Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Januari, 2017

Sumber Air Pos 7 Gunung Latimojong

Apa yang kamu pikirkan tentang foto tersebut? Apakah itu Gupak Menjangan yang ada di gunung Lawu via Candi Cetho? Bukan. Apakah Tegal Alun di gunung Papandayan? Itu juga bukan Foto diatas adalah sebuah tempat ketika menuju puncak Rante Mario gunung Latimojong Saya memang beruntung di pendakian kali ini. Selain karena ini adalah pendakian terjauh yang pernah saya lakukan selama ini, saya juga menemukan hal - hal baru di pendakian gunung ini. Ada lumut yang bisa di minum (diusahakan sebaiknya disaring dulu ya?), hutan lumut yang cakepnya minta ampun, disana bisa ketemu hujan es, dapet cerah wl sedikit di puncak dan saya bertemu orang - orang asing yang sekarang malah jadi Saudara Beruntungnya lagi saya disana bisa ketemu dengan genangan air bagaikan telaga ini disana😋 Memang, sekilas bentuk sumber atau genangan air itu mirip dengan sumber air di gunung papandayan dan lawu via cetho. Tapi ya beda dong. Kalian bisa mencobanya kesana sewaktu musim hujan atau mendekati kemarau

Seven Summits Indonesia bersama Partner Pendakian

Sejak pertama kali dicetuskan, seven summits Indonesia selalu menjadi impian para pendaki gunung di Indonesia Berangkat dari sebuah mimpi untuk melihat keindahan Indonesia lebih dekat dari puncak" tertinggi di setiap pulau adalah cita-cita banyak pendaki. Upaya mencapai tujuh puncak tersebut bukan suatu hal yang mudah, banyak tantangan yang harus dihadapi di sepanjang jalan untuk menuju kesana. Butuh semangat, keberanian, tekat perjuangan, dan doa dalam setiap perjalanannya Ini adalah first 7 summits kita di puncak tertinggi pulau Borneo Sulawesi yaitu gunung Latimojong dengan puncak Rante Mario. Gunung latimojong ini bukan gunung berapi yang memiliki ketinggian 3478 mdpl, lokasinya berada di kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan Semoga cita-cita menjejaki puncak" tertinggi pulau Indonesia selanjutnya diberi kemudahan dan menjadi cita-cita kita bersama. "Menjejakkan kaki dan mngibarkan merah putih  di puncak tertinggi mungkin hanya sepenggal kisah petualangan di

Kawah dan Sabana di Bagian dalam Gunung Sumbing

Penasaran dengan isi cekungan Gunung Sumbing? Foto di atas adalah salah satu spot yang kamu dapatkan jika berada di dalam cekungan Gn. Sumbing, yakni sabana, lainnya adalah makam / petilasan, kawah, segoro wedi / segoro banjaran. Masih ada lainnya lagi? Nanjak kesana dan cari tau sendiri :) Mt. Sumbing berketinggian 3371 mdpl, Gunung api Strato type A Letusan gunung Sumbing yang ada dalam sejarah hanya tercatat satu kali yaitu tahun 1730 yang terjadi di kawah puncak, dimana terbentuk kubah lava dengan aliran lava ke arah bibir kawah terendah diperkirakan terjadi pada tahun tersebut (Junghuhn, 1853 dan Traverne, 1926) Daerah puncak Gunung Sumbing berketinggian antara 3260-3571m dpl. Kawahnya bergaris tengah lebih kurang 800m, berbentuk lonjong menyerupai bentuk tapal kuda yang terbuka ke arah timur laut. Kedalaman kawah lebih kurang 100-150m. Pematang atau bibir kawah yang menyerupai bentuk tapal kuda ini mengapit kubah lava selebar 450m yang membujur dan menurun ke arah timu

Puncak Bendera Gunung Raung

Puncak Bendera Gunung Raung, Jawa Timur Diatas puncak bendera gn.Raung Salah satu moment Shalat subuh berjamaah yang tidak terlupakan juga nih,. Agak sedikit terlambat karena cuaca dan susahnya cari kontur tanah yang pas ketika summit attack. Kebetulan dapet Foto dari @anakikanhiu ohya jangan salah paham dia ga ikut shalat karena memiliki keyakinan berbeda. Banyak orang meninggalkan shalat dan tidak merasa apapun. Seolah shalat adalah sebuah pilihan untuknya, padahal wow salah besar bro, kita TIDAK PUNYA pilihan lain selain melaksanakan shalat. Itu adalah sebuah kewajiban BUKAN PILIHAN. Mau tidak mau harus di lakukan. Ga ada pilihan lain. Dan selama ini banyak yang bertingkah seolah mereka punya pilihan lain selain melaksnakannya? Guru kita sering bilang Allahswt tidak membutuhkan ibadah kita tapi ibadah itu untuk diri kita sendiri. Saya juga bingung dulu apa benar saya membutuhkan yang ibadah itu sendiri? Masalah terbesarnya adalah kita merasa tidak membutuhkan ibadah itu sen

7 Gunung Tertinggi di Asia, Everest Salah satunya

Asia memiliki beberapa gunung dengan puncak tertinggi di dunia salah satunya adalah Gunung Everest. Berikut ini adalah daftar 7 gunung tertinggi di Asia yang harus diketahui terutama bagi para pendaki -Gunung Everest Berketinggian sekitar 8.848 mdpl, sampai saat ini menduduki urutan pertama di dunia untuk kategori gunung dengan puncak tertinggi jika diukur dari permukaan laut. Ujung puncaknya merupakan tanda perbatasan antara Nepal dan Tibet. Puncak gunung ini ada di Tibet. Didaki pertama kali oleh Edmund Hillary dan Tenzing Norgay, 29 Mei 1953 -Gunung K2 Gn. tertinggi ke-2 setelah Everest, berketinggian 8,611 mdpl. Berada di bagian Karakoram dari pegunungan Himalaya tepatnya diantara Negara Pakistan & Tiongkok. Katanya, Gn. K2 jauh lebih sulit didaki daripada Gn. Everest karena cuaca dipuncaknya sangat buruk. Tahun 2004 pernah ada kejadian dari para pendaki yang berhasil sampai puncak hanya 246 orang & sekitar 56 orang meninggal saat mendaki. Pendaki pertama yaitu Lin

Cerita Mistis Pendakian Merbabu via Suwanting

Pengalaman waktu nanjak merbabu lewat suwanting. Malam tahun baru 2017 gak ada tmn yang bisa di ajak nanjak bareng, terpaksa deh naik sendirian dari semarang. Waktu itu aku nanjak jam 17.15, keadaan udah mendung banget dan sampai di warung pojok udah grimis. Kabut mulai turun n ane berhnti buat make jas ujan. Waktu lewat lembah gosong sampe lembah manding ane biasa2 aja walaupun ada takut2 dkit. Soalnya yang ane denger dari temen2 jalur situ angker banget. Pernah temen ane di liatin banaspati  n kuntilanak. Ane sengaja sendiri walaupun kadang ada rombongan yg ngedahuluin ane krn ane gak mw jadi beban buat mereka. Nah setelah sampai di Lembah manding, kok firasat ane gak enak. Kayak ada yang nyuruh jangan lewat situ sendiri, dan berharap ada rombongan yang nyusul. Gak lama ada rombongan dari boyolali lewat, yaudah ane barengin aja. Kondisi tanah yang licin n nanjak trus bikin capek kan apa lagi buat yang cewe2. Ane di belakang sendiri ama 2 orang yang tasnya kayak kulkas gitu. N

Pendaki Tersesat di Gunung Batukaru

Gunung Batukaru Lima orang pendaki yang saat ini belum diketahui identitasnya mengalami kelelahan dan tersesat saat mendaki Gunung Batukaru, Tabanan, Jumat (13/1/2017) dini hari Dari informasi yang telah dihimpun, kelima orang itu melakukan pendakian sekaligus persembahyangan. Anggota Basarnas Bali, Tama, menyebutkan saat ini masih sedang melakukan pencarian dari kelima orang tersebut. "Para pendaki yang tersesat masih bisa dihubungi melalui telepon. Informasinya mereka mulai kehabisan air," kata Tama Diketahui kelima pendaki itu mendaki Gunung Batukaru melalui jalur pendakian via Penebel tepatnya lewat Desa Mengesta. Tama memperkirakan menjelang pagi kelima pendaki sudah bisa dievakuasi Tentang Gunung Batukaru, diambil dari berbagai sumber. Gunung Batukaru adalah gunung tertinggi kedua di Bali berketinggian 2.276 mdpl. Hutan terakhir di Pulau Bali, beberapa orang mempunyai pengharapan besar atas gunung ini. Merupakan titik tertinggi kawasan kaldera purba B

Instagram Pendaki Gunung Indonesia

Berikut ini adalah instagram pendaki gunung indonesia yang sering update tentang info - info terbaru mengenai pendakian Lambang  resmi  @mountnesia @mountnesia  adalah sebuah komunitas pendaki gunung indonesia yang aktif dan ramai di instagram dan twitter untuk berbagi info seputar jalur pendakian gunung yang ada di Indonesia. Selain memberikan info,  @mountnesia  juga sering memberikan tips - tips seputar pendakian, pengetahuan tentang jalur pendakian dan keadannya ataupun sekedar cerita humor dan mistis yang ada di pendakian. Selain itu, para followernya juga diberikan kesempatan untuk memberi informasi yang berguna mengenai jalur pendakian dengan memberikan hastag #mountnesia supaya gampang ditemukan. @mountnesia  juga sering me-repost postingan foto followernya dan diutamakan yang menggunakan hastag #mountnesia untuk foto dan atau memakai hastag #mountnesiaVIDEO untuk video perjalanan pendakian. Tidak hanya seperti hal - hal diatas,  @mountnesia  juga memberikan info

Buah Arbei Hutan, Makanan Alternatif Pendaki Gunung

Buah yang satu ini arbei hutan (Rubus sp) banyak tumbuh di sepanjang perjalanan menemani menuju puncak Gn. Cikuray, bahkan di puncak pun banyak jg nih gengs!!! katanya sih bagus buat sariawan, daun nya pun bisa buat untuk obat diare. Umumnya, arbei hutan biasa dimanfaatkan oleh para pendaki gunung karena habitat tanaman ini adalah di daerah pegunungan dengan ketinggian 1000 – 2500 mdpl Rasanya agak-agak masam tetapi lumayanlah sekedar sebagai camilan saat main dipinggiran hutan atau dipinggiran tegalan. Biasanya anak - anak kecil yang hidupnya di lereng gunung sering menggunakan buah ini untuk mainan ataupun dimakan bersama - sama temannya. Lokasi foto diatas : Mt. Cikuray via Cikajang Kontribusi dari @rismasundani Terimakasih sudah berbagi.  Buat kamu yang ingin berkontribusi, follow dan gunakan #mountnesia untuk foto, dan #mountnesiaVIDEO untuk video perjalananmu. Kasih caption yang informatif dan bermanfaat ya :). Salam lestari! Instagram @mountnesia