Langsung ke konten utama

Indahnya Malam di Gunung Putri, Lembang


Wisata Alam, Camping dan yang paling Favorit di Bandung , Wisata Gunung Putri Lembang
Inilah tempat wanawisat yang kian hari kian digemari para pendaki gunung dan penjelajah alam. Namanya juga semakin ngehits dengan banyaknya yang posting di media sosial terutama instagram.

Bagaimana akses rute menuju gunung putri?

Tempat wisata yang selain menyajikan suasana dan pemandangan alam di ketinggian ini juga aksesnya terbilang lumayan mudah untuk dijangkau. Untuk menuju puncak tertinggi tak perlu ekstra tenaga, dimana untuk mencapai puncaknya hanya diperlukan lama perjalanan hanya kurang dari setengah jam saja loh.

Maka tak heran kalau tak sedikit kaum muda yang datang ke tempat ini touring menggunakan motor ataupun juga ada yang sengaja menggunakan motor trail untuk menerabas perbukitan. Untuk jalur offroad sendiri juga tentunya terpisah dengan area kemping sehingga tidak akan mengganggu pengunjung lain. L

Sajian Wisata Alam yang ada di Gunung Putri
Gunung Putri atau yang dikenal dengan Geger Bintang Matahari karena terkenal dengan keindahan gemerlap lampu malam bagaikan bintang ini memiliki ketinggian 1.587 mdpl.

Tempat wisata ini sangatlah cocok dugunakan untuk berkemah ria dan menjadi area pandang untuk melihat gemerlap kota Bandung dari ketinggian. Di titik tertinggi di Gunung Putri, pengunjung bisa melihat Gunung Bukit Tunggul yang menjulang di bagian timur. Terlihat pula gunung Manglayang, Gede Pangrango, gn. Ciremai, gn. Cikurai, Gunung Tilu. Juga terlihat pemandangan Gunung Rakutak yang terlihat samar di selatan. Sementara di Barat, Gunung Tangkubanparahu terlihat gagah bersebelahan dengan Gunung Burangrang.

Spot berfoto paling bagus
Bagi yang senang memotret, panorama alam Lembang yang terlihat dari ketinggian bisa diabadikan. Pengunjung bisa memotret keindahan alam pegunungan Bandung utara; juga bisa menyaksikan dan berfoto ria dengan keindahan terbit matahari; menikmati keindahan bintang-bintang yang bertaburan pada malam hari.

Spot yang pas untuk menyaksikan taburan bintang di malam hari juga bisa di Puncak Tugu yang merupakan titik tertinggi di kawasan Gunung Putri. Berwisata di ketinggian Gunung Putri sangat cocok kalau dinikmati bersama bareng keluarga, sahabat dan teman-teman.

Segi Keamanan
Untuk keamanan dan kenyamanan, para pemuda Karang Taruna yang ada disana  siap menjaga pengunjung secara bergiliran.

Buat kamu yang mau menyepi sejenak, sambil menikmati kopi atau teh hangat di depan tenda, juga bisa menyaksikan keindahan hamparan Bandung yang ada di bawah. Bagi yang ingin sekedar jalan-jalan sambil belajar memotret, di sebelah utara Gunung Putri terhampar luas hutan pinus dengan pohon-pohonnya yang berbentuk unik seperti bengkokan bahkan melengkung.

Pengunjungnya juga dapat bersantai dengan menggunakan tempat tidur gantung (hammock). Spot lainnya, ada pula benteng peninggalan Belanda yang dibangun pada 1913.

Jalur dan rute menuju Gunung Putri
1. Memakai kendaraan Pribadi
Bila menggunakan kendaraan pribadi, bisa melalui:
□ Jalur Jalan Setiabudhi (Ledeng) - Lembang - Gunung Putri
□ Jalur Ciumbuleuit - Punclut - Lembang - Gunung Putri
□ Jalur Dago - kiri ke arah Punclut - Cijeruk- Lembang - Gunung Putri
Dari perempetana Alun-alun Lembang/Pasar Lembang ambil kiri ke arah Gunung Tangkuban Parahu. Perjalanan tidak jauh, hanya sekitar 2,5 km melewati Hotel Panorama Lembang dan Grand Paradise Hotel, setelah belokan, di sebelah kiri sebelum jalan menukik/Hotel Puteri Gunung, lihat di kiri ada Jalan Gunung Putri kemudian masuk Kampung Gunung Putri, Lembang. Untuk yang bawa kendaraan pribadi bisa memarkirnya di pos penjagaan/pos tiket.

2. Dengan Naik Angkutan Umum
Bagi yang tidak bawa kendaraan bisa naik angkot/DAMRI. Bila dari Terminal Cicaheum naik angkot Cicaheum-Ledeng dan dari Leuwipanjang bisa naik bus DAMRI Leuwipanjang - Ledeng. Dari Ledeng naik angkot Stasiun - Lembang / Ciroyom Lembang / bus umum ke Subang/Indramayu. Jika berhentai di Lembang, lanjut naik angkot Lembang - Cikole (warna kuning) atau bisa naik ojek.

Harga Tiket masuk /Retribusi Gunung Putri Lembang
□ Tiket masuk: Rp7.500
□ Retribusi berkemah: Rp17.500
* Harga bisa berubah sewaku-waktu


Bandung not just a city.
It's a home,
It's a story,
It's a history.
This is bandung 😍😍
.
Photo credit by @orie.ceria
Loc : Gn. Putri, Lembang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

52 Tanaman Liar Yang Bisa Dimakan di Hutan

Berikut adalah 52 jenis tanaman liar yang bisa dimakan ketika tersesat di hutan atau pendakian gunung untuk bertahan hidup. Sangat penting mengetahui tentang tanaman liar sebelum mengkonsumsinya. Dikutip dari wakingtimes.com, ada beberapa jenis tanaman yang bisa kita makan di hutan. Kita semua tahu mana sayuran dan buah-buahan yang aman untuk makan, tapi bagaimana dengan tumbuhan liar lainnya? Jika Anda tersesat, mungkin tanaman liar ini bisa dijadikan makanan untuk survival Anda : 1. Blackberry - Rubus fruticosus Banyak buah liar yang tidak aman dikonsumsi, yang terbaik adalah untuk menjauh dari mereka. Tapi blackberry liar adalah 100% aman untuk dimakan dan mudah untuk dikenali. Mereka memiliki cabang merah yang memiliki duri panjang yang mirip dengan mawar, daun hijaunya yang lebar dan bergerigi. Gampang ditemukan pada musim semi saat bunga putih mekar, mereka berkerumun di sekitar semak-semak. Buah matang sekitar Agustus sampai September. 2. Dandelion Yang paling

Apa itu Radang Dingin (Frosbite)? Bagaimana Penanganan dan Pencegahannya?

Frostbite adalah termasuk penyakit yang bisa kita temukan ketika berada di pada suhu rendah. Penyakit ini kadang akan menjangkit para pendaki gunung. Frost bite sendiri ialah suatu gangguan yang disebabkan akibat  paparan dingin yang mengenai bagian anggota tubuh dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal ini akan menyebabkan aliran darah, cairan tubuh dan juga nutrisi serta oksigen terganggu. Hal itu akan menyebabkan kematian pada jaringan. Untuk anggota tubuh yang sering terkena ialah pada bagian yang mempunyai sedikit lapisan lemaknya seperti nagian jari tangan dan kaki, cuping telinga, hidung. Penyakit frost bite ini dibagi menjadi dua berdasar tingkat keparahannya.  Untuk stadium awal akan lumayan parah, dan pada stadium lanjut yang artinya sangat parah. Ciri-cirinya dari frost bite ini sebagai berikut: 1. Pada stadium awal Korban akan merasakan anggota tubuh seperti  (bisa jari tangan, atau kaki, hidung, telinga) terasa nyeri seperti ditusuk - tusuk oleh jarum, dan kad

Apa yang harus dilakukan jika Tersesat di Gunung?

Foto oleh @yudapurnawirawan Berikut beberapa tips supaya Anda dapat pulang dengan selamat Jika Anda menghabiskan banyak waktu untuk melakukan pendakian di gunung, kemungkinan Anda akhirnya akan tersesat juga. Ini juga terjadi bahkan untuk para pendaki berpengalaman. Salah satu kunci untuk kelangsungan hidup Anda adalah dengan membuat rencana pendakian yang matang dan memberitahukan rencana pendakian anda kepada seseorang. "Sudah lama sejak aku tersesat," kata Tim Glover, seorang ahli pendakian yang menghabiskan lebih dari 20 tahun untuk hiking di pegunungan Virginia dan North Carolina. "Saya merencanakan ke depan dan benar-benar memeriksa jejak peta sebelum aku pergi. Saya selalu memberitahu seseorang di mana aku akan pergi mendaki dan hari dimana saya kembali turun pendakian. " Jika Anda tidak kembali tepat waktu, Glover menjelaskan, teman atau anggota keluarga Anda akan tahu dan melaporkan ke pihak berwajib untuk memberi peringatan dan memulai misi pen