Langsung ke konten utama

Inilah Pesona 7 Puncak Gunung Indonesia


Menghabiskan malam liburan atau tahun baru dengan mendaki gunung merupakan kegiatan yang anti-mainstream. Dari puncak gunung inilah Anda dapat melihat matahari terbit yang sangat memesona. Pegunungan di Indonesia adalah pegunungan yang sangat eksotis. Beberapa diantaranya memiliki keunikannya masing-masing.

Pegunungan di Indonesia adalah termasuk pegunungan yang masuk dalam sirkum Mediterania dan sirkum Pasifik. Kedua sirkum tersebut dinamai dengan nama Ring of Fire. Pegunungan yang termasuk sirkum Mediterania di Indonesia contohnya adalah seperti Gunung Kerinci, Gunung Leuseur, dan Gunung Krakatau, karena termasuk dalam busur vulkanik.


Beberapa gunung di Indonesia memang masih banyak yang aktif dan agak berbahaya. Terutama yang berada di Sumatera dan Jawa hingga sampai ke Nusa Tenggara. Namun demikian, tetap saja gunung vulkanis ini mempunyai sebuah pesona yang indah bagi para pecinta alam.

Berikut ulasan dari reservasi.com tentang tujuh gunung di Indonesia yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan asing dan domestik.


1. Gunung Rinjani

Anak gunung Rinjani yang meletus baru - baru ini sempat membuat penerbangan menuju Bali, Lombok, dan Banyuwangi tertunda akibat sebaran abunya yang tertiup angin. Gunung Rinjani berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Mempunyai ketinggian 3.726 mdpl yang menjadikan Rinjani sebagai gunung ke 6 tertinggi di Indonesia. Statusnya sebagai gunung vulkanis tidak membuat para pecinta alam berhenti untuk mendaki dan menikmati pemandangan dari puncak gunung Rinjani. Gunung Rinjani ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.000 hektar. Keistimewaan dari gunung ini adalah keberadaan Danau Segara Anak yang mempesona. Untuk menuju kesana, anda dapat turun di Bandara Lombok Praya kemudian melanjutkan perjalanan lewat darat menuju Gunung Rinjani. Banyak tiket murah pesawat yang ditawarkan saat low season ke Lombok.



2. Gunung Semeru


Gunung Semeru adalah gunung yang dinobatkan sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa mempunyai ketinggian 3.676 mdpl.

Urutan nasionalnya berada di bawah gunung Rinjani. Namun puncak Mahameru, Semeru adalah puncak gunung tertinggi di pulau Jawa. Gunung Semeru ini terletak di kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Gunung ini masih termasuk dalam wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Di sinilah kalian dapat melihat keindahan danau Ranu Kumbolo dan padang savana oro - oro ombo. Untuk penerbangan menuju kesana, Anda bisa turun di Bandara Internasional Juanda Surabaya, kemudian melanjutkan dengan menyewa mobil (biasanya dengan jeep) menuju titik pendakian di kaki Gunung Semeru.


3. Gunung Bromo

Untuk masalah tiket menjadi problem besar bagi pariwisata Gunung Bromo.

Gunung yang berketinggian 2.329 mdpl ini sangat lekat dengan kehidupan adat penduduk Tengger di Jawa Timur. Bagi mereka, Gunung Bromo ini adalah tempat suci yang dijadikan tempat ritual. Tradisi ini yang menjadi salah satu tujuan wisata Gunung Bromo, melihat tradisi masyarakat Tengger yang masih memegang teguh kepercayaan nenek moyangnya. Tidak berberbeda jauh dengan Gunung Semeru, untuk menuju ke Gunung Bromo akses Bandara paling dekat berada di Bandara Internasional Juanda Surabaya.


4. Gunung Ijen

Keindahan fenomena api biru di Kawah Ijen. Foto oleh: Ahmad Ibo.

Gunung Ijen ini berada diantara Banyuwangi dan Bondowoso, Jawa Timur ini memiliki sebuah kawah yang berwarna biru atau populer dikenal dengan blue fire. Gunung Ijen masuk kedalam Cagar Alam Taman Wisata Ijen, Kabupaten Banyuwangi. Blue fire inilah yang menjadikan Gunung Ijen eksotis karena hanya dimiliki oleh Gunung Ijen dan pegunungan Islandia dari seluruh gunung yang ada di dunia. Anda dapat turun di Bandara Belimbing Sari Banyuwangi kemudian melanjutkan perjalanan menuju pos pertama Gunung Ijen. Perjalanan menuju kawah ini tidak jauh.


5. Gunung Kelimutu


Keindahan gunung yang berada di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur ini adalah adanya tiga buah danau yang memiliki pesona menawan. Pasalnya ketiga danau tersebut memiliki warna air yang berbeda-beda. Masing-masing berwarna merah, biru dan putih. Dan warna tersebut juga dapat berubah-ubah. Dengan ketinggian 1.639 mdpl, gunung Kelimutu ini memiliki beberapa flora dan fauna yang beragam seperti Kesambi, Cemara dan Bunga Abadi. Beberapa fauna yang juga ditemukan berada di sekitar danau seperti babi hutan, rusa, ayam hutan dan elang. Anda bisa turun di Bandara Ende atau Bandara H. Hasan Aroeboesman.


6. Gunung Kerinci

Pendaki akan disuguhkan dengan pemandangan bak negeri di atas awan saat berada di puncak Gunung Kerinci.

Gunung kerinci memiliki ketinggian 3.805 mdpl yang merupakan gunung tertinggi kelima di Indonesia. Gunung ini terletak di Jambi, Sumatera. Gunung ini adalah gunung merapi tertinggi yang berada di Indonesia. Yang menjadikan gunung ini menarik karena disinilah terdapat beberapa jenis pohon mahoni dan bunya raksasa raflesia Arnoldi. Berbagai jenis fauna khas Sumatera masih banyak terdapat di sekitar Taman Nasional Kerinci.

Beberapa fauna khas Sumatera juga bisa ditemukan di Taman Nasional Kerinci seperti gajah, badak sumatera, harimau, beruang madu, dan macan tutul. Menariknya adalah adanya berbagai jenis burung sekitar 140 jenis burung tinggal di Taman Nasional Kerinci. Bahkan beberapa primata juga diketahui masih mendiami Taman Nasional Kerinci. Menarik dan eksotis dengan kekayaan flora dan faunanya. Untuk menuju kesana Anda bisa turun di Bandara Internasional Minangkabau di Sumatera Barat, kemudian melanjutkan perjalanan darat menuju Gunung Kerinci.


7. Dataran Tinggi Dieng

Suasana Gunung Prau ramai oleh pendaki yang ingin merayakan HUT RI 70 di puncak Gunung ini

Meskipun bukan termasuk bagian dari gunung tetapi dataran tinggi Dieng ini adalah tempat yang paling menarik untuk melihat keindahan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Dengan ketinggian sekira 2.000 mdpl, dataran Dieng memiliki beberapa kawah aktif yang masuk dalam pemantauan pos pengamatan Dieng. Anda dapat turun di Bandara Adi Sucipto, Yogyakarta atau Bandara Ahmad Yani, Semarang kemudian melanjutkan perjalanan darat ke Dataran Tinggi Dieng.

Itulah keunikan dan pesona 7 gunung di Indonesia yang paling sering dikunjungi wisatawan.

Sumber: Reservasi.com


Komentar

Postingan populer dari blog ini

52 Tanaman Liar Yang Bisa Dimakan di Hutan

Berikut adalah 52 jenis tanaman liar yang bisa dimakan ketika tersesat di hutan atau pendakian gunung untuk bertahan hidup. Sangat penting mengetahui tentang tanaman liar sebelum mengkonsumsinya. Dikutip dari wakingtimes.com, ada beberapa jenis tanaman yang bisa kita makan di hutan. Kita semua tahu mana sayuran dan buah-buahan yang aman untuk makan, tapi bagaimana dengan tumbuhan liar lainnya? Jika Anda tersesat, mungkin tanaman liar ini bisa dijadikan makanan untuk survival Anda : 1. Blackberry - Rubus fruticosus Banyak buah liar yang tidak aman dikonsumsi, yang terbaik adalah untuk menjauh dari mereka. Tapi blackberry liar adalah 100% aman untuk dimakan dan mudah untuk dikenali. Mereka memiliki cabang merah yang memiliki duri panjang yang mirip dengan mawar, daun hijaunya yang lebar dan bergerigi. Gampang ditemukan pada musim semi saat bunga putih mekar, mereka berkerumun di sekitar semak-semak. Buah matang sekitar Agustus sampai September. 2. Dandelion Yang paling

Apa itu Radang Dingin (Frosbite)? Bagaimana Penanganan dan Pencegahannya?

Frostbite adalah termasuk penyakit yang bisa kita temukan ketika berada di pada suhu rendah. Penyakit ini kadang akan menjangkit para pendaki gunung. Frost bite sendiri ialah suatu gangguan yang disebabkan akibat  paparan dingin yang mengenai bagian anggota tubuh dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal ini akan menyebabkan aliran darah, cairan tubuh dan juga nutrisi serta oksigen terganggu. Hal itu akan menyebabkan kematian pada jaringan. Untuk anggota tubuh yang sering terkena ialah pada bagian yang mempunyai sedikit lapisan lemaknya seperti nagian jari tangan dan kaki, cuping telinga, hidung. Penyakit frost bite ini dibagi menjadi dua berdasar tingkat keparahannya.  Untuk stadium awal akan lumayan parah, dan pada stadium lanjut yang artinya sangat parah. Ciri-cirinya dari frost bite ini sebagai berikut: 1. Pada stadium awal Korban akan merasakan anggota tubuh seperti  (bisa jari tangan, atau kaki, hidung, telinga) terasa nyeri seperti ditusuk - tusuk oleh jarum, dan kad

Apa yang harus dilakukan jika Tersesat di Gunung?

Foto oleh @yudapurnawirawan Berikut beberapa tips supaya Anda dapat pulang dengan selamat Jika Anda menghabiskan banyak waktu untuk melakukan pendakian di gunung, kemungkinan Anda akhirnya akan tersesat juga. Ini juga terjadi bahkan untuk para pendaki berpengalaman. Salah satu kunci untuk kelangsungan hidup Anda adalah dengan membuat rencana pendakian yang matang dan memberitahukan rencana pendakian anda kepada seseorang. "Sudah lama sejak aku tersesat," kata Tim Glover, seorang ahli pendakian yang menghabiskan lebih dari 20 tahun untuk hiking di pegunungan Virginia dan North Carolina. "Saya merencanakan ke depan dan benar-benar memeriksa jejak peta sebelum aku pergi. Saya selalu memberitahu seseorang di mana aku akan pergi mendaki dan hari dimana saya kembali turun pendakian. " Jika Anda tidak kembali tepat waktu, Glover menjelaskan, teman atau anggota keluarga Anda akan tahu dan melaporkan ke pihak berwajib untuk memberi peringatan dan memulai misi pen