Langsung ke konten utama

Berjualan Di Puncak Gunung Lawu Mbok Yem Bisa Punya Rumah Mewah

Foto bersama Mbok Yem, Penghuni Legendaris Gunung Lawu

Mbok Yem adalah penjual dan sekaligus penghuni gunung Lawu yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur yang mempunyai ketinggian gunung 3.265 mdpl. Mbok yem mempunyai nama asli yaitu Wakiyem. Beliau telah tinggal atau menetap di Gunung Lawu sejak dari tahun 1980-an.



Tempat tinggal mbok yem bukanlah bangunan mewah yang berada dilereng ataupun kaki gunung lawu, melainkan Ia tinggal di sebuah pondok / gubug / warung yang terletak beberapa meter dari Puncak Hargo Dumilah, adalah Puncak tertinggi Gunung Lawu. Di gubug yang cukup luas bisa menampung 100 pendaki lebih itu, Mbok Yem juga berjualan makanan dan minuman bagi  para pendaki gunung lawu. Karena gunung lawu bukan hanya untuk pendaki saja, tetapi juga cukup banyak peziarah yang mendaki untuk ziarah dan sering mampir kesana.



Menurut Mbok Yem yang dituturkan kepada wartawan TravelTribun.com, Ia telah menetap di Gunung Lawu dan jualan pecel, gorengan dan minuman sejak tahun 80-an, saat beliau ditemui di Pondoknya di Gunung Lawu. Walaupun kondisinya yang kini sudah tidak fit seperti dulu lagi, tetapi Mbok Yem masih bisa menjawab pertanyaan yang diajukan wartawan TravelTribun.com, walaupun terkadang juga terdengar ketus. Hanya saja pada waktu ditanya usinya berapa, Mbok Yem harus berpikir keras.



Gunung lawu yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur ini memang menyediakan semuanya dan menjadi ladang mengais rezeki bagi Mbok Yem dan beberapa pedagang lainnya yang mengikuti jejak beliau untuk berjualan di pos - pos pendakian lawu via Cemoro Sewu. Untuk penghasilan sendiri Mbo Yem sekarang telah mempunyai rumah mewah yang berada di Kecamatan poncol, Kabupaten Magetan.



Berikut tutur beliau, “Orang mengira saya hanya punya gubuk reyot ini. Tapi dibawah (Kecamatan Poncol, Magetan) saya punya rumah mewah. Semua itu adalah dari hasil jualan dagangan di sini”



Setelah beliau ditinggal suaminya meninggal, Mbok Yem berusaha keras dan akhirnya telah sukses menjadi Ibu bagi empat orang anaknya. Anak - anaknya juga telah sukses menjadi "Wong" atau istilahnya menjadi orang tetpandang. Salah satu anak mbok yem telah ada yang jadi lurah di daerah Gresik dan serta dua anak Mbok Yem yang lainnya telah menjadi pengusaha di Boyolali dan Solo. Sementara anaknya yang satunya, Saelan memilih menemani Mbok Yem berdagang di Gunung Lawu,



Anak-anak Mbok Yem yang sekarang sudah pada menjadi orang semua itu adalah berkat usaha dan doa dari Mbok Yem. Bahkan anaknya Saelan (cucu Mbok Yem, sudah ada yang manjadi seorang sarjana). Total cucu dari Mbok Yem, beliau mempunyai 12 cucu.


Ternyata, Mbok Yem ini memang benar-benar berdomisili atau tinggal mrnetap di pondoknya / gubug yang berdekatan dengan Puncak Tertinggi  Lawu, yaitu Puncak Hargo Dumilah.

Tentunya ini bukan perkara mudah.

Tutur mbok yem, "Dalam setahun, saya hanya turun gunung tiga kali. Saat Idulfitri dan ada keluarga yang sedang punya hajat atau hari-hari besar. Biasanya kalau turun gunung paling lama cuma sepuluh hari,"

Gunung Lawu memang menyediakan semuanya dan telah menjadi ladang mengais rezeki untuk Mbok Yem.

Berapa penghasilan warung Mbok Yem?
Walaupun dibilang harga makanan di warung mbok yem ini yang cukup terjangkau, penghasilan dari hasil jualan dagangan di dekat puncak gunung Lawu yang dilakukan oleh Mbok Yem ini pastinya sangat besar. Kita patut salut dan menjadikan ini sebagai inspirasi kita untuk berusaha. Usaha keras akan menghasilkan hasil yang besar, seperti yang dilakukan Mbok Yem.

Apakah Anda terinspirasi dengan Mbok Yem?

Jangan lupa Share ya!

Sumber :
traveltribun.com
sarangpenyamun.worpress.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

52 Tanaman Liar Yang Bisa Dimakan di Hutan

Berikut adalah 52 jenis tanaman liar yang bisa dimakan ketika tersesat di hutan atau pendakian gunung untuk bertahan hidup. Sangat penting mengetahui tentang tanaman liar sebelum mengkonsumsinya. Dikutip dari wakingtimes.com, ada beberapa jenis tanaman yang bisa kita makan di hutan. Kita semua tahu mana sayuran dan buah-buahan yang aman untuk makan, tapi bagaimana dengan tumbuhan liar lainnya? Jika Anda tersesat, mungkin tanaman liar ini bisa dijadikan makanan untuk survival Anda : 1. Blackberry - Rubus fruticosus Banyak buah liar yang tidak aman dikonsumsi, yang terbaik adalah untuk menjauh dari mereka. Tapi blackberry liar adalah 100% aman untuk dimakan dan mudah untuk dikenali. Mereka memiliki cabang merah yang memiliki duri panjang yang mirip dengan mawar, daun hijaunya yang lebar dan bergerigi. Gampang ditemukan pada musim semi saat bunga putih mekar, mereka berkerumun di sekitar semak-semak. Buah matang sekitar Agustus sampai September. 2. Dandelion Yang paling

Kisah Mistis Pendakian Argapura Part 2

Part 2 : Langkah Kaki dan Suara Wanita Misterius di Gunung Argopuro Baca dari part 1 biar lebih lengkap, klik disini Hari Jumat pagi, kami bersiap sarapan dan packing untuk melanjutkan perjalanan. Pagi harinya kami dihibur dengan obrolan santai yang kocak dari guyonan para mahasiswa Jogjakarta. Ditengah obrolan, Irfan lalu menanyakan siapa yang keluar tenda malam-malam. "Jam segitu siapa yang keluar malam-malam ya," tanya si Irfan. "Kalau kami sudah tidur mas," ucap Andi sembari memakan sarapan mie gorengnya. "Iya mas, ngapain malam-malam gitu kami keluar tenda, dingin tau," sahut Kaka, pendaki dari Depok. "Lah, terus siapa dong yang jalan malem-malem diluar tenda? mas dari Surabaya kali ya," tanya irfan lagi. "Gak ah, kami tidur pulas semalaman," ujar si Soni. "Yaudahlah, gak usah dibahas lagi. Habis ini kita langsung packing ya. Karena kita akan menginap di Taman Hidup Argapura. Jangan sampai kita kemaleman d

Apa itu Radang Dingin (Frosbite)? Bagaimana Penanganan dan Pencegahannya?

Frostbite adalah termasuk penyakit yang bisa kita temukan ketika berada di pada suhu rendah. Penyakit ini kadang akan menjangkit para pendaki gunung. Frost bite sendiri ialah suatu gangguan yang disebabkan akibat  paparan dingin yang mengenai bagian anggota tubuh dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal ini akan menyebabkan aliran darah, cairan tubuh dan juga nutrisi serta oksigen terganggu. Hal itu akan menyebabkan kematian pada jaringan. Untuk anggota tubuh yang sering terkena ialah pada bagian yang mempunyai sedikit lapisan lemaknya seperti nagian jari tangan dan kaki, cuping telinga, hidung. Penyakit frost bite ini dibagi menjadi dua berdasar tingkat keparahannya.  Untuk stadium awal akan lumayan parah, dan pada stadium lanjut yang artinya sangat parah. Ciri-cirinya dari frost bite ini sebagai berikut: 1. Pada stadium awal Korban akan merasakan anggota tubuh seperti  (bisa jari tangan, atau kaki, hidung, telinga) terasa nyeri seperti ditusuk - tusuk oleh jarum, dan kad