Langsung ke konten utama

Mendaki ke Gunung Prau Solo Hiking? Jangan Deh!


[SOLO HIKING Mendaki ke Gunung Prau? SAYA RASA TIDAK]
Penulis : @allbahai


.
Awalnya sh @sigitwahyu_pamungkas tiba –tiba  ngajak backpackeran ke timur Jawa, tapi berhubungan saya belum berani (dari segi duit dan waktu) saya menawarkan untuk naik gunung aja, "Prau" karena pengin naik gunung yang santuy banget, tapi pemandangannya subhanallah hehehehe .
Ngajak @smrafly (yang pengin diajak kalo nanjak bulan Agustus) eh ternyata lagi sibuk dia, ngajak @faisulr_ terhalang oleh ijin orang tua, alhamdulillah @dhickyaz mau diajak ikut heheheh

Akhirnya kita bertiga bikin multichat, dan sepakat mau naik tanggal 30 Juli. Saya berangkat dari nangor, @sigitwahyu_pamungkas dari kebumen, @dhickyaz dari jogja


Eh pas h-5 @sigitwahyu_pamungkas tiba2 batal ikut karena ada acara mendadak, sukur nya @dhickyaz katanya ngajak 3 teman nya dari jogja, alhamdulillah lumayan rame

H-1 malem nya langsung caw Wonosobo naik bus budiman 100k dari rancaekek. Eh pas udah mau nyampe Wonosobo @dhickyaz sama temen nya batal ke prau, gara2 ada acara mendadak. Ya udah lah naik sendiri alias "Solo Hiking" aja toh gunung prau insyaallah ngga bakalan sepi kok kecuali pas tutup wkwkwkwk


Jam setengah 4 pagi nyampe di terminal mendolo Wonosobo, langsung caw ke toilet. Pas keluar toilet ada rombongan pendaki juga yang baru nyampe, pas nanya basa basi eh ternyata mereka juga mau nanjak ke prau. Saya pun akhirnya cerita juga perihal temen2 yang pada batal ikut hwehwehwe. Mungkin karena kasian, mereka ngajak saya untuk naik bareng rombongan mereka yang berjumlah 9 orang. Mereka mahasiswa teknik dari mercu buana bekasi (makasih banyak rombongan bang @alfianrmdhnn hehehe)

Akhirnya jam 8 pagi kita caw ke basecamp patak banteng naik minibus 3/4 20k/orang, dan nyampe jam setengah 10 pagi


Sarapan, packing ulang, MCK, registrasi 15k/orang, jam 11 siang kita mulai naik


Karena pengin nanjak santuy, saya memutuskan untuk jalan di rombongan belakang sambil nemenin temen yang lagi kecapean (mungkin badanya kaget, karena pertama kali naik gunung)
Nah, bagi temen2 yang mau naik gunung ada baiknya untuk menyiapkan beberapa hal berikut : pertama fisik biar badan ngga kaget pas naik gunung. Persiapan nya sendiri bisa dengan joging 1 atau 2 minggu sebelum naik gunung. Kedua dana, ya iyalah buat kendaraan, logistik dan temen2nya. Ketiga peralatan, peralatan buat naik gunung yang temen2 kaya sepatu, jaket, sleeping, tenda. Kalo ngga punya bisa rental kok di sekitar basecamp pendakian. Dan terakhir pengetahuan, tentang gunung, track, estimasi, tekhnik survival. Kalo saya pribadi sebelum naik gunung biasanya bakalan cari2 info tentang gunungnya, nyari tau gunung nya buka apa engga, persyaratan di akun ignya (sekarang hampir semua gunung punya akun IG kok), dan nyari tau track lewat vlog di yutub tau blog2 pendakian. Kalo hal2 tersebut udah disiapin, InsyaAllah bakal menurunkan resiko kejadian yang tidak diinginkan


Singkat cerita kita nyampe di puncak jam 3 sore. Sholat, masak2, makan2 minum2, bercanda2, eh ngga kerasa udah jam 10 malem, langsung bobo deh, biar besok bisa bangun buat menikmati sunrise + pemandangan indah khas gunung prau hehehe

Mantaps


Komentar

Postingan populer dari blog ini

52 Tanaman Liar Yang Bisa Dimakan di Hutan

Berikut adalah 52 jenis tanaman liar yang bisa dimakan ketika tersesat di hutan atau pendakian gunung untuk bertahan hidup. Sangat penting mengetahui tentang tanaman liar sebelum mengkonsumsinya. Dikutip dari wakingtimes.com, ada beberapa jenis tanaman yang bisa kita makan di hutan. Kita semua tahu mana sayuran dan buah-buahan yang aman untuk makan, tapi bagaimana dengan tumbuhan liar lainnya? Jika Anda tersesat, mungkin tanaman liar ini bisa dijadikan makanan untuk survival Anda : 1. Blackberry - Rubus fruticosus Banyak buah liar yang tidak aman dikonsumsi, yang terbaik adalah untuk menjauh dari mereka. Tapi blackberry liar adalah 100% aman untuk dimakan dan mudah untuk dikenali. Mereka memiliki cabang merah yang memiliki duri panjang yang mirip dengan mawar, daun hijaunya yang lebar dan bergerigi. Gampang ditemukan pada musim semi saat bunga putih mekar, mereka berkerumun di sekitar semak-semak. Buah matang sekitar Agustus sampai September. 2. Dandelion Yang paling

Apa itu Radang Dingin (Frosbite)? Bagaimana Penanganan dan Pencegahannya?

Frostbite adalah termasuk penyakit yang bisa kita temukan ketika berada di pada suhu rendah. Penyakit ini kadang akan menjangkit para pendaki gunung. Frost bite sendiri ialah suatu gangguan yang disebabkan akibat  paparan dingin yang mengenai bagian anggota tubuh dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal ini akan menyebabkan aliran darah, cairan tubuh dan juga nutrisi serta oksigen terganggu. Hal itu akan menyebabkan kematian pada jaringan. Untuk anggota tubuh yang sering terkena ialah pada bagian yang mempunyai sedikit lapisan lemaknya seperti nagian jari tangan dan kaki, cuping telinga, hidung. Penyakit frost bite ini dibagi menjadi dua berdasar tingkat keparahannya.  Untuk stadium awal akan lumayan parah, dan pada stadium lanjut yang artinya sangat parah. Ciri-cirinya dari frost bite ini sebagai berikut: 1. Pada stadium awal Korban akan merasakan anggota tubuh seperti  (bisa jari tangan, atau kaki, hidung, telinga) terasa nyeri seperti ditusuk - tusuk oleh jarum, dan kad

Apa yang harus dilakukan jika Tersesat di Gunung?

Foto oleh @yudapurnawirawan Berikut beberapa tips supaya Anda dapat pulang dengan selamat Jika Anda menghabiskan banyak waktu untuk melakukan pendakian di gunung, kemungkinan Anda akhirnya akan tersesat juga. Ini juga terjadi bahkan untuk para pendaki berpengalaman. Salah satu kunci untuk kelangsungan hidup Anda adalah dengan membuat rencana pendakian yang matang dan memberitahukan rencana pendakian anda kepada seseorang. "Sudah lama sejak aku tersesat," kata Tim Glover, seorang ahli pendakian yang menghabiskan lebih dari 20 tahun untuk hiking di pegunungan Virginia dan North Carolina. "Saya merencanakan ke depan dan benar-benar memeriksa jejak peta sebelum aku pergi. Saya selalu memberitahu seseorang di mana aku akan pergi mendaki dan hari dimana saya kembali turun pendakian. " Jika Anda tidak kembali tepat waktu, Glover menjelaskan, teman atau anggota keluarga Anda akan tahu dan melaporkan ke pihak berwajib untuk memberi peringatan dan memulai misi pen