Langsung ke konten utama

Telaga Sarangan, Pesona di Balik Gunung Lawu

foto : Pesona Indonesia

Pernah ke Telaga sarangan guys? Berapa ya harga tiket telaga sarangan? Lalu, apasih mitos yang ada di telaga tersebut? Bagaimana jalanan, akses transportasi dan akomodasi hotel yang ada di sekitaran telaga sarangan tersebut sih? Yuk mari kita bahas disini.

Siapa sangka, ternyata di balik kabut yang menyelimuti jalur yang membelah Gunung Lawu, tepatnya berlokasi Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, ada keindahan tersembunyi. Tak lain ialah adanya pesona yang dipancarkan oleh Telaga Sarangan.
Hamparan air nan tenang ini disebut dengan Telaga Sarangan yang punya sebutan lain juga dan dikenal juga sebagai Telaga Pasir. Lokasinya ternyata tinggi juga ya, berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut, tepatnya di Lereng Gunung Lawu, Plaosan.
Pict by IG  @ihsanoel976
Telaga sarangan


Tak hanya menikmati pemandangan yang sangat indah diteani dengan udara dingin. Kalian juga bisa bermain mengelilingi telaga pakai fasilitas speedboat yang disewakan, menunggangi kuda, atau menikmati beragam jajanan tradisional yang banyak dijajakan di sekitar Telaga Sarangan.

Bagaimana dengan fasilitas  fasilitas dan penginapannya?

Takut kemalaman di telaga tersebut? Tenang aja gusy, karena di sini telah  banyak tersedia penginapan seperti hotel ataupun villa. Liburan bersama ke telaga sarangan dengan keluarga bisa jadi pilihan yang tepat lho. Fasilitas yang bisa kamu nikmati di Telaga Sarangan adalah adanya lumayan banyak permainan, seperti permainan air atau dengan speed boat, menikmati pemandangan alam, adanya pusat oleh-oleh, pusat kuliner, naik kuda, ada pula kulineran makan sate kelinci dan masih banyak lain sebagainya.
IG @aolanaadhan
Telaga Sarangan, Magetan, Jawa Timur

Rute menuju Telaga Sarangan
ini rute versi google map, klik pada foto.
 https://goo.gl/maps/mHtnCBDD4Tpg5zHB7


Harga Tiket Masuk ke Telaga Sarangan

Tiket Masuk ke Telaga Sarangan. Harga tiket masuk yang ada di Telaga Sarangan per orang  adalah sekitar sebesar 15.000. Nah sekedar info buat kalian, saat kalian turun dari parkiran mobil atau parkiran bus, nanti biasanya kalian bakal ditawari naik angkutan dengan biaya 3.000. nah, kamu bisa terima tawaran tersebut bila kamu merasa capek, kamu bisa menolak tawaran tersebut karena jaraknya cukup dekat.

Mitos Telaga Sarangan
foto :IG @taufik.tau.13

1.      Adanya dua ular naga yang menunggu telaga sarangan ini dipercaya sebagai penyebab terjadinya atau terbentuknya telaga sarangan.

2.      Misteri adanya ritual Ngebleng. Adalah ritual yang dilakukan di setiap tahunnya untuk menghormati nyai dan kyai pasir penunggu yang ada di telaga tersebut. Setiap jumat kliwon, dibulan ruwah area sekitartelaga sarangan ini selalu ramai oleh para tetua adat dan penduduk asli Sarangan yang menebarkan sesaji di dalam telaga. Nah, pada saat itu kalua kalian kesana, maka bakal merasakan aura mistis yang begitu dalam. Serem yah guys!

3.      Mitos kabut misterius yang dipercaya sebagai penunggu telaga sarangan. Pada saat-saat tertentu, akan muncul kabut tebal  yang menyelimuti telaga sarangan bahkan juga kabutnya itu menyentuh air yang ada dalam telaga itu. Sangat misterius dan juga tentunya terlihat mengerikan. Namun banyak pengunjung yang takjub dan takut ketika fenomena ini terjadi lho guys. Ada yang menganggap kabut itu merupakan perwujudan dari penunggu telaga sarangan yang sedang keluar dari dalam sarangnya. Adapula yang menganggapnya fenomena alam biasa saja, mengingat ketinggian daratan telaga sarangan ini berada di dataran tinggi, dimana awan akan sangat mudah datang.

Yuk, ajak keluarga tercinta menikmati indahnya Telaga Sarangan!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

52 Tanaman Liar Yang Bisa Dimakan di Hutan

Berikut adalah 52 jenis tanaman liar yang bisa dimakan ketika tersesat di hutan atau pendakian gunung untuk bertahan hidup. Sangat penting mengetahui tentang tanaman liar sebelum mengkonsumsinya. Dikutip dari wakingtimes.com, ada beberapa jenis tanaman yang bisa kita makan di hutan. Kita semua tahu mana sayuran dan buah-buahan yang aman untuk makan, tapi bagaimana dengan tumbuhan liar lainnya? Jika Anda tersesat, mungkin tanaman liar ini bisa dijadikan makanan untuk survival Anda : 1. Blackberry - Rubus fruticosus Banyak buah liar yang tidak aman dikonsumsi, yang terbaik adalah untuk menjauh dari mereka. Tapi blackberry liar adalah 100% aman untuk dimakan dan mudah untuk dikenali. Mereka memiliki cabang merah yang memiliki duri panjang yang mirip dengan mawar, daun hijaunya yang lebar dan bergerigi. Gampang ditemukan pada musim semi saat bunga putih mekar, mereka berkerumun di sekitar semak-semak. Buah matang sekitar Agustus sampai September. 2. Dandelion Yang paling

Kisah Mistis Pendakian Argapura Part 2

Part 2 : Langkah Kaki dan Suara Wanita Misterius di Gunung Argopuro Baca dari part 1 biar lebih lengkap, klik disini Hari Jumat pagi, kami bersiap sarapan dan packing untuk melanjutkan perjalanan. Pagi harinya kami dihibur dengan obrolan santai yang kocak dari guyonan para mahasiswa Jogjakarta. Ditengah obrolan, Irfan lalu menanyakan siapa yang keluar tenda malam-malam. "Jam segitu siapa yang keluar malam-malam ya," tanya si Irfan. "Kalau kami sudah tidur mas," ucap Andi sembari memakan sarapan mie gorengnya. "Iya mas, ngapain malam-malam gitu kami keluar tenda, dingin tau," sahut Kaka, pendaki dari Depok. "Lah, terus siapa dong yang jalan malem-malem diluar tenda? mas dari Surabaya kali ya," tanya irfan lagi. "Gak ah, kami tidur pulas semalaman," ujar si Soni. "Yaudahlah, gak usah dibahas lagi. Habis ini kita langsung packing ya. Karena kita akan menginap di Taman Hidup Argapura. Jangan sampai kita kemaleman d

Logistik yang Harus Dibawa Saat Pendakian

Pendakian gunung itu perlu persiapan yang matang, apalagi tentang masalah logistik. Apa saja barang logistik yang perlu kita bawa di pendakian? Berikut logistik yang perlu kita bawa : Air Kita perlu menyiapkan air putih. Biasanya untuk satu malam pendakian, kita membawa 2 botol air putih ukuran 1,5 liter. Kebutuhan air ini untuk minuman, memasak air hangat untuk kopi, teh, wedang jahe, pipis dll. Pipis bisa pakai tisu basah saja / tayamum pakai daun. Roti Makanan ini sebagai cadangan makanan saat pendakian. Juga bisa sebagai menu di perjalanan pendakian. Bawalah roti yang banyak sebagai cadangan. Biasanya ketika muncak, kita hanya bawa logistik minuman, roti dan camilan. Lainnya ditinggal di tenda. Camilan Kita bisa bawa camilan makanan ringan seperti kacang, atau keripik. Akantetapi biasanya makanan seperti ini membuat kita cepat haus. Roti gandum Juga bisa dibawa, walaupun ukurannya kecil, tetapi memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Bisa dijadikan untuk menu p