wajah manusia, itu disebut pareidolia.

Jangan salah, di indonesia juga ditemukan wajah yang mirip menyerupai manusia di Gunung Merapi, Jawa Tengah.

Lalu gunung - gunung apa saja yang mirip dengan wajah manusia ini?

Gunung-gunung ini akan mirip manusia, setidaknya jika dilihat dari kejauhan ataupun dari ketinggian. Seperti halnya dengan legenda Tangkuban Perahu di Jawa Barat, misteri Candi Prambanan dan Loro Jongrang, jadi, gunung-gunung yang berwajah mirip manusia ini pun juga punya cerita (legenda) dan misterinya sendiri.

Wajah yang Unik di Gunung
Aneh dan uniknya, beberapa dari gunung-gunung ini terlihat sangat mirip dengan wajah manusia. Lokasi dari gunung-gunung aneh ini ada di beberapa Negara di dunia. Lalu, apakah bentuk wajah manusia itu hasil pahatan? Tentunya tidak! Kecuali gunung granit yaotu Mount Rushmore, yang diapahat sebagai sejarah Amerika pada 150 tahun pertama. Selain gunung itu, semua gunung ini adalah asli kreasi alam.

Dan seperti biasa cerita misteri atau legenda yang berkembang kebanyakan kisah-kisah burung yang menyebut gunung-gunung aneh ini karena tercipta dari manusia yang dikutuk pada ribuan atau bahkan hingga jutaan tahun lalu. Benarkah? Namanya juga legenda, bisa menjadi apa saja.

Untuk meyakinkan, silahkan lihat foto-foto dibawah ini, dan anda bisa menilainya. Ada yang mirip seperti seorang perwira perang pada masa lalu, ada juga seperti lelaki bertopi, seperti monster dll. Tapi yang paling menarik adalah adanya wajah seorang pria yang menempel di puncak gunung dan yang juga paling terkenal di dunia adalah adanya gunung berbentuk seperti wajah prajurit indian yang menghadap ke langit dimana gunung aneh ini dikenal dengan sebutan sebagai Lover’s Rock, yang terletak di Antequera, Andalusia, negara Spanyol.


Berikut cuplikan kisah misterinya:


  • Wajah Mirip Manusia di Gunung Merapi, Jawa Tengah


Wajah ini ditemukan pada beberapa waktu lalu oleh para pendaki yang melihatnya dari gunung merbabu. Wajah ini sempat booming di Instagram pendakian gunung, seperti @mountnesia. Tepatnya mirip monster ya!


  • Bosa, Ialtaly


Di daerah ini terdapat sebuah pegunungan yang wajahnya mirip dengan wajah manusia bertopeng mata sebelah.



  • Gunung Berwajah Prajurit Indian


Gunung batu yang bentuknya menyerupai wajah manusia ini salah satu yang paling terkenal di dunia. Adalah hasil pahatan alam yang sempurna. Wajah keras ini seperti membentuk prajurit laki-laki Indian. Gunung aneh ini dikenal dengan sebutan Lover’s Rock, terletak di di Antequera, Andalusia, Spanyol. Cerita yang berkembang seputar terciptanya gunung itu adalah, legenda yang berawal dari kisah cinta seorang pemuda Kristen dari Antequera dengan wanita Moorish berasal dari Archidona, berbeda agama. Masyarakat setempat yang sangat fanatik dan tidak bisa menerima kisah cinta mereka. Adanya tentangan keras itu melarang sang pemuda yang merupakan penduduk setempat agar tidak melanjutkan hubungan mereka. Karena rasa cintanya yang luar biasa membuat si pemuda semakin nekad, mengajak kekasihnya kabur, mereka lari ke hutan untuk menghindari dari kejaran penduduk. Konon, mereka kemudian bunuh diri dengan menghempaskan diri dalam kondisi berpelukan ke batu. Itu dijadikan  sebagai pilihan mereka dari pada melewatkan seumur hidup tanpa saling memiliki. Katanya, jenazah mereka secara ajaib kemudian melebur dalam batu itu dan mengubah wujud bukit batu itu menjadi bentuk yang sekarang ini kita dapat lihat gambarnya.



  • Gunung Berbentuk Wajah Dewa Zeus di Yunani


Ini adalah gunung Yiouktas di Heraklion, Crete, daerah Yunani. Gunung ini mirip dengan wajah Zeuz. Dalam legenda, Dewa Zeus lahir di Crete dan juga meninggal di sana. Mitosnya adalah di gunung itu ia wafat dan menjadi tempat kuburnya. Namun tak ada yang dapat menjelaskan bagaimana wajahnya bisa terpahat dan menempel di gunung itu. Siapakah yang memahatnya, lalu bagaimana caranya? Kamu tentu bisa melihat gambar ini, sebuah keajaiban kalau manusia mampy menghasilkan pahatan wajah Dewa Zeus sebesar ini.

Misteri ini yang belum bisa dijelaskan sampai kini sejak berabad abad lalu.


  • Gunung Mirip Wajah Tersenyum di Junagadh di Gujarat, Negara India

Wajah yang tersenyum ini hanya dapat dilihat dari ketinggian). Gunung ini dikenal sebagai Girnar Hill,  yang terdapat Kuil Bhavnath. Sebenarnya hasil dari gambar luar biasa ini adalah trik fotografi yang membalikkan gambar 90 drajat, maka hasilnya seperti yang anda lihat, luar biasa dan seolah ada wajah tersenyum.

Banyak peziarah Hindu dan Jains berusaha untuk mencapai lima puncak gunung ini yang jika ditotal membutuhkan sekitar 8000 langkah. Legendanya jika dengan mendaki gunung itu bertelanjang kaki, dan mencapai kelima puncak, maka si peziarah kelak akan mendapat tempat di surga.


  • Noname


Sekarang kita tinggalkan tentang legenda, perhatikan wajah gunung dahsyat ini. Formasi Gunung-gunung ini sebenarnya merupakan gunung utuh di mana banyak terdapat pohon firs. Sayangnya fotografer Christopher Fay yang dari Florida, tidak memberikan informasi lengkap mengenai lokasi pemotretan. Apakah kamu mengenalinya, terdapat di manakah ini?


  • Gunung yang ‘Bersungut-sungut’ di Crete, Yunani


Gunung yang unik ini juga berada di Crete, Yunani, sebuah tempat yang kaya akan legenda hebat. Gunung ini mempunyai hidung dan dahi yang anggun. Yang menarik saat salju turun, wajah gunung ini pun akan ‘berubah’ seperti orang yang  bersungut-sungut, agak merengut, seperti orang yang tidak suka.


  • Gunung Batu menyerupai Wajah Raja Lengkap dengan Kumisnya, California


Gunung batu ini adalah salah satu yang terunik di  Amerika Serikat. Bentuknya seperti wajah seorang raja yang lengkap dengan kumisnya. Letaknya berada di King Canyon National Park, California. Terdapat hidung yang sangat besar,  pelupuk mata dan seperti tersapat tiga mata dimana mata ketiganya terletak di atas kumis (yang berwarna hijau, mungkin ini adalah suatu kumpulan pohon yang dari kejauhan terlihat mirip kumis). ‘Raja Canyon’ ini terlihat juga mirip Cyclops.


  • Bucegi Mountains – living legends, Romania


Bucegi ini adalah gunung yang termasuk sangat popular di kalangan para pendaki, terletak  di Romania. Dari bagian utara gunung ini kita dapat melihat keindahan Bucharest. Ada dua bagian gunung ini yang letaknya berada di ketinggian 220 meter, paling disukai oleh para turis (pendaki) yaitu batuan besar yang berbentuk sphinx, memang sepintas mirip wajah manusia. Diduga, bentuk itu terbentuk dari hasil erosi. Bagian yang lain juga unik adalah berbentuk seperti Old Woman (di Romania disebut : Babele).


  • Gunung mirip Wajah orang Bertopi



Gunung batu yang bentuknya aneh ini berlokasi di Rock City, GA. Uniknya adalah pada bagian puncaknya ada bagian batu menjorok dan bentuknya seperti topi yang menutupi separuh wajahnya.


  • Gunung Menyerupai Beruang sedang Melolong di Estes Park, Colorado, AS


Nah, kali ini adalah bentuk gunung yang terdapat di Estes Park Colorado AS, berbentuk mirip beruang yang sedang melolong. Apakah iya?


  • Wajah Manusia di Gunung Aoraki Mt. Cook, New Zealand


Mungkin suatu kebetulan atau intepretasi pada foto. Seorang pengunjung yang bernama Geoff Olsen, mengambil foto gunung ini dan terkejut saat mendapati foto tersebut terlihat mirip seperti wajah manusia di gunung.


  • Gunung Batu ‘Sejuta Wajah’ di Mount Rushmore National Memorial, AS


Mungkin anda sudah sering melihat gambar ini, adalah gunung batu yang mewakili ‘sejarah amerika’. Di sana ada sejumlah wajah founding father Amerika dibentuk. Berada di Keystone, South Dakota. Ukiran patung para tokoh Amerika ini dibuat oleh Gutzon Borgium, seorang seniman patung pada bukit granit pada tahun 1867-1941. Patung-patung ini merupakan ‘catatan sejarah Amerika’ pada 150 tahun pertama. Tingginya masing-masing kepala patung sekitar 18 meter.


  • Mount Everest


Mungkin ini hanya interpretasi terhadap foto, akantetapi gunung tertinggi di dunia ini pun dari kejauhan juga mirip wajah manusia. Terkesan mengada-ngada. Tapi coba saja perhatikan gambar ini dan ‘mainkan’  sedikit imajinasimu, bagaimanalah???

Letusan Kelud
Bagaimana dengan yang terakhir ini?
Yaitu wajah yang katanya mirip kepala iblis di awan hasil letusan gunung kelud. Anda yang menilai!

Itulah 15 wajah gunung yang mirip dengan wajah manusia. Yuk follow instagram kami, kalau kamu mau berbagi foto - foto pendakianmu di @mountnesia

Penulis :
@mountnesia

Sumber dan refrensi
instagram.com
palingseru.com
wikipedia.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

52 Tanaman Liar Yang Bisa Dimakan di Hutan

Berikut adalah 52 jenis tanaman liar yang bisa dimakan ketika tersesat di hutan atau pendakian gunung untuk bertahan hidup. Sangat penting mengetahui tentang tanaman liar sebelum mengkonsumsinya. Dikutip dari wakingtimes.com, ada beberapa jenis tanaman yang bisa kita makan di hutan. Kita semua tahu mana sayuran dan buah-buahan yang aman untuk makan, tapi bagaimana dengan tumbuhan liar lainnya? Jika Anda tersesat, mungkin tanaman liar ini bisa dijadikan makanan untuk survival Anda : 1. Blackberry - Rubus fruticosus Banyak buah liar yang tidak aman dikonsumsi, yang terbaik adalah untuk menjauh dari mereka. Tapi blackberry liar adalah 100% aman untuk dimakan dan mudah untuk dikenali. Mereka memiliki cabang merah yang memiliki duri panjang yang mirip dengan mawar, daun hijaunya yang lebar dan bergerigi. Gampang ditemukan pada musim semi saat bunga putih mekar, mereka berkerumun di sekitar semak-semak. Buah matang sekitar Agustus sampai September. 2. Dandelion Yang paling

Kisah Mistis Pendakian Argapura Part 2

Part 2 : Langkah Kaki dan Suara Wanita Misterius di Gunung Argopuro Baca dari part 1 biar lebih lengkap, klik disini Hari Jumat pagi, kami bersiap sarapan dan packing untuk melanjutkan perjalanan. Pagi harinya kami dihibur dengan obrolan santai yang kocak dari guyonan para mahasiswa Jogjakarta. Ditengah obrolan, Irfan lalu menanyakan siapa yang keluar tenda malam-malam. "Jam segitu siapa yang keluar malam-malam ya," tanya si Irfan. "Kalau kami sudah tidur mas," ucap Andi sembari memakan sarapan mie gorengnya. "Iya mas, ngapain malam-malam gitu kami keluar tenda, dingin tau," sahut Kaka, pendaki dari Depok. "Lah, terus siapa dong yang jalan malem-malem diluar tenda? mas dari Surabaya kali ya," tanya irfan lagi. "Gak ah, kami tidur pulas semalaman," ujar si Soni. "Yaudahlah, gak usah dibahas lagi. Habis ini kita langsung packing ya. Karena kita akan menginap di Taman Hidup Argapura. Jangan sampai kita kemaleman d

Kisah Mistis Pendakian Gunung Argopuro Via Baderan

Berikut ini adalah Kisah Mistis Pendakian Gunung Argopuro Via Jalur Baderan Saya (Ryu) dan kedua teman saya, Dian dan Soni yang berangkat dari Surabaya ke Probolinggo pada Selasa malam dan sampai di pendakian jalur pos Baderan sekitar pukul 07.00 WIB. Karena saya sedang ada tugas kantor untuk mencari tahu tentang sejarah Gunung Argopuro dan Dewi Rengganis, jadi ketika sebelum melakukan pendakian, saya dan Dian singgah ke rumah tokoh masyarakat yang ada disana (nanti akan diceritakan tentang sejarah Gunung Argopuro dan Dewi Rengganis dari buku lama sesepuh). Sekira pukul 10.00 WIB, kami bertiga kemudian memulai pendakian dari jalur Baderan. Saat di pos Baderan, kami bertemu dengan sepasang kekasih yang merupakan mahasiswa dari Semarang, karena mereka baru perdana melakukan pendakian ke gunung argopuro, jadi mereka ikut barengan mendaki bersama dengan kami. Ditengah perjalanan, kami bertemu dengan satu tim lagi, yaitu mahasiswa berasal dari Jogjakarta. Lima orang mahasiswa jogja